10 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Indonesia

Tempat Liburan di Indonesia yang Wajib Dikunjungi dengan Keluarga , seru dan family friendly!

Hayooo ngaku deh. Siapa yang gak suka sama liburan, moms? Tiap kali dengar kata-kata ini keluar dari mulut suami pasti kita gembira kan hehehe. Saya juga gitu kok. Kayaknya kita nih para moms gak pernah nolak kalau diajak jalan-jalan alias liburan bersama suami dan anak ya kan 😀.

Bebas masak, bebas mencuci, bebas bersih-bersih…errr tapi ada sindrom abis liburan juga ya dimana cucian menumpuk, rumah acak kadut hihihixxxx…tapi tetap ga mengurungkan niat saya untuk berlibur…kenapa ya somehow saya selalu suka dan pengin liburan terus? how about you?

 

Tapi kadang ada orang yang merasa ‘baru liburan’ jika sudah travel ke luar negeri. Padahal di Indonesia tercinta ini sendiri banyaaak banget tempat wisata yang tak kalah cantik dan kerennya dengan negara tetangga lho. Tak percaya?

Yuk simak 10 tempat liburan di tanah air yang wajib anda dan keluarga kunjungi versi IMC berikut ini!

1. Jawa Timur Park II, Batu, Malang

Jawa Timur Park 2 atau dikenal juga sebagai Batu Secret Zoo bisa dibilang bukan kebun binatang biasa seperti halnya taman margasatwa lain yang ada di Indonesia. Pasalnya di sini, banyak hewan unik yang belum tentu ada di kebun binatang lain. Sebut saja monyet berkepala singa, monyet berjanggut kambing, tikus raksasa, kangguru merah, hingga alpaka. Selain bisa belajar mengenai aneka fauna yang mungkin saja baru pertama anda lihat ini, anda dan keluarga juga bisa menikmati beragam permainan outdoor seperti bom bom car, kereta mini, komidi putar, dan lain-lain, yang sayang untuk dilewatkan.

2. Eco Green Park, Batu, Malang

Di Eco Green Park ini, keluarga anda akan diberi edukasi soal pengelolaan lingkungan dengan contoh yang sederhana. Misalnya si kecil akan diberitahu bahwa barang bekas itu bisa didaur ulang atau dipergunakan kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sebagai contoh anda akan menjumpai gajah yang disusun dari ratusan televisi bekas ataupun robot dari ratusan telepon genggam bekas.

3. Dago Dream park, Bandung

Kota Kembang ini memang tak pernah sepi dari para wisatawan, khususnya di akhir pekan. Wajar sih, di Bandung memang cukup banyak tempat rekreasi keluarga yang menarik. Salah satunya Dago Dreampark, sebuah taman hiburan di area lembah pinus berhawa sejuk. Di tempat ini si kecil bisa memberi makan beberapa hewan peliharaan seperti kelinci, sapi, kambing, dan kuda. Anda dan keluarga juga bisa berwisata memancing ikan emas, naik kuda, nail ATV, bersepeda, hingga naik perahu dayung.

 

4. Candi Borobudur, Yogyakarta

Kita boleh bangga lho moms karena tempat wisata ini ditetapkan UNESCO sebagai slaah satu situs warisan dunia. Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia yang dibangun sekitar tahun 770 Masehi pada zaman kerajaan Syailendra. Candi ini memiliki 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca Budha tengah duduk bersila serta stupa terbesar berasa di bagian puncak atau teratas dari candi.

Oh ya, anda bisa mengenalkan anak pada berbagai candi di Indonesia sesudahnya pakai Free #IMCPrintable Candi Indonesia di sini nih.

5. Danau Toba, Sumatra Utara

Siapa yang ga tau Danau yang satu ini? saya sudah pernah ke sana saat masih berusia 10 tahunan , so beautiful!
Merupakan danau yang terbesar di Indonesia dan juga Asia Tenggara serta memiliki sebuah pulau di tengah danau tekto vulkanik ini yang disebut Pulau Samosir. Anda bisa menyewa kapal untuk sampai ke Pulau Samosir. Di sini, anda dan keluarga bisa mempelajari budaya suku bangsa batak dengan mengunjungi makam Raja Sidabutar dan juga melihat patung Sigale-gale. Anda juga bisa membeli aneka souvenir dari penduduk asli yang menjual kain khas batak atau ulos, replika rumah adat batak dari kayu, hingga camilan khas kacang Sihobuk.

6. Big Three Farms Bamboo, Bali

Tempat wisata yang berada di kawasan Badung, Bali ini bisa dibilang cukup unik karena ini adalah pabrik pembuatan cokelat batangan! Wah siapa sih yang gak penasaran melihat bagaimana proses berubahnya biji kakao menjadi batangan-batangan cokelat yang super lezat? Bukan hanya si kecil yang mungkin bersorak kegirangan ya moms 😉. Mauuuuuu…..I love love love chocolate!

7. Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

Anda dan keluarga ingin berkeliling Indonesia dalam sehari? Bisaaaaa hehehe. Datang saja ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta dengan mengenal budaya seluruh propinsi lewat anjungan-anjungan daerah di tempat ini. Di TMII juga tersedia banyak obyek wisata lain seperti Taman Legenda Dinosaurus, beberapa jenis museum, Taman Burung, hingga Istana Anak-Anak. Seru kan?

 

8. Kebun Raya Bogor, Bogor

Tempat wisata yang baru saja dikunjungi mantan Presiden Amerika, Barack Obama pada akhir Juni lalu ini memang indah deh. Dengan area seluas 87 hektar, anda dan keluarga bisa belajar mengenal aneka flora alias tumbuhan yang jenisnya mencapai 15.000. Wow! Di tempat ini juga terdapat museum zoologi, kebun aneka kaktus, hingga griya anggrek.

9. Taman Pintar, Yogyakarta

Kawasan ini cocok bagi anda yang ingin memberikan wisata edukasi sambil bermain bersama keluarga. Di Taman Pintar ini terdapat beberapa zona seperti zona geothermal (panas bumi) yang bekerjasama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), zona melek gizi, zona dunia terbalik, dan playground. Cukup menarik ya?

10. Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

Tempat yang tak terlalu jauh dari ibukota Jakarta ini merupakan kawasan penangkaran penyu sisik dengan pantai seluas 9 hektar. Untuk menuju ke sini, anda bisa naik perahu motor atau speedboat dari dermaga pantai Marina Ancol atau kapal nelayan dari Muara Angke. Selain bertemu penyu, pengunjung juga bisa melihat pepohonan bakau yang tumbuh dengan baik. Oh ya, anda yang ingin tetap eksis bersosial media juga tak perlu khawatir tak mendapat sinyal ya. Soalnya di pulau ini koneksi internet tetap kencang kok tak seperti kebanyakan di pulau lain yang ada di Kepulauan Seribu tersebut.

Nah…sekarang yang bulan depan mau disinggahi yang nomor berapa nih moms hihihi…selamat jalan-jalan! dan jangan lupa share foto jalan-jalan anda dengan #TravelWithIMC #MuseumWithIMC ya!!! have fun!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *