Flower, Leaves, and Trees – The Montessori Way

Dear IMC-ers, kali ini momC mengulas salah satu kegiatan #IndonesiaMontessoriHomeschool kami yang lalu yang bertemakan pengenalan terhadap makhkluk hidup (living things). Setelah menceritakan C mengenai ciri-ciri dasar makhluk hidup seperti bisa bernafas, bergerak dan berkembang biak, momC juga berikan undangan untuk C untuk bermain dengan puzzle botani montessori kami.

montessori sains botani

Keunikan dari puzzle botani Montessori ini adalah bagian-bagian dari setiap unit dapat dilepas sehingga secara hands on  C dapat membedakan juga bagian-bagian dari pohon, bunga dan daun. Selain kegiatan bermain puzzle ini tentunya IMC-ers juga dapat mengajak si kecil ke taman dan menunjukan berbagai bagian-bagian dari daun, bunga dan pohon yang ada secara langsung ya!

prakarya anak tk daun

Dengan demikian si kecil mengerti bahwa daun tidak hanya sekedar daun tetapi juga memiliki bagian-bagian lainnya. Hal ini nantinya dapat mempermudah si kecil saat belajar lebih lanjut mengenai fotosintesis dll di tahun-tahun mendatang. Selain itu seperti yang doktor Montessori sendiri katakan, anak pada usia dini khususnya di bawah usia 6 tahun menyerap segala sesuatu yang ada di sekitarnya seperti spons tanpa lelah, bisa juga kita kenalkan ke si kecil berbagai jenis bunga, jenis daun dan pohon.

montessori sains anak usia dini kartu nomenklatur kacang hijau

MomC kumpulkan berbagai printable gratis di sini yang bisa IMC-ers unduh dan cetak untuk kegiatan pengenalan daun, bunga dan pohon untuk si kecil di rumah , hope you like it!

Pre-writing and Matching Leaves from 3 dinosaurs

Kartu Nomenklatur Montessori Bunga dan Pohon from Helpful Garden

Nomenklatur Jenis-Jenis Daun Bahasa Indonesia from Fenny Masudah

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).