Berbagai Kegiatan Pra Menulis dan Pra Membaca Untuk Pra Sekolah

imagehello IMC Mommies, akhir-akhir ini C sedang tertarik sekali dengan segala hal yang berbau abjad, angka dan juga menggambar loh! nah kali ini saya share kegiatan kami di rumah ya..kegiatan-kegiatan di bawah adalah kegiatan pra membaca dan juga pra menulis.

image

 

Pada dasarnya sebelum anak lancar menulis proses yang penting dan sebaiknya di asah adalah kemamuan motorik halus si kecil, nah hal tersebutlah yang membuat saya merangkum kegiatan dasar yanh sangat penting dan saya percayai memiliki dampak yang sangat signifikan untuk step selanjutnya. Dalam buku pertama saya Montessori di Rumah : 55 Kegiatan Keterampilan Hidup sengaja saya bahas mengenai serba serbi kegiatan yang kelihatanya sederhana namun sangat berdampak besar dan positif bagi perkembangan si kecil. Kegiatan practical life skills / keterampilan hidup is the heart of Montessori approach dimana anak belajar melakukan segala sesuatunya sendiri dan secara tidak langsung melatih motorik halus dan koordinasi tangan dan mata si kecil.

Selain itu kegiatan sederhana seperti menyerut pinsil sendiri, memakai pakaian sendiri, belajar mengancingkan pakaian dll juga menjadi dasar dalam kegiatan pra menulis anak usia dini. So, banyak-banyaklah memberikan kesempatan untuk anak eksplorasi sendiri dengan tangan dan jari-jari kecilnya.

imageSelain itu kegiatan seperti di atas menggunakan penjepit juga akan membantu menguatkan otot-otot jari anak loh!

Selanjutnya untuk dasar pra membaca anak-anak sebelum mengenal abjad akan terlebih dahulu mengenal bentuk dan juga garis serta titik. Pengenalan dan awareness terhadap berbagai bentuk dapat anda kenalkan sedini mungkin dengan cara yang fun san konkret. Apabila anda sedang bermain bersama si kecil tunjukannlah berbagai bentuk yang ada di sekitar anda dan biarkan si kecil bereksplorasi secara langsung, biarkan ia meraba , melihat dan merasakan secara langsung bahwa “Oh ini persegi…” bayangkan betapa abstraknya apabila anak baru dikenalkan pada persegi ini di kertas…bagi anak usia dini melihat gambar persegi sama dengan melihat gambar tanpa dimensi sehingga lebih mudah untuk anak mengenal berbagai bentuk secara nyata terlebih dahulu baru perlahan ke arah yang lebih abstrak.

image Ini lingkaran , sebelahnya adalah setengah lingkaran ya C! Mudah sekalikan untuk anak menangkap konsep tersebut secara konkret? anda dapat menggunakan berbagai benda yang ada disekitar anda untuk mengenalkan berbagai bentuk juga loh!

image Selain itu anda dapat mengajak anak menyusun abjad ataupun angka menggunakan  benda-benda di sekitar anda.

Selain itu tentunya budayakan kebiasan membaca bersama setiap hari minimal 20 menit per hari ya! #ReadWithIMC – Have FUN Mommies

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *