DIY IMC Rainbow Bottles – Eksplorasi Warna Pelangi Yuk!

kumpulan ide main anak prasekolah

Bagi readers IMC yang sudah mengikuti kegiatan kami semenjak pertengahan 2015 pasti sudah pernah lihat salah satu koleksi kami yakni balok susun transparan warna warni ya! balok pelangi ini unik karena bisa digunakan untuk eksplorasi bayangan, mengenal warna, eksperimen mencampur warna dll tapi sayangnya balok pelangi ini kami dapatkan di Amerika jadi bagi para readers IMC yang ingin ikutan melakukan kegiatan kami bisa ditiru dengan DIY IMC Rainbow Bottles ya! kalau punya bentuk-bentuk lainnya juga boleh di coba ya di rumah.

ide main anak usia dini

Good Morning Rise n’ Shine everyone! hari ini kegiatan kami adalah homeschool di rumah jadi dari pagi hari kami sudah sibuk dan seru-seruan di perpustakaan rumah kami. Mulai dari membaca buku dan menempel stiker bertemakan kereta api, lalu kreasi bebas menggunakan balok-balok kayu ternasuk balok pelangi kami ini. Memanfaatkan indahnya sinar matahari hari ini kami bermain di dekat jendela yay!

ide kegiatan anak umur 2 tahun

Kebetulan kami sekeluarga masih kurang enak badan jadi kegiatan C disesuaikan yang santai-santai di rumah dulu. Selain itu kami juga story time buku “Go Dogs, Go!” menggunakan wooden alphabet kami , bukunya sederhana , cukup panjang tetapi menarik minat C.

Nah back to the topic ya!  bagi IMC Readers yang ingin berkegiatan terinspirasi dari balok pelangi kami salah satunya bisa menggunakan seperti yang saya share di sini, gunakan berbagai packaging bekas yang sudah tidak terpakai … kebetulan saya suka mengumpulkan kemasan-kemasan khususnya kemasan yang bagus ya sampai suami saya bingung di garasi isinya “bekas kemasan” haha saya suka kemasan-kemasan dengan bentuk unik dan bahan yang berkualitas karena bila dibuat DIY akan lebih kokoh dan tahan lama.

cara buat mainan montessori di rumah

Step nya sangat mudah, bersihkan kemasan anda kali ini kami gunakan botol jus bekas, anda bisa menyesuaikan dengan yang anda miliki di rumah ya. Selanjutnya isi botol secukupnya dengan air berwarna, bisa di tambah glitter juga kalau mau. Nah udah deh kami mulai eksplorasi bayangan warna pelangi kami di dekat jendela memanfaatkan sinar matahari yang indah dan memancarkan hangatnya untuk pagi ini (kenapa sih jadi puitis begini?) haha… botolnya C bolak balik dan ia mengamati glitternya yang jatuh perlahan-lahan, calming dan relaxing ya!

kumpulan ide main anak prasekolah

Setelah selesai , air berwarna nya juga bisa digunakan untuk kegiatan mencampur warna primer menjadi sekunder dll so jangan dibuang. Atau untuk anak yang lebih besar bisa diajak mengamati efek bayangan dengan variabel perbedaan waktu, matahari pagi, matahari tengah hari, matahari petang dll. Endless ideas! Observing , tinkering, creating are the keys ~

sains anak usia dini bayangan matahari

If you love to discuss about science, there are many to talk here REALLY! sudut , bayangan, viskositas, dan dasar-dasar ilmu fisika lainnya bisa mulai dikenalkan untuk anak yang lebih besar ya. Yes, sebagai orang tua ternyata perlu refresh ilmu pengetahuan lagi nih, it is okay Life is all about learning and never stop learning anyway 🙂

“Sebagai orang tua dan pendidik, salah satu tugas kita adalah untuk selalu memperkaya ilmu dan tetap belajar. Jangan pernah berhenti belajar, tidak ada waktu kata terlambat ataupun terlalu tua untuk memperkaya ilmu.”

~ Elvina Lim Kusumo

sains bayangan anak paud

Sebetulnya masih banyak ide lainnya nih di kepala saya lain kesempatan saya share lagi DIY IMC yang seru lainnya ya! happy trying dan jangan lupa tag kami #IMCRainbowBottle kalau sudah mencoba ya !

Subscribe Instagram , Facebook dan Youtube kami ya serta subscribe E-mail anda di kolom di kanan untuk mendapatkan IMC Newsletter dan artikel serta kabar terbaru dari IMC!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *