DIY Edible Paint for Babies

cara buat paint sendiri di rumah indonesia montessori

 

DIY Edible Paint for Babies

 

Dear IM-ers, kali ini MomC buat lagi salah satu resep DIY paint yang aman untuk si kecil bahkan untuk bayi. Kegiatan ini cocok untuk segala usia, bisa digunakan untuk finger paint yang aman untuk bayi yang masih kecil , bisa digunakan untuk bermain sensori dan juga untuk mengungkapkan ekspresi dan mengasah kreatifitas anak dengan berkreasi bebas menggunakan paint, sedangkan anak yang lebih besar bisa membantu membuat dan tahap-tahap persiapan membuat DIY paint ini.

Bahan-Bahan yang diperlukan :

* Corn Flour (Corn Starch)

* Air secukupnya

* Pewarna Makanan

Cara membuatnya pun mudah, aduk tepung dan air sampai rata lalu masukan ke dalam wadah dengan api sedang. Terus diaduk sampai mengental. Apabila kurang kental , tambahkan lagi tepungnya. Setelah kental dengan konsistensi yang diinginkan, angkat dan dinginkan sampai suhu mencapai suhu temperatur ruangan. Bagi ke beberapa wadah sesuai dengan jumlah warna yang diinginkan. Berikan beberapa tes pewarna makanan secukupnya dan aduk sampai rata. Oh ya kalau tidak ada corn starch, bisa juga substitusi dengan jenis tepung lainnya ya, seperti tepung tapioka, dll . Selain itu bisa juga menggunakan yogurt dan coconut cream. Banyak macam dari bahan-bahan yang ada di dapur yang bisa anda gunakan untuk membuat Edible Paint untuk si kecil di rumah.

cara buat paint sendiri di rumah indonesia montessori

Libatkan si kecil untuk membantu mengaduk, bagian kesukaan C adalah menuang tepung dan mengaduk. Kegiatan ini juga mengasah dan melatih kemampuan motorik halus dan kasar si kecil, serta juga berlatih kemampuan keterampilan hidup Montessori. Sedangkan bagian memask dengan api, momC yang ambil alih 100%. Bagi yang ingin menggunakan pewarna yang alami dan natural , khususnya untuk bayi yang masih lebih kecil lagi, MomC sarankan bisa menggunakan berbagai pewarna alami dari buah dan sayuran. Sebagai substitusi warna kuning, bisa digunakan bubuk kari , selain itu bisa digunakan puree wortel juga. Untuk substitusi warna hijau, bisa digunakan puree bayam dan untuk warna merah bisa ditambahkan dan di campur dengan puree bit merah. Dengan demikian sekarang Mommies ga perlu khawatir lagi kalau si bayi kecil yang masih mouthing memasukan DIY paint ini ke mulutnya. Rasanya ngga enak Mom, tapi pastinya aman dan kalau sampai ke muka dan masuk ke mulut, Mommies tetap dapat tersenyum lebar tanpa terbersit rasa khawatir haha!

photo 3-127

Kebetulan kali ini warna-warna ini adalah pilihan C sendiri, dan C yang meneteskan pewarna makananannya, cukup cerah ya C warna-warna pilihannya !

cara buat fingerprint cat aman bayi

Ta daa..setelah mom pastikan suhu cat buatan anda sudah mencapai kurang lebih suhu ruangan , berarti cat sudah siap untuk digunakan, tinggal disiapkan kertas yang lebar, bisa juga gunakan kertas bekas, kardus bekas, koran bekas dll.

photo 3-126

MomC biasa menyiapkan berbagai kuas, spons dan juga mainan C untuk C eksplorasi dan berkreasi bebas. Yang pertama C lakukan adalah membuat hand prints dimana-mana , selanjutnya C juga minta truk kesayangannya dan mulai “painting” menggunakan truk…C bilang “Muddy Muddy Truck!!!!” Super Muddy Muddy Truck Indeed!

photo 5-75

Selain itu juga C menggunakan roller nya untuk painting dan terakhir mencampur-campur warna seru sekali….kaki tangan dll semua kena paint, tapi MomC santai-santai aja, karena nanti juga bisa di cuci semua hehehe. Kegiatan yang satu ini hampir selalu menjadi kesukaan C , segala sesuatu yang messy play, C pasti suka. Tapi dulu waktu C baru berusia 1 tahun , C masih agak ragu loh, jadi bagi si kecil yang masih ragu jangan pesimis dulu ya Mom, coba lagi dan ajak lagi dan lagi. Dijamin hampir pasti nantinya ketagihan seperti C hehehe. Kegunaan bermain bebas dan berkreasi bebas seperti ini sangat baik khususnya untuk anak usia dini, mereka dapat eksplorasi berbagai warna , tekstur, dan juga mengasah motorik halus dan kasar si kecil. Hampir tidak pernah C menolak kalau momC memberikan invitation to play dengan embel-embel “painting” , yuk dicoba!

photo 4-107

dan ini penampakan terakhir DIY paint kami, our beautiful mess!

Untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru setiap harinya, masukan e-mail anda di kotak oranye dan jangan lupa verifikasikan, Have Fun!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *