5 Manfaat Bermain Sensori Anak Usia Dini

Good Morning IMC Mommies, rise and shine! kali ini saya ingin sharing tentang manfaat permainan sensori alias sensory play pada anak usia dini ya!

Semenjak C masih kecil saya suka sekali menyiapkan yang namanya permainan sensori atau istilah kerennya sensory play . Kenapa sih? dan tentunya banyak mommies yang bertanya-tanya apa sih manfaatnya? apa masih perlu diberikan kegiatan stimulasi seperti itu toh kan sudah punya banyak mainan lainnya yang udah ada.

Selain banyaknya manfaat dari bermain sensori, kalau saya personally suka memberikan C kegiatan tersebut sekalian untuk saya istirahat hehe jadi C bisa eksplorasi bebas anteng 30-45 menit dan saya bisa ambil napas. Memang untuk anak yang masih suka memasukan benda ke dalam mulut saya menyarankan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah seperti Flubby Jelly (search cara buat dan ide lainnya di web IMC kategori sensory play ya), colored noodles, dll. Nah ketika C sudah lebih besar saya tidak lagi selalu memberikan yang terbuat dari bahan pangan , lebih fleksibel karena C juga semakin mengerti.

image

Ok apa sih top 5 manfaat permainan sensori khususnya pada anak usia dini?

1. Seperti yang kita ketahui dari para ahli bahwa perkembangan anak paling pesat terjadi pada tahun-tahun keemasan, yakni 0-6 tahun. Nah dengan memberikan stimulasi melalui permainan sensori akan mengembangkan dan juga menghubungkan koneksi saraf pada otak anak di mana akan membantu si kecil dalam melakukan hal-hal lainnya yang tentunya lebih kompleks.

 

image

 

2. Dengan bermain sensori, perkembangan bahasa, kemampuan kognitif anak serta kemampuan motorik halus dan kasar , koordinasi mata dan tangan serta kemampuan sosialisasi dan menyelesaikan masalah juga dapat terasah loh!

3. Mengenalkan anak secara langsung pada karakteristik-karakteristik yang berbeda yang dapat mereka rasakan langsung saat bermain dan eksplorasi bebas seperti panas, dingin, lengket, halus, kasar, dll
image

4. Bermain sensori juga meningkatkan daya ingat anak serta daya imajinasi anak. Saat bermain si kecil dapat memenuhi dan mengembangkan imajinasinya dan membuat apa saja yang ia inginkan.

 

5. Memiliki efek menenangkan. Yes this is so true! untuk C terutama kalau udah dibiarkan bermain sensori silahkan bisa anteng sendiri, cekikikan sendiri dan seru mengamati tekstur dan berbagai hal lainnya. Jadi kalau C lagi travel seperti sekarang ini dan udah lama ga main sensori biasanya dia nagih, mommy I want activity, fun activity! hehe nah kalau seperti ini biasanya dough yang bisa di bawa-bawa siap sedia.

image

So, kalau mommies ada yang bertanya – tanya apakah saya khawatir rumahnya berantakan karena bermain sensori, hehe jujur kalau sedang mau ada tamu or sibuk kadang ia dan saya batasi di area tertentu mainnya. Namun melihat C senang sekali kalau udah mommynya keluarin baskom , dan mengingat semua manfaat di atas rasanya lebih baik rumah berantakan dan nanti bisa dirapihkan lagi kan? hehe untuk banyak sekali ide sensory play cek di website IMC kategori sensory play yaa! Have Fun dan yuk ajak si kecil main #SensoryWithIMC

 

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *