Apa itu Sepuluh? Matematika Dasar Anak Usia Dini

montessori spielgaben matematika indonesia

10 itu berapa ya?

Sering kali kita terkagum-kagum apabila anak bisa berhitung 1-10 atau bahkan sampai 100 . Namun, pernah curious ga sih si anak ini betulan ngerti maksud 10 atau sekedar menghafal urutan saja?

Nah loh!!! hehehehhee…

Bagi IMC Moms yang baru mau memulai perkenalan konsep kuantitas dasar dengan anak wajib disimak yaaa, gimana kalau yang sudah terlanjur hafal? ga masalah, diulang lagi aja supaya lebih paham. So 10 itu berapa sih?

Subitizing adalah kemampuan anak mengetahui suatu numeral hanya dengan melihat tanpa perlu menghitung satu per satu. Teori ini diungkapkan oleh Piaget pertama kalinyaaaa…

Kali ini menggunakan SpielgabenV4 kami, kami menggabungkan prinsip Montessori dimana pengenalan konsep pada anak usia dini di bawah usia 6 tahun harus se konkret mungkin. Nanti pada tahapan selanjutnya, pada usia 6-9 tahun anak akan dapat perlahan menangkap hal-hal yang lebih abstrak.

 

 

 

buku montessori di rumah
Buku Montessori di Rumah – Elvina Lim Kusumo

Nah, kenapa saya selalu saja menekankan untuk menggunakan hal-hal yang konkret terlebih dahulu khususnya dalam topik subjek Matematika pada anak usia dini? anak-anak pada dasarnya dapat mengenal dan belajar suatu hal baru dalam hal ini saya membahas tentang konsep dasar matematika ya, dengan dua cara. Cara pertama dengan cara yang sekonkret mungkin dimana anak dapat merasakan, menyentuh, tahu persis dan memanipulasi benda yang berhubungan dengan konsep yang sedang ingin diperkenalkan. Cara kedua yakni dengan cara yang abstrak, idealnya anak-anak pada usia sekolah dasar sudah bisa mulai transisi kepengenalan dengan cara abstrak. Namun, tentunya lebih baik dan akan lebih mempermudah anak-anak menerima konsep tersebut apabila dasar-dasarnya yang konkret pernah ia kenal dan dapatkan sebelumnya. So bagi saya ini penting sekali, saya merasa dasar ini penting karena matematika itu ditemukan dimana-mana di segala kehidupan kita. Tapi ada kalanya matematika jadi terkesan sangat frustrating bahkan menakutkan? menurut saya, mungkin kalau seperti ini ada step step yang terlompat saat mengenalkan pada anak. So kali ini saya mau share kegiatan dengan C, sepuluh itu berapa sih sebetulnya? sebanyak apa itu 10? banyak atau sedikit sih 10? 10 itu lebih banyak atau lebih sedikit dari 30? heyy!!! seriously, abstrak banget loh kalau pertanyaan ini ditanyain ke anak-anak..meski hafal 1-100 tapi darimana anak memiliki gambaran bahwa 10 itu lebih sedikit dari 30 ya? nah!!! hahahaa

 

ide kegiatan montessori matematika sekolah dasar

Berawal dari permintaan C untuk kegiatan yang satu ini, Kali ini menggunakan wooden dots C mengelompokkan 10 wooden dots di setiap lingkaran kayu berwarna.

Selanjutnya C mengambil numeral yakni tulisan “10” “20” “30” itu dan mulai membuat terus dan melanjutkan mengelompokkan wooden dotsnya..

Nah ini 40…this is forty Mommy!!!!

Jadi dengan demikian C bisa melihat langsung, memegang, memanipulasi dan memiliki gambaran berapa banyak sih 10? berapa banyak si 40? kalau sudah begini, ya jawabnya sambil ngakak aja si C “ya 40 lebih banyak dari 10 lah….mom!!!!!” (mungkin dalam hatinya juga, piye…ginian ditanyanin..)

Yayyy dan inilah seratus! 100! one hundred! hehehehee banyak ya? jadi sekarang C jelas banget ya kalau 10 itu bagaimana, seperti apa kira-kira, dan kalau 100 itu banyaknya seberapa? dan kalau sudah begini ditanya kebalikannya juga jadi seems so easy. “C, kalau 100 itu ada berapa banyak 10 ya?” “ya ada 10 nya 10 lah mom…” hahaha kira-kira begitu…FUN ya? ga ada jejeritannnn atau ketakutakn trauma mendalam melihat angka 100 ataupun 1000….malahan senang…1000$ artinya lebih banyak dari 1 $ kan yah C? hehehehee apa sih!

 

montessori di rumah matematika

Ayo ahh di coba ya? kegiatan ini cocok untuk anak-anak yang sudah pernah dikenalkan pada konsep kuantitas 0-10 sebelumnya secara konkret, dan cocok untuk anak-anak sekolah dasar . Bisa dikembangkan untuk pengenalan konsep pembagian, pembagian bersisa, perkalian…ahhhhh banyakkkk deh yaaa!!! so apa kegiatan mu bersama Spielgaben V4 hari ini? share di #SpielgabenWithIMC yaaaa

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *