@halim.nina

Discussion in 'IMC Challenge August 2016' started by Mommy Evan, Aug 1, 2016.

  1. Mommy Evan

    Mommy Evan IMC Magna Friend

    Ga nyangka bakalan lanjut di challenge bersama IMC! Very welcome IMC Challenge August 2016!
    Evan (26month) dan maminya mau ikuti sampai selesai, semoga bisa! Salam kenal buat semua dan semoga kita bisa sama2 menyelesaikan challenge ini dgn sportif, semangat dan wise
    Good luck all!
     
  2. Pramudita

    Pramudita IMC Magna Friend

    Hallo Evan, salam kenal dari Rilo
    Semangat
     
  3. heulween

    heulween IMC Magna Friend

    Hallo Evan dan Rilo, salam kenal juga dari Beatrix. Semangatttt:)
     
  4. Pramudita

    Pramudita IMC Magna Friend

    Hai Beatrix, semangat dan saling berbagi inspirasi ya

    Salam hangat dari Rilo
     
  5. PuspitaMK

    PuspitaMK IMC Magna Friend

    Hallo kaka Evan... salam kenal dari Ne.....;)
     
  6. Pramudita

    Pramudita IMC Magna Friend

    Hai Ne...salam kenal dari Rilo
     
  7. Mommy Evan

    Mommy Evan IMC Magna Friend

    Science

    Tema Exploring Water: DIY Fountain

    Pada tema ini, mami dan Evan bereksperimen membuat air mancur sederhana. Idenya krn Evan suka sm air mancur. Bahan2 yg dipakai semua bisa didapat di rumah, yaitu:
    -botol plastik ukuran 1,5L
    -sedotan
    -air
    -lilin (utk menutup celah botol yg dilubangi, bisa jg pake lem sejenis karet)
    -balon (opsional)
    Jadinya seperti ini moms :)

    [​IMG]

    Lewat eksperimen ini, mami ajak Evan utk melihat bahwa sifat air itu menempati ruang, mempunyai massa dan mengalir dari tempat tinggi ke tempat yg lebih rendah. Ini baik utk perkembangan kognitif anak, meningkatkan koordinasi tangan dan mata, dan melatih motorik halusnya. Setelah puas bermain dgn air mancurnya, Evan mami ingatkan utk membersihkan karpet yg terkena tumpahan air, maminya jg ikut mengerjakan :) utk membangun kebiasaannya setelah selesai melakukan aktivitas.
     
  8. Mommy Evan

    Mommy Evan IMC Magna Friend

    Science

    Tema Exploring Water: Rain Clouds Drop

    Bermain dgn pewarna makanan dan air sudah sering kami lakukan. Dalam eksperimen ini, saya tidak pakai busa/foam spt yg sudah beberapa kali kami lakukan sebelumnya, krn saya ingin tunjukkan sesuatu yg berbeda dgn cara yg simpel. Disini hanya ingin menunjukkan ke Evan, gimana proses bercampurnya dua jenis cairan yg berbeda berat jenisnya dlm satu wadah. Anak2 pst suka, krn cairan pewarnanya spt awan bergelung2 yg bergerak turun. Seperti ini moms :)

    [​IMG]

    [​IMG]

    Bereksperimen dgn air ini mmg tidak ada habisnya, dan it's so much fun! :)
     
  9. Mommy Evan

    Mommy Evan IMC Magna Friend

    Science

    Tema Exploring Water: Mini Ice Blue Lagoon

    Ini sebenarnya percobaan yg tidak disengaja moms :) Jadi dari kegagalan bikin suatu percobaan krn masalah waktu dan kesibukan, cairan berwarna biru muda yg isinya cuma air dicampur pewarna makanan biru yg sudah membeku cukup lama di kulkas saya keluarkan, mau dilelehkan. Maksud hati mau melelehkan sebagian, tp sudah lumer semua :) akhirnya saya ambil wadah baru, isi dgn air biasa dan menuang cairan biru yg baru meleleh ini jadi satu. Langsung saya masukkan freezer lg.
    Keesokannya, saat mau digunakan, baru tau kalo udah jadi seperti ini :)

    [​IMG]


    [​IMG]
     
    Last edited: Aug 20, 2016
  10. Mommy Evan

    Mommy Evan IMC Magna Friend

    Science

    Tema Buoyancy (& Exploring Salt)

    "Dalam bahasa fisika buoyancy (daya apung) adalah daya tekan keatas dari cairan terhadap sebuah benda yang berlawanan dengan massa benda dan efek gravitasi. Atau dalam bahasa sederhana, buoyancy adalah kemampuan mengapung dari sebuah benda pada cairan tertentu (misalnya air, raksa dan lain-lain)."
    Disini saya menggunakan bahan yg bisa ditemukan begitu challenge ini keluar, sangat kebetulan pas ada (lucky me) jadi kami langsung praktekkan kmrn. Bahan2nya:
    -telor ayam mentah
    -telor puyuh mentah
    -telor ayam kukus
    -telor puyuh kukus
    -jar berisi air biasa
    -jar berisi air asin/air garam
    Saya menggunakan 2 jenis telor yg berbeda, krn saya penasaran jg dan krn kebetulan 2 jenis telor itu tepat ada di depan mata Ada sedikit pakai feeling jg, oleh krn itu menggunakan telor yg satu mentah dan lainnya yg sdh matang. Ini krn buoyancy berkaitan dgn berat massa suatu benda.
    Percobaannya, pertama telor2 mentah dan matang dimasukkan dulu ke air biasa. Saat ini saya memberi penjelasan singkat "nah ini tenggelam" krn semua telor mmg tenggelam Berikutnya saya meminta sikecil memindahkan telor2 dgn sendok ke jar berisi air garam. Maka disini terlihat perbedaannya, telor yg sdh dikukus akan mengapung, sedangkan telor yg masih mentah tetap akan tenggelam. Saat ini saya beri penjelasan "nah yg ini mengapung" pd telor yg mengapung. Sikecil antusias lihat telor mengapung, krn berbeda dgn air yg sebelumnya dimana semua tenggelam. Sedikit penjelasan tetap saya berikan, "Nah yg ini isinya air asin, yg satunya air biasa". Selanjutnya sikecil terus mencoba dan bolak-balik memindahkan telor2 itu, sampai capek sendiri :)

    [​IMG]

    [​IMG]
     
  11. Mommy Evan

    Mommy Evan IMC Magna Friend

    Science

    Tema Exploring Salt

    Eksperimen ini utk menunjukkan ke Evan, bahwa garam bisa mempercepat turunnya titik beku air sehingga es menjadi meleleh. Berhubung blue lagoon yg terbentuk mmg menyisakan air di dalam es yg tidak ikut membeku seluruhnya, maka penambahan garam di permukaan es lagoon jd cepat mencair dan terbentuk kolam kecil.

    [​IMG]
     
  12. Mommy Evan

    Mommy Evan IMC Magna Friend

    Science

    Tema Exploring Salt

    Disini mami ajak Evan bereksperimen tentang sifat garam lainnya, dimana garam dapat menaikkan titik didih air :) Pertama panaskan air, disini kami menunggu sampai muncul titik didih berupa gelembung2 air barulah memasukkan garamnya. Ini spy efek dati penambahan garam bisa menaikkan titik didih air lebih terlihat moms. Evan smp bersuara "nah..nah.." :)

    [​IMG]
     
  13. Mommy Evan

    Mommy Evan IMC Magna Friend

    Science

    Tema Exploring Salt (& Exploring Water)

    Hari berikutnya, masih tema science, mami mengajak Evan berkenalan dgn sifat dari garam dan air. Bahwa garam dapat larut dalam air, dan air dapat melarutkan garam. Dengan catatan ya moms, kadar atau porsi garam tidak melebihi berat jenis air, krn kalo garamnya kebanyakan, otomatis ada garam yg tersisa yg tetap tidak bisa larut dalam air. Dengan kata lain jg, kalo airnya berada dlm wadah lebih kecil dan dimasukkan bersendok2 garam, maka dgn cara apapun akan ada garam yg tersisa yg tidak bisa larut dalam air. Tapi di eksperimen ini, mami hanya ingin menunjukkan keseimbangannya aja, dimana secara normal garam bisa larut dalam air, sehingga bagi anak2 seolah2 "garamnya menghilang" :)
    Disini ada pake bahan perbandingan berupa tepung, garam, dan soda kue. Tepung akan bisa larut dalam air tp menyisakan warna keruh pd air. Soda kue jelas tidak larut dlm air.
    Ternyata Evan tertariknya sama tepung, yg mana saat berjatuhan dlm air, spt hujan atau sesuatu yg bikin tertarik krn keliatan jelas proses jatuhnya, ditambah ada bubble2nya, spt ledakan yg berhambur turun ke dalam air :)

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]
     
  14. Mommy Evan

    Mommy Evan IMC Magna Friend

    Practical Life

    Evan mmg sudah bisa sebenarnya buka celana sendiri dari sebelum 2tahun, tapi utk celana dalam dia blm pernah mau buka sendiri hehe
    Pas kemarin diminta buka sendiri, tumben mau, padahal maminya jg sambil rekam dari sebelum buka, proses buka, sampai udah lepas alias bugil bawah hihii >_<
    Next semoga bisa lebih lancar buka baju sendiri, krn kebanyakan baju Evan baju kaos, dia jg belum bisa buka kancing sendiri hehe boy oh boy :D

    [​IMG]
     
  15. Mommy Evan

    Mommy Evan IMC Magna Friend

    Daily Story Time

    Dalam sepekan ini, mami ada bacain 2 buku berjudul One Little Hippo and His Friends, dan Let's Imagine at School. Ini karena Evan suka banget sm buku "sekolah" nya :D Setiap ditanya, "Evan malam ini mau baca buku apa?", pst yg diambil buku " sekolah" itu hahaa jadi Evan lihat2 sendiri, buka2 flap book nya dan mami bantu menjelaskan secara singkat.
    Tiap karakter orang mami kasi label spy Evan mudah nyebutnya, tapi ada 1 karakter yg Evan kasi label sendiri. Apa coba sebutannya? Ternyata Evan sebut "kelinci" buat karakter orang yg berkacamata di buku "sekolah" nya hihi..
    Dari segi kualitas, buku keluaran Fisher Price ini bagus utk membangun imajinasi anak ttg aktivitas yg akan dan bisa dilakukan saat dia masuk sekolah nantinya. Kebetulan skrg Evan jadi mami masukkan sekolah tahun ini :) agak mendadak mmg dan bergeser dari rencana semula yg maunya tahun depan aja, tapi ada sikon khusus yg bikin saya dan suami ambil keputusan ini :)
    Utk buku One Little Hippo, Evan lumayan bisa diajak berinteraksi dgn menyebutkan nama hewannya apa aja dan lagi apa hewan2 tsb :)

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]
     
    Last edited: Aug 25, 2016
    Ikhdah likes this.
  16. Ikhdah

    Ikhdah IMC Magna Friend


    Nggak usah mengimajinasikan lagi ya Evan... kan sekarang udah skull beneran, hihihi. C u tomorrow Evan pintar :)
     
    Mommy Evan likes this.
  17. Mommy Evan

    Mommy Evan IMC Magna Friend

    Salam kenal jg Mom Rilo, muaaach ^_^
     
  18. Mommy Evan

    Mommy Evan IMC Magna Friend

    Halo Beatrix en mom, salam kenal jg ya ^_^
     
  19. Mommy Evan

    Mommy Evan IMC Magna Friend

    Hai Ne en mom, salam kenal dan salam sayang dari kita, muaaach ^_^
     
  20. Mommy Evan

    Mommy Evan IMC Magna Friend

    Art

    Tema Activity Using Milk & Food Coloring: Milky Fire Blast

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]
     

Share This Page