@merry_mervin

Discussion in 'IMC Challenge August 2016' started by Merry, Aug 26, 2016.

  1. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    Hi IMCers, perkenalkan saya, Merry, mama Crystal. Salam kenal semuanya. ;););)
     
    DIANA TAN and khetien like this.
  2. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    [​IMG]

    Day 1 = exploring WATER

    Bermain air, salah satu permainan kesukaan C. Jadi mama selipin "belajar" tentang sifat-sifat air:
    1. Air menempati ruang
    Mama minta C memindahkan air dari toples ke dalam gelas kosong sampai penuh. Kemudian minta C amati, kalo air itu menempati seluruh ruang dalam gelas yang tadi kosong.

    2. Air melarutkan beberapa zat
    Karena gelas sudah terisi air, maka mama minta C menuangkan gula ke dalam gelas tsb dan diaduk. Terus pas gulanya uda larut, mama suruh C liat, kok gulanya ilang sayang? C bingung awalnya, terus mama "jelaskan" kalo gula yang ada di dalam air akan hilang karena air dapat melarutkan beberapa zat.

    3. Air mempunyai berat
    Tadinya mau pake ember, tapi kok ya embernya besar2 banget semua. Jadilah toples aja. Jd mama minta C angkat dulu toples yg kosong, ringan kata C. Terus minta C isi dengan air sampai penuh. Pas mau diangkat, C ga bisa. Terus mama bilang itu karena air mempunyai berat, jadi ketika toples terisi air begitu maka toplesnya jadi berat deh.

    4. Air menekan ke segala arah
    Nah main yang ini dia minta lagi karena seru. Mama isi kantong plastik dengan air, C bagian tusuk2. Air yang ada dalam kantong akan keluar setelah ditusuk dengan jarum, karena air memiliki sifat menekan ke segala arah.

    5. Air meresap melalui celah celah kecil
    Mama tuang air ke permukaan tanah kering. Air tsb menggenangi permukaan tanah, tetapi lama-kelamaan air tsb habis karena air itu meresap melalui celah-celah kecil tanah.

    6. Air dapat berubah wujud
    Malam sebelum main, mama ajak C isi kantong dg air lalu kita masukkan ke freezer. Paginya bgt buka mata bilangnya mau liat air yang uda jadi es batu. Hbs itu mama biarkan es tsb di suhu ruang dan perlahan mencair. Di sini mama bilang ke C kalo air dapat berubah wujud, klo dia dari air jadi es artinya membeku. Klo dia dari es jadi air artinya mencair.

    Ide dari : PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR: sifat-sifat air
     
    DIANA TAN and khetien like this.
  3. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    [​IMG]

    Day 2 : Buoyancy (daya apung)

    Hasil gooling mama, kita main pake jeruk aja untuk buoyancy. Mama minta C masukkan dua jeruk yang masih ada kulitnya ke dalam air dan ternyata 2 jeruk tsb mengambang. Terus mama minta C kupas salah satu kulit jeruk dan masukkan kembali. Dan ternyata jeruk yang tanpa kulit itu tengelam. Mama ibaratkan itu jeruknya ada pake pelampung (kulit), jadi di dalam kulitnya ada pori2 yg terdapat rongga udara sehingga bisa mengapung. Nah kalo pelampungnya ilang (kulit di kupas) ya tengelam deh. Ribet banget bahasa mama hahaha, yang penting dibuat sederhana dan C ngerti aja dah.
     
  4. Merry

    Merry IMC Magna Friend



    Day 3: exploring SALT

    Mari kita buat es krim pake es batu, air & garam tentunya. Lumayan slushy lah. Harusnya banyakin es batu nih tapi freezer penuh sama bahan bumbu hahaha, jadilah seadanya. Maafkan video yg ga fokus, sambil bantu C soalnya hahaha.
     
    DIANA TAN and khetien like this.
  5. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    [​IMG]

    Day 4: Block Structure

    Ini mainnya waktu masih di kampung mama, cuma baru sempat upload sekarang. Karena keterbatasan bahan, C smp bilang mangnya mama bisa bikin mainan? Kan barang mama di pontianak. Tenang nak, mama punya akal, hahaha. Jadi mama bikin play dough buat C main block structure, mgk karena teksturnya terlalu lembut jadinya ga bisa disusun tinggi2. Lumayan lah, play dough ini jadi mainan dia selama di kampung hehe.

    [​IMG]

    Kali ini pake gelas2 plastik punya pho2. Susun2 jadi menara. Demikianlah klo lagi pergi2, apapun yg ada bisa dijadikan mainan. Sampai geleng2 pho2 nya hahaha.
     
    DIANA TAN and khetien like this.
  6. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    [​IMG]

    Practical Life Skills ( mengunting bunga)

    Bangun bobo siang, mama berdayakan C dulu. Minta tolong lanjutin petik bunga buat nyekar makam ahma akong. Dari jongkok sampai minta kursi petiknya. Ga lama kemudian, minta udahan karena mau main sama anak tetangga depan rumah. :D:D:D
     
  7. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    [​IMG]

    Kalo di kampung, urusan main di luar ga masalah karena cukup jalan ke depan aja uda bisa napain aja. Hari itu liat ayam, dikejarnya ayam2 itu, jadinya lari ke sana kemari. Nemu bunga matahari, terus petik dan ditaruh ke telinganya. Mama jepret deh.
     
  8. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    [​IMG]

    Ini buku yang C pilih dan bawa sendiri untuk bacaan dia selama ikut mama pulkam selama 5 hari.
     
    DIANA TAN likes this.
  9. Merry

    Merry IMC Magna Friend



    Day 5: Activity with Milk & Food Coloring
    (maaf kualitas videonya kurang)

    Bermain dengan pewarna selalu menjadi favorit C. Ini salah satunya cukup pake susu (ini pake susu basi :D), pewarna makanan & sabun mandi cair. Bisa menghasilkan sesuatu yang indah dan anak2 senang.
     
  10. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    [​IMG]

    Day 6 : The Art of Chromatography

    Mama siapkan kertas tisu dapur & spidol, kemudian minta C mengambar apa aja. Dia minta mama juga gambar sesuatu. Yang punya C, mama gantungkan salah satu ujung tisu terendam air dan ajak C melihat perubahannya. Mungkin karena gambarnya ketinggian dan cuma celupin salah satu ujung saja, jadi airnya pelan banget naiknya. Malah kita tinggalin dulu´┐╝:p. Walau hasilnya ga begitu bagus, lumayanlah buat kasih C liat kalo warna spidol itu bisa berubah naik kena air (bingung juga mama jelasin chromatography ke C nya hahaha). Nah kalo yang mama gambar, karena C ga sabar tunggu punya dia akhirnya dia celupin ke mangkok dan berakhir tragis hahaha.

    [​IMG]
     
    Yulianalie and DIANA TAN like this.
  11. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    Day 7 : Art using Salt

    C paling demen dah diajak main beginian, suka banget dia, semuanya mau sendiri, ya memang ada masanya apa-apa mau sendiri. Semoga mama kuat iman selalu ya nak, hahaha. Ini awalnya mama jemur, cuma karena lama keringnya, akhirnya mama panggang di oven dan mengembang pula, kelamaan diulen kali yah hahaha. Ga apa-apa lah yang C senang.
    [​IMG]

    Dan inilah hasilnya. Salt dough cetakan kaki dan tangan C usia 4 tahun. Dulu waktu bayi mama ga kepikirin bikin ginian, hahaha.

    [​IMG]
     
    Last edited: Aug 28, 2016
  12. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    Day 8 : Black & White

    Mama siapin kertas dan printilannya, C yang menempel sesuai dengan apa yang dia mau. Mama juga ada ikutan sedikit karena C minta mama tempel juga.

    [​IMG]

    Lumayan bisa buat pajangan :D:D:D

    [​IMG]
     
    Last edited: Aug 28, 2016
  13. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    Day 9 : Stone Painting

    C mewarnai batu dan menghiasnya menjadi burung lengkap dengan sarangnya.

    [​IMG]

    Ga sia-sia mama kumpulin barang ginian bisa kepake juga ternyata, dan inilah hasilnya.

    [​IMG]
     
    Last edited: Aug 28, 2016
    Yulianalie likes this.
  14. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    Papa pergi main basket, C dan mama ikutan juga ah..
    Mama ajak keliling sekitar dan dia penasaran dengan bunga kuning ini, kalo ga salah namanya bunga terompet ya? tanya mama boleh petik ga. Awalnya mama bilang ga usa lah nanti tanamannya rusak, tapi karena mupeng banget boleh deh tapi jangan banyak2 ya nak. C bilang bunganya mau untuk papa biar menang main basketnya. So sweet amat sih nak..

    [​IMG]

    Papa lagi istirahat, main bola sama C dulu ya...

     
    Last edited: Aug 29, 2016
    Yulianalie likes this.
  15. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    Minggu ini C lagi senang sama cerita dari Disney.

    [​IMG]
     
    Last edited: Aug 29, 2016
  16. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    Day 10 : Sorting

    Kali ini mama pake printable worksheet aja. Mama minta C sorting fruits vs vegetables & farms animals vs zoo animals. Lebih lancar yang animals ketimbang yang fruits and veggies. Nanti kita coba lagi ya sayang..

    [​IMG]
     
    Last edited: Aug 29, 2016
  17. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    Day 11 : Hands on Math - Basic Quantity

    Masih edisi printable. Mama minta C hitung ada berapa binatang dalam kartu, kemudian C cari angkanya yang mana. Untuk hitung jumlah sudah lumayan lancar. Tapi mencari angkanya yang mana C masih suka bingung. Ga apa-apa ya nak kita pelan-pelan saja, mungkin kamu memang belum tertarik dengan angka, hehehe.

    [​IMG]

    Nah yang kedua ini printable nya ada sampai 20, cuma mama liat C masih kesulitan jadi mama bantu urutkan angkanya dan mama sebutnya berurutan. C tinggal cari angka yang sesuai saja. Begitulah selesai, dia hore-hore hahaha.

    [​IMG]
     
    Last edited: Aug 29, 2016
  18. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    Day 12 : Origami Creation

    Mama tanya C mau lipat apa nih, terus mama liatkan contoh dari hape dan C bilang mau kelinci mah. Pas mama minta C lipat kertas origaminya jadi segitiga, eh begitu dilakukan terus ditaruh ke kepalanya. Mirip Princess Aurora kan mah, ada mahkotanya di kepala. Imajinasi mu nak hahaha. Selesai lipat, mama minta C gambar mata, hidung, dan mulut kelinci. Kemudian tempel kumisnya. Yang kedua mama ajak C lipat ikan (origami yang uda mama hafal mati hahaha). Begitu selesai tanyain papa nya kok belum pulang, uda ga sabar mau tunjukkan hasil karyanya. ;););)


    [​IMG]
     
    Last edited: Aug 29, 2016
  19. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    Day 13 : Empty VS Full , introducing concept of ZERO

    Pake keranjang yang mama bikin jadi timbangan. Satu keranjang kita isi sampai penuh dengan bola sebanyak 5 buah dan sebelahnya tidak diisi sama sekali. Mama bilang ke C kalo yang tidak ada isi nya itu artinya nol atau kosong. Mudah-mudahan dimengerti ya nak hahaha.
    [​IMG]
     
    Last edited: Aug 29, 2016
  20. Merry

    Merry IMC Magna Friend

    Day 14 : Hands On Shapes - Geometry

    Tangram. Mama print 3 lembar pattern. Awalnya C agak kesulitan, akhirnya mama bantu mulu. Terus yang kelinci agak lumayan mulai ngerti dia, karena mama pake sebut warna tangramnya. Harusnya mama print yang ada warna atau mama cat ya biar C ga binggung liatnya.

    [​IMG]
     
    Last edited: Aug 29, 2016

Share This Page