Fun Bunny Math for Spring Season – Konsep Kuantitas Montessori

Ini adalah salah satu kegiatan homeschool kami beberapa saat lalu , baru sempat upload-upload dan masih antriiiii puluhan kegiatan lainnya belum saya upload hihihi…satu-satu deh ya! soalnya juggling between doing my own project, packing, unpacking, researching where to travel , driving and laundry and cooking some porridge 😉 – not complaining here, I can’t ask for better role and I do really love what I am doing! it is like a dream come true to me because I do enjoy playing and making stuffs esp. with my own kids! haha…Semalem mau tidur tiba-tiba kepikiran ide DIY bejibun-jibun!!!!! langsung semangat sendiri, ga tau kapan sempat eksekusi semoga hari ini bisa deh..let’s see but I am so excited about my ideas!!!

Nah itu kegiatan C again and again reviewing pemahaman konsep kuantitas , ini bisa dilakukan mulai usia menjelang 2 tahun kok..tapi again ngga ada paksaan ya…kalau belum tertarik ya sudah, masih banyak kok cara lain untuk dapat mengenalkan konsep kuantitas ke anak usia dini..pintar-pintar kitanya aja sih hehee..kalau C memang dia cenderung tertarik 99% semua kegiatan yang saya siapkan…hal ini saya bisa claim karena ia memang jauh jauh dari gadget terutama 2 tahun pertama, jadi mungkin karena tidak ada opsi lain jugaaa yaaaa ia melihat semua kegiatan yang saya sediakan itu super menarik dimatanya hahaa…saya juga ada foto-foto dimana kalau dulu masih 20 bulanan C bangunnya pagiii banget , begitu bangun ke libraru di sudut dia tracing sandpaper letter sambil sebutin bunyinya…tuh masih agak-agak bald loh…haha one day saya share ya!

image

Seperti yang sudah sering saya ulas di postingan saya sebelumnya jauh lebih penting untuk anak usia dini mengerti secara konkret konsep kuantitas dibandingkan mengenal 1-10000000 ya…di dalam pikiran si kecil hal itu terlalu abstrak…Apa itu 10? ya ia sekedar hafal dan kenal “TEN” “SEPULUH” gitu aja sih…tapi sebetulnya mungkin ia tidak tahu jelas seperti apa itu 10? apakah 10 itu lebih banyak daripada 3? dll. Menggunakan benda-benda di sekitar anda, anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang terinspirasi dari kegiatan Montessori ya…gunakan kacang-kacangan, gunakan mainan si kecil dll untuk mengenalkan konsep kuantitas. Kalau si kecil jelas paham kuantitas 0-10 …hey 10-90 is so easy peasy…100-900…is no diff! bahkan 1000-9000 pun si kecil cekikikan aja hehehe…saya akhir-akhir ini juga mengenalkan konsep desimal pada C karena ia minta sendiri ketika ngintipin buku-buku sekolah Montessori saya “Mommy I want this this this!” oopssss!!! awalnya mau DIY thousand cubes Montessori tapi gugur disaat membuat 0ne hundred square beads! hahahaa bisa diintip dan ditiru idenya di sini #IMCTenBeanBars

Nah ya sudah akhirnya datanglah segerombolan golden beads untuk C , memanfaatkan ketertarikan C dan periode sensitif nya langsung saja saya berikan three period lesson untuk C, C this is ONE UNIT , C this is ONE TEN BAR, C this is ONE HUNDRED SQUARE and C this is ONE THOUSAND CUBE! disambut dengan gembira ria…ga mau berenti…ya sudah mommy mulai balikkan sekarang “C can you bring mommy 9555” ? hahah ia malah kesenengan cekikikan gotong-gotong 9 THOUSAND CUBES yang berat juga ya disusun-susun sampai tinggi, 5 hundred squares, 5 ten bars dan 5 units…paling heboh kalau unit nya ngegelinding….kayak bola gitu..dia berusaha taruh balik ke tempatnya. Nah terus kan banyak yang tanya, ini diajarin berhitung nihh? saya merasa dengan believe saya terhadap the first 6 years are the golden period (which is totally true!) dan memegang teguh follow the child, tidak ada paksaan dan HANDS ON alias pengalaman konkret…saya melihat ga ada salahnya tuh kenalin C ke bead-bead ini…Bayangkan begitu anak usia 6 tahun which is sedang masa transisi dari konkret ke abstrak…ngga pernah megang 100 biji-bijian dan tahu kalau itu 100…lalu dikasih tambah-tambahan, pembagian dll…dijamin shock ga ada bayangan ke arah speechless dll..so bagi saya di masa-masa anak absorbent mind menangkap dan merespon segala sesuatu dengan positif tanpa beban, why not we introduce good things? prinsip saya selalu harus KONKRET se konkret mungkin, semakin banyak indra yang ia gunakan dalam pemahaman suatu konsep semakin baik 🙂

Nah untuk yang masih babies bisa ditiru juga ide-ide kegiatan kami di bawah ini ya! have fun!

image

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *