C is a Miracle Baby , My Motherhood Journey

Happy weekend beloved IMC Readers, hari ini jumat yay!!! ini momen-momen kesayanganku haha kenapa? akhir pekan is always my favorite, waktunya sama keluarga, bersantai, bonding dll. Mengisi Jumat ini saya pergi ke dokter Ginekolog di sini (saya tinggal di Singapura, pindah dari Amerika sekitar 7-8 bulan lalu). Mengapa saya ke Ginekolog yang ahli di bidang fertilitas? oh ya, si dokter bilang aku ini pasien yang lucu….lucu sama grogi beda tipis ya Dok?

wahhh panjang ceritanya ya. Saya cerita sedikit ya! waktu saya menikah sekitar 7 tahun lalu, kami memang tidak langsung memiliki buah hati….karena? mungkin terus terang saat itu kan saya terbang kembali ke Amerika menemani suami saya yang sedang di sana saat itu, jadi rasanya a bit overwhelming aja…..nah singkat cerita proses saya mengandung C itu kurang lebih 2-3 bulan kemudian saya mengandung. Literally begitu saya tahu saya positif hamil, kelakukan saya Aduhhhh hahahahaa sulit untuk diceritakan, antara gabungan obsesif tapi terlalu excited dll. Cerita ketika saya tahu saya hamil saya ceritakan di buku kedua saya Real Mom Real Journey yang baru bisa di Pre-Order besok senin 3 July 2017 ya. (Cara Pre-Order di cek di @indonesiamontessori ya)

Hahaha…nah saya saat itu tidak tahu apa-apa ya, yang saya tahu saya mengandung, saya sering dikira anak SMP yang hamil di Amerika…karena disana kan average memang orangnya lebih tinggi dan besar, jadi kalau ke dokter, kemana-mana saya dikira masih SMP. oh Well…ok tapi bukan kisah proses kehamilan saya yang ingin saya ceritakan saat ini.

Tapi move forward ke 4 tahun kemudian setelah mendarat di Singapura saya ke dokter ginekolog lagi, ya sekedar cek rutin, pap smears dan ingin mempersiapkan diri untuk memiliki adik untuk C (hihihi). Betapa kagetnya saya ketika dokter di sini mengatakan saya memiliki kista sebesar 4-5 cm di ovarium.

 

Saya kaget, nangis dan shock!!!! bagaikan sesuatu hal yang baru dan ga familier deh di telinga saya kata-kata “Cyst” “Blood Cyst” (OMG APAAAN YA ITU?kista darah????) “Endometriosis” “Level 3” – Saya langsung yang lemes, mau pingsan dan OMG banget…singkat kata dokter lamgsung menyarankan operasi pengangkatan kista bulan December kemarin, 2 bulan aja ya setelah saya mendarat di benua Asia ini! hahahaa…bayangkan..kista darah .. apa pula itu aku langsung takut dan membayangkan warna merah merajalela dimana-mana…DARAHH!!! omgg so Bloodyy!!

Ketika mendengar analisis dokter di sini saya agak panik dan saya baru aja menjejakkan kaki di Singapura, pindahan antar kontinen dan sebagian barang saya masih di kontainer Howwwwwwww? suami saya menenangkan saya dan sering mengajak saya berdoa sekeluarga. Nah , yang saya mau ceritain disini….setelah 4 tahun silam berlalu saya baru tahu kalau C itu ternyata bayi miracle !!!! He is my lucky baby, our miracle baby! Kenapa? karena dokternya sendiri yang bilang, dia juga terheran-heran saya relatively 2-3 bulan dikaruniai C! Oh how thankful!!! betapa bersyukurnya kami.

Jadi menurut dokter disini, endometriosis tahap 3 itu tidak muncul overnight begitu saja, jadi mungkin dan sangat mungkin sudah ada sejak dulu. Saya jadi ingat, saat 2014 awal saya mendapat positive pregnancy test setelah weaning breastfeeding dan pumping. Jadi itu juga MIRACLE! meskipun kehamilan yang itu tidak progress dan naturally tidak berlanjut sendiri….We named him/her : Yara

 

So, apabila sampai hari ini saya bisa menjadi MOM, MOTHER, IBU, MAMA, MOMMY, MOMC menurut saya itu semua karena dariNya dan juga suatu miracle dalam hidup saya. Yah, intinya itu saja, saya masih dalam perjalanan mau konsultasi ke ginekolog ahli fertilitas untuk adiknya C baru aja datang hari ini dan untung lah setelah proses laparaskopi yang dilakukan 6 bulan lalu, si kista tidak muncul lagi,, syuhhh syuhhhhh awayyy and do NOT ever come back! dengan berbicara positif terhadap diri sendiri saya yakini saya akan bebas dari kista-kistaan entah apalah itu saya tidak mengenal anda, so Syuhhhhhhh don’t come near me!

 

 

Saya tiba-tiba aja pingin cerita, siapa tahu IMC Moms atau temannya ada yang punya stories mirip kayak saya, jangan dipendam sendiri ya, kalau saya emang suka curhat, jangan patah semangat yaaaaaa, speak positive to our bodies and keep praying (apapun agama dan kepercayaan anda, please do so, for your own good sake! 🙂 ayo sama-sama berharap , ahhhhhh aku jadi teringat teman-teman IMC Moms di buku Real Mom Real Journey juga, mereka ada yang sharing tentang ini (hush aku ga boleh spoil yaaa…) tapi seriously, aku baca kisah dari teman-teman baik IMC Moms sharing di buku Real Mom Real Journey membuat hati ini rasanya lega,adem,menguatkan,Loved, so real, so close, so happy, totally can relate, terharu, tapi juga memiliki HOPE.

There are always HOPE….ahhhhhhh peluk hangat untuk Mothers…..IMC Moms….We can get through this! juga doakan aku yaaaa di journey ku saat ini 🙂 yang sempat, yuk 22 July 2017 nanti ketemuan dan ngobrol from heart to heart, from moms to moms 🙂 OPTIMISSS dan semangat selalu ala MomC! (duh serius apa sih cheezy bgt..ya udah lah ya kebanykan keju..)

Baby Dusy to all of you 🙂

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

1 Comment

  • Hi MomC,

    speechless sebenarnya karena saya tahu rasanya ketika sadar kalau anak kita adalah miracle baby. He is so good to be true, tapi kalau saya bukan karena kista sih.
    Baru tahu juga kenapa pas akhir tahun kemaren mendadak ada foto di IG dengan caption baru pulang dari rumah sakit. Well, tetap berkarya terus ya. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *