Edisi Kangen Amerika , Tapi Betah di Asia

Good Morning IMC Mommies, kebetulan tidur kepagian dan bangun ikut kepagian hari ini hehehe…subuh-subuh gini sepi banget ya belum ada yang bangun di rumah saya. Bolak balik kelaparan rencananya habis ini mau buat lumpia vietnam alias vietnamese fresh spring roll. Mau balik tidur lagi tapi nanggung , ya udah nulis di IMC aja hehehe…

4 Bulan yang lalu, kami sekeluarga mudik ke Asia alias pindah for good, ngga balik lagi ke Amerika. Ga terasa ternyata 4 bulan cepat sekali ya, dan dalam 4 bulan terakhir juga sudah banyak sekali hal baru yang terjadi…kami sih excited banget pulang kampung ke Asia….bahkan sekarang C kalau ditanya “C orang apa?” jawabnya cepet banget “Indonesia”. Berhubung C sekarang ini di Singapura, C tampaknya belum bisa jelas membedakan antara teman-teman C yang betulan orang Indonesia versus teman-teman C dari India. Menurut C as long as mereka berambut hitam, bermata kehitamanan itu dari Indonesia juga kayak C. Ok C, I accept that explanation at this age!

Ngomong-ngomong tentang barang-barang kami yang banyak banget ini, yahhh thankfully udah slowly very slowly mulai tertata, tapi belum sih sebenarnya hix! beneran deh ternyata banyak banget perintilannya.

Kangen ga sih sama Amerika? sejujurnya sih yaaaaa..jujur banget kita senang banget di Asia. Memang banyak hal-hal yang kudu disesuaikan, tapi masalah untuk membesarkan anak di Asia versus di Amerika , kita tetap hepi banget bisa membesarkan anak di Asia. Coba deh ya saya pikir-pikir, ini pikiran saya aja sih yang suka ngalor ngidul. Katakan saya membesarkan anak di Amerika, saya sendirian loh hix! karena di sana saya ngga punya saudara dekat sama sekali. Di Asia, memang macet, lebih polusi dan kadang-kadang ngebingungin tapi setidaknya saya punya saudara-saudara dan teman-teman saya yang bagi saya mentally membantu banget.

Kangen ga sih sama kehidupan di California? hmmmm ada sih kangennya. Di sana ini menurut saya personally lebih laid back. Mungkin ga untuk semua orang ya, ini personally untuk saya aja. Bayangin ya, skenario ini. Pagi hari, udaranya segar banget, suami saya siap-siap berangkat kerja. C dan saya siap-siap sarapan, lalu main atau ke taman. Nyuci piring pun viewnya indah ya, di depan saya biasanya ada bunga kecil sengaja saya taruh di dapur. Melongok sedikit ke luar jendela adalah taman belakang yang green and flowery gituh.

parenting quotes

Di sana kemana-mana harus serba sendiri, di area tempat saya tinggal sih tidak ada pilihan naik MRT atau BUS ya. Jadi untuk saya yang personally tidak suka dan tidak ahli dalam menyetir, nyetir itu to be honest quite painful ! hehehee. Pertama-tama saat C masih newborn saya harus mengendap-endap menaruh C di infant car seat, I don’t know why and how we managed it, tapi pas C newborn saya bisa-bisanya malah nyetir mobil yang hanya ada 2 pintu. Ga tau apa yang ada di pikiran saya yang saat itu masih lebih mudah deh! ngga praktis banget. Jadi setiap kali saya mau naik atau turun, saya perlu menahan napas dan menahan perut supaya menjadi lebih kecil intinya dan bisa menyelinap ke belakang sambil baya babyC! ide darimana ya? ga tau juga, akhirnya ga lama setelah itu suami saya berinisiatif ganti mobil berpintu dua tersebut . REALLY!

tips memasak bersama anak usia dini

Another thing I miss is my home in So-CAL. Menurut saya rumah-rumah di sana hommie banget aja sih, ada fireplace dll. Saya juga suka banget sama dapur saya di sana, karena di Singapura ini menurut saya dapurnya ukurannya cukup mini. Saya masih ngga ngerti dan ngga menangkap kenapa washer and dryer dimasukkan ke dalam dapur juga!

Ini dapur di Singapura sekarang….untungnya meskipun agak mini, masih muat mengakomodasi kitchen helper ya!

Dan ini yang saya maksud, kenapa juga mesin cuci dan mesin pengering bersandingan dengan kulkas di dalam satu ruangan yakni dapur mini tersebut. Hehehe…mungkin memang di sini kebanyakan seperti itu ya? saya belum tahu juga, belum banyak mampir kemana-mana soalnya.

Regardless space is very limited here in Singapore , kita tetap betah. Yes kita kadang kangen sama santainya dan serunya dan cantiknya toko-toko di Amerika. Duh yang ini sih bikin rindu banget, so far belum nemu grocery stores yang cantik, yang bisa enjoy banget grocery sambil cuci mata di sini. Ada grocery store di Ion Mall, tapi menurut saya terkesan sempit dan kepenuhan barang. Saya betah banget namanya jalan-jalan di berbagai grocery stores di Amerika. Mulai dari yang standard banget seperti Target juga udah betah, tentunya favorit saya Whole Foods Market dan Trader Joe’s. Oh ada lagi yang saya kangen, cuma satu-satunya yang buat saya kangen Pennsylvania yaitu Wegman’s! somehow ngga ada di California Huhu! I also miss my favorite weekday and weekend hangout places with my neighbours. The Promenade at Westlake Village! ini sebetulnya mini nya (setahu saya masih satu development) sama  The Grove. But I like the Promenade better, soalnya lebih sepi, lebih local dan juga ada toko buku kesayangan kami Barnes and Nobles!!!!

Kalau lagi ingat-ingat yang seperti ini jujur saya mulai kangen Southern California, rutenya itu udah favorite banget. Pagi-pagi bangun, santai-santai dengar musik sambil sarapan. Kegiatan di rumah sama C lalu nyetir ke The Promenade ini, kadang sendiri kadang janjian sama tetangga yang juga hobi ke situ! hehehee Thank to GPS, saya yang agak-agak ngga tau jalan , minim sense of direction ini bisa berpergian kesana kemari (yang dekat-dekat aja maksudnya). Sampai sana kita langsung duduk bebas (maksudnya boleh di lantai, boleh juga di kursi area anak) dan ambil buku-buku yang lengkap banget di Barnes! Mommies juga boleh beli minuman dulu, di area Barnes ada Starbucks hehehe…lalu setelah mulai anak-anak lapar, kita keluar deh…piknik di depan Barnes dan masih di area the Promenade. Kadang-kadang mommies keasikan ngobrol dan anak-anak dibiarkan duduk-duduk di rumput aja…enjoying the wind hahaha….lunch kesukaan kami Quinoa Salad, dari awalnya kita beli terus di The Lemonade sampai bisa bikin sendiri yang mendekati banget…buhhh ternyata jagain anak itu bikin lapar ya, Mommies nya juga makan ga kalah lahap sama anaknya….saya suka bercanda sama teman saya

“We need to eat, so there won’t be any mommy meltdown”

Selesailah bermimpi Vina! ini sudah pagi! baiklah now here we are back in Asia , hectic banget suasananya tiap hari ya….merasa kadang selalu diburu-buru sana sini deh. Tapi banyak positif dan senangnya juga di Asia, banyak yang bantu, dekat sama keluarga (sering dikunjungi dan mengunjungi), di Singapura mau kemana-mana mudah, tinggal naik MRT atau Bus atau Taxi sampai deh. Ngga usah bingung nge plan baca GPS , menyelipkan baby ke car seat sambil mengecilkan perut…dll dsb….Masalah makananpun kita lebih cocok di Asia. Memang sih kangen juga sama makanan-makanan (dessert places) di California yang menurut saya lebih authentic atau Italian food, Vietnamese food dll yang menurut saya personally lebih gimana gitu disana. Tapi we are not big eaters juga, jadi perut bisa kompromi. Setelah ditimbang-timbang , pros and consnya . Nyesel ga sih balik Asia? ngga tuh! Kangen ga sih sama Southern California? awalnya sih belum tapi sekarang mulai kangen…kangen sama park nya, sama librarynya, sama the Promenade, sama grocery storesnya dan after holiday Sale nya! hahaa…. #IMCBackToAsia

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *