5 Tips Seru Ajak Anak Makan Buah

Mangga…pepaya…stroberi…melon…manggis…duku dan masih banyak berbagai jenis buah lainnya. Sudahkah si kecil mencoba berbagai jenis buah? Seperti kita ketahui banyak nutrisi dan vitamin bergizi yang penting bagi pertumbuhan anak yang ada pada buah-buahan, gimana ya cara meningkatkan asupan buah pada anak usia dini?

Sharing sedikit ya, pada saat C mulai MPASI (makanan pendamping air susu ibu), tentunya sebagai first time mother saya mencoba mengenalkan berbagai jenis buah kepada dengan tujuan nantinya C suka banget makan buah. Nah ternyata sudah mencoba mengenalkan berbagai buah untuk C, ada kalanya juga C belum familiar dengan buah-buah tertentu. Duh, sebagai ibu rasanya bingung dan berpikir kesana kemari mencari ide supaya C lebih seru dan suka makan buah-buahan. Akhirnya saya mulai berusaha mencari ide-ide yang membuat C lebih kenal dan dapat eksplorasi langsung dengan berbagai macam buah-buahan.

  1. Hands On Exploration with Fruits

image

Nah salah satu kegiatan yang saya lakukan di rumah adalah “bedah buah” hehe jadi saat menyiapkan makanan saya mengajak C untuk memotong buah bersama-sama, mengajak C untuk mencium wangi buahnya, merasakan dan melihat dalam buahnya dan bahkan saya persilahkan untuk bermain dan eksplorasi bebas dengan tekstur dan biji-bijinya. Dengan mengenalkan buah secara multi sensori saya harapkan C lebih familiar. Yay sekarang C suka steamed pumpkin loh!

 

 

2. Buku-Buku Cerita Favorit Bertemakan Buah

Nah, dari storytime juga bisa sekalian mengenalkan berbagai buah, berbagai judul buku yang saya rekomendasikan yang berhubungan dengan buah-buahan dan cocok untuk anak usia dini : A Very Hungry Caterpillar by Eric Carle, Eating the Alphabet by Lois Elhert, Ten Apples Up On Top by Dr.Seuss, My Very First Book of Food by Eric Carle. Selain itu untuk anak yang sudah lebih besar bisa dijelaskan dengan buku-buku tentang nutrisi dan apa saja kandungan baik dalam buah, dengan diberikan pengertian semoga si kecil semakin tertarik dan sadar untuk menerapkan pola hidup sehat.

printable gratis the very hungry caterpillar

 

3. Mengajak Anak Belanja Buah dan Ke Sawah

Di tempat kami tinggal di California ada satu farm dimana di situ anak-anak dapat memetik sendiri berbagai buah dan sayuran sendiri. Di situ anak-anak dapat melihat langsung tanamannya, sekalian mengenalkan pada siklus hidup tumbuhan dan juga berbagai jenis buah-buahan.

image

4. Kreasi Kegiatan Menggunakan Buah-Buahan

Yang satu ini seru banget, karena C dapat mengenal berbagai jenis bentuk buah dan menggunakan daya imajinasinya untuk berkreasi bebas.

snapseed

Setelah buah-buahan bersih dicuci , kami potong-potong berbagai bentuk dan C bebas berkreasi membuat berbagai hasil karya kreatif dari bentuk-bentuk buah tersebut. Yang ini mobil ala C, “vintage car”.

“Creativity is inventing, experimenting, growing, taking risks, breaking rules, making mistakes, and having fun.” – Mary Lou Cook

snapseed

“Turkey” ala Mommy! haha, lucu juga ya! harapannya setelah dibuat kreasi lucu-lucu lalu C jadi lebih semangat makan buahnya. Atau bisa juga dicuci ulang menggunakan Sleek Baby Bottle, Nipple, and Accessories Cleanser sampai bersih lalu dibilas dengan air matang dan dibuat smoothie.

snapseed

C paling suka kalau ketika dipotong buahnya berbentuk lingkaran, spontan ia langsung ingin berkreasi membuat mobil, kereta api, dll. We had fun creating many shapes!

“You can’t use up creativity. The more you use, the more you have.”

– Maya Angelou

image

5. Practical Life Montessori , Mencuci Buah Sendiri

Yang satu ini terinspirasi dari berbagai kegiatan keterampilan hidup dari buku saya Montessori di Rumah. Setiap kali C saya libatkan dalam kegiatan di dapur, buntutnya ia jadi lebih semangat mencoba dan makan hasil karyanya. Biasanya saya suka sekali mengajak C membuat Pizza, smoothie, dll. Kali ini saya ajak C untuk bersama-sama mencuci buah-buah segar yang baru kami beli menggunakan Sleek Baby Bottle, Nipple, and Accessories Cleanser yang terbuat dari bahan-bahan natural, mengandung anti bakter natural, bebas Paraben dan 100% Food Grade. Takarannya kami gunakan 1 sendok makan (~15 ml) untuk 1 liter air, lalu rendam dan cuci buah. Anda juga dapat menggunakan sikat khusus untuk buah apabila diperlukan dan setelah bersih bilaslah dengan air matang. Nah perkiraannya untuk setiap 1 sendok makan (~15 ml) cairan Sleek Baby Bottle, Nipple, and Accessories Cleanser dapat digunakan untuk mencuci 3-4 kilogram buah-buahan segar.

snapseed

Apa buah favoritmu? kalau saya lagi suka buah mangga nih! Kalau C suka honeydew, semangka, pisang dll.

snapseed

Setelah betul-betul bersih, bilaslah dengan air matang dan siap dibuat smoothie deh! untuk resep favorit kami saya share di bawah ya,

CHOCO BANANABERRY SMOOTHIE

1 Pisang Ukuran Sedang

5 Buah Stroberi

~200 ml Yogurt

1 sendok makan bubuk coklat

~200 ml air , anda dapat menggunakan susu almond juga sebagai variasi

optional : madu, flaxseed, chia seed

C suka banget resep yang diatas dan terkadang kami bekukan menjadi “Es Mambo” hehe…Win-Win kan!

sleek baby bottle cleanser

Yuk di coba trik-trik dan tips di atas untuk seru-seruan mengenalkan si kecil pada lebih banyak lagi jenis buah dan menerapkan pola hidup sehat.

img_5652

 

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *