7 Kegiatan Anak Seru Selama Libur Lebaran!

aktivitas lebaran muslim

Hi IMC readers, dalam rangka memperingati hari raya Idul Fitri yuk ajak si kecil buat kegiatan-kegiatan menarik seputar hari raya. Cek ya berbagai ide kegiatan seru, kreatif dan edukatif untuk anak-anak selama masa liburan ini.

  1. Sensory Bin – Ketupat

image

Menggunakan kacang-kacangan yang sudah diwarnai menjadi hijau, jadi deh sensori bin seru dan sederhana untuk si kecil eksplorasi bebas. Kali ini temanya ketupat. Can you count how many ketupat in the bin?

2. Sensory Bag – Ketupat

image

Kali ini sensory bag nya menggunakan isi tepung maizena dan air , teksturnya yang lucu akan menjadi seru-seruan sendiri untuk si kecil. Selain itu kalau sudah selesai, campuran maizena dan air ini bisa anda gunakan untuk messy play, finger painting dll ya!

3. Mathcing Game – The World Around Us

image

Terinspirasi dari montessori geografi, matching game alias kegiatan mencocokkan kartu ini mengenalkan anak akan adanya berbagai kebudayaan di dunia. Sekaligus anda dapat mengenalkan anak pada berbagai hari raya yang dirayakan teman-teman lainnya di belahan dunia. Dengan demikian si kecil akan terbuka wawasannya dan menghargai perbedaan dengan teman-teman dimanapun ia berada nantinya.

4. Yuk buat sendiri kartu Idul Fitri

image

Yuk ajak si kecil menghias dan membuat sendiri berbagai kartu ucapan hari raya idul fitri , si kecil dapat memberikan kartu-kartu ini untuk teman-temannya, saudara dan siapapun yang ia kehendaki.

5. Seru-seruan dengan Pola Dasar (Patterning)

image

Kalau beberapa hari lalu kami melakukan kegiatan pengenalan pola  kali ini diulang lagi ya, berbagai pola bisa dibuat si kecil cukup menggunakan karton dan stiker. Stikernya boleh apa saja ya, intinya si kecil mengenal adanya pattern yang adalah dasar konsep matematika di kemudian hari.Kegiatan ini cocok untuk anak berusia prasekolah  dan variasi serta tingkat kerumitannya dapat disesuaikan.

6. Kartu Nomenklatur Montessori Serba Serbi Lebaran

image

Yuk anda bisa unduh dan cetak kartu ini di sini. Kartu ini digunakan untuk mengenalkan si kecil pada kosa kata baru seputar hari raya Idul Fitri. Selain itu bisa di gunakan untuk mencocokkan juga ya!

7. Dot-A-Dot EID – work that muscle!

image

Yang satu ini melatih motorik halus anak dan juga kesabaran. Si kecil diminta menempelkan stiker-stiker ke kata-kata E I D. Tentu anda dapat membuat variasi dengan huruf, angka ataupun kata-kata lainnya sesuai usia si kecil.

Untuk printable gratis kegiatan Dot-A-Dot anda dapat unduh di sini dan juga di sini.

Nah selain 7 kegiatan seru pengisi liburan lebaran anda, juga bisa diintip kegiatan dan prakarya hari raya idul fitri lainnya di sini.

Sedangkan bagi IMC Readers yang merayakan Idul Fitri, bisa menggunakan resource printable gratis hari raya idul fitri di bawah untuk kegiatan lainnya ya!

EID Cutting Shapes – yuk menggunting!

Arabic Alphabet Posters

Dot-A-Dot Huruh Hijaiyah 

 

Eid Mubarak, Eid Mubarak,

happy Eid, happy Eid,

Eid’s a time for sharing, Eid’s a time for sharing,

happy Eid, happy Eid.

Seluruh tim IMC mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal’ Aidin Wal Faizin – Mohon Maaf Lahir Batin , Selamat merayakan bersama orang-orang tercinta ya 🙂

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *