7 Taman di Jabodetabek Yang Family Friendly

Belakangan ini, tempat bermain outdoor atau luar ruangan untuk anak dan keluarga mulai banyak dibuka di Jakarta. Park atau taman-taman ini memiliki keistimewaan tersendiri yang membuat anak-anak betah bermain sambil menikmati udara bebas. Saya dan C juga senang lho moms bermain di beragam taman di Singapura maupun di USA saat kami menetap dahulu. Berbagai manfaat bermain di luar pernah saya ulas di sini ya : manfaat bermain di taman dengan anak.

Senangnya lagi, di Jabodetabek ini juga sudah ada kok park atau taman yang family friendly dan tergolong ramah budget.

Banyak sekali ya manfaat bermain di taman, selain biasanya gratis atau biaya masuknya terjangkau, anak juga berkesempatan eksplorasi bebas, lari-lari, manjat-manjat, nature walk, dll.

Penasaran seperti apa dan di mana sih park atau taman tersebut berada?

Ini dia 7 rekomendasi taman atau park yang dapat anda dan si kecil datangi akhir pekan ini.

 

  • Scientia Square Park, Serpong

 

Taman yang tergolong cukup baru ini terletak di jalan Scientia Boulevard Gading Serpong, Tangerang. Taman seluas 1,2 hektar yang buka pukul 06.00-21.00 (Senin-Jumat) dan pukul 06.00-22.00 (Sabtu-Minggu) ini layak anda dan keluarga kunjungi deh, moms. Pasalnya di taman berudara sejuk ini, anda dan si kecil dapat mencoba beragam aktivitas seru. Apa saja sih? Ada sepeda mengelilingi taman, memberi makan ikan koi, wall climbing, bermain inline skate, skateboard, mengejar kupu-kupu di The Methamorphosis of Butterfly Park, melihat padi di sawah, futsal, hingga ping pong centre. Wow banyak banget kan?

 

 

  • Ocean Eko Park/ Allianz Eko Park, Ancol

 

Kawasan Ancol di jalan Lodan Timur memang sudah sejak lama menjadi destinasi wisata pengunjung baik dari Jakarta dan sekitarnya maupun luar kota. Selain di sana terdapat pantai, Dufan, Sea World, dan Gelanggang Samudra, di ancol juga terdapat taman bernama Ocean Eko Park atau Allianz Eko Park. Dengan area seluas hampir 24 hektar, kawasan ini terbagi atas beberapa zona seperti Eco Care, Eco Art, dan Eco Energy. Taman ini dibuka pukul 09.00-18.00 (weekdays) dan pukul 08.00-18.00 (weekend). Ragam kegiatan yang bisa keluarga anda lakukan di sini antara lain outbound (flying fox), paint ball, bermain sepeda, sekuter mobil, golf car, ATV, learning farm, kano, rumah lebah, rumah energi, serta memberi makan ikan.

 

 

  • Taman Wisata Alam Mangrove, PIK

 

Menikmati pemandangan hijau di Jakarta kini tak sulit lagi lho. Coba saja anda dan keluarga datang ke Taman Wisata Alam Mangrove Angke, Pantai Indah Kapuk deh. Kawasan yang berada di jalan Garden House, Kamal, Penjaringan ini buka setiap hari pukul 07.00-18.00. Selain melihat ragamnya pepohonan dengan berjalan kaki, anda dan keluarga juga bisa menyewa perahu mengitari tempat tersebut. Jika ingin bermalam di sini, taman wisata ini juga punya fasilitas penginapan. Seru bukan?

 

 

  • RPTRA Kalijodo, Penjaringan

 

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo yang dibangun di masa pemerintahan gubernur Basuki Tjahaya Purnama ini kini semakin ramai dikunjungi pengunjung lho. Pasalnya taman yang terletak di jalan Bidara Raya, Pejagalan, Penjaringan ini buka 24 jam setiap hari dan gratis! Di sini tersedia beragam arena bermain untuk anak seperti lapangan futsal, badminton, voli, hingga area bermain skateboard dan sepeda BMX. Tak hanya itu, di RPTRA ini juga ada fasilitas perpustakaan yang buka setiap hari pukul 09.00-18.00. Membaca buku di taman terbuka…kedengarannya menyenangkan ya?

 

 

  • Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur

 

Tempat wisata satu ini terletak di jalan Jambore, Harjamukti, Cimanggis, Cibubur dan buka setiap hari pukul 08.00-17.00. Taman rekreasi yang sudah ada sejak 37 tahun lalu ini terus memberikan fasilitas tambahan untuk keluarga. Aktivitas seru yang dapat anda dan si kecil lakukan di taman seluas 15 hektar ini antara lain outbound, paintball, bersepeda, naik becak mini, naik kereta api mini, berenang, melihat taman bunga, dan juga bermain bola air.

 

 

  • The Playground, Kemang

 

Pilihan seru untuk playdate dengan teman-teman si kecil nih moms. Lokasinya ada di jalan Kemang Dalam III B blok B6 ini buka setiap hari pukul 08.00-18.00. Konsep yang ditawarkan taman outdoor ini seperti taman di negara barat yang tenang, bersih, aman, nyaman, dan dikelilingi pepohonan rindang dan mayoritas alat permainannya diimport dari luar negeri. Area permainannya dibagi dalam dua bagian yaitu dry area dan wet area. Fasilitas dry area yaitu spider web, jungkat jungkit, perosotan, ayunan balita, flying fox mini, sepeda, becak mini, area bermain pasir, serta ring basket anak dan ukuran standar. Fasilitas wet area yaitu lapangan waterpark dengan pancuran interaktif, perosotan pendek dan tinggi, wet bucket, dan kolam lempar bola..super fun right?

 

 

  • Taman Budaya, Sentul City

 

Taman ini mengambil lokasi di jalan Siliwangi, Sentul City, Bogor ini dibuka setiap hari pukul 08.30-17.00. Ada dua area yaitu Culture Center (kegiatan anak-anak belajar melukis, membuat keramik, dan membatik) dan Adventure Center (kegiatan outbound highropes, trampolin, panahan, shooting target, dan paintball). Sedangkan fasilitas lain yang khusus ada di akhir pekan antara lain berkuda, becak mini, juga scooter mini.

Bagaimana moms? Menarik sekali kan? Yuk jalan-jalan ke park, ahh baru dibayangkan saja udah segar!!! 

 

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *