Bermain Sensori Untuk Batita

Hi IMC Moms, kali ini saya mau share tentang kesibukan sehari-hari toddler C2 yang sekarang berusia 16-17 bulan ya!! di masa-masa ini C2 sangat into alphabet, jadi kemana saja ia berada ia fully aware terhadap abjad dan juga numbers….hahaha seharian kayanya ia memperhatikan number & alphabet di sekitarnya sampai kesenangan sendiri. Suatu malam sebelum tidur, ia memanggil saya…”mmmaaa maaamamamamamaa” lalu ia datang dan memberikan saya beberapa huruf “m” dari puzzle kayunya…”‘m m mama mama..” ga terasa banget yah sekarang ia sudah menjadi batita dimana setiap harinya kemampuan berbahasa dan motoriknya akan berkembang semakin pesat. Ia juga suka sekali bermain dough , potong-potong, membuat baso-baso dari play dough, dll.

Selain itu saya juga mulai menyiapkan permainan sensori untuk C2 dan ini terkadang masih hit and miss…ada tekstur tertentu yang ia sukai seperti yang kering dan mudah dituang-tuang. Namun apabila bertemu dengan tekstur baru, saya amati C2 masih terkadang ragu…hmmm artinya saya perlu lebih sering mengenalkan dia berbagai tekstur lagi perlahan tapi ga dipaksa yaaaa hehee…

Salah satu permainan sensori tema musim gugur (karena di Amerika sekarang memasuki musim gugur), C1 menyiapkan sensory play dengan mainan-mainan pumpkin, daun-daun musim gugur dan menggunakan Gelli Baff nya @SeraphinaEducationalCorner Awalnya C2 masih ragu menyentuh meskipun ini bukan pertama kali untuk dia bermain dengan tekstur seperti ini. Ketika melihat C1 asik bermain, baru perlahan ia ingin mencoba hehehe..

Selain itu C1C2 semakin sering involved di dapur untuk menerapkan @montessoridirumah dimana menurut saya adalah kesempatan yang sangat baik untuk mengenalkan berbagai hal dan untuk C2 terutama adalah tekstur, bau, dll. Ketika saya menyiapkan minuman dengan jeruk nipis, saya akan berikan kesempatan C2 untuk menyentuh, memeras, dan mencobanya. Ia juga sambil mengamati bagian dalam jeruk nipis, bijinya, dll. Multi sensorial learning always happen in the kitchen!

So yah, inilah berbagai kegiatan sehari-hari yang terinspirasi dari pendekatan Montessori untuk C2 di fase ini…setiap hari kurang lebih mirip hahaha dan tidak setiap hari terfoto jadi saya share yang kebetulan sempat difoto saja ya!!! have fun menerapkan @montessoridirumah bersama si kecil ya mom!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *