Fun Fall Season Activities With Pumpkin and More!

Dear IMC readers, rasanya baru kemarin old and new 2016 oh no!! ternyata udah mau akhir tahun lagi ya….di sini sudah memasuki autumn (fall season) alias musim gugur, daun-daun sudah mulai berguguran dan memasuki musim panen (harvest season). Nah kalau bulan-bulan seperti ini biasanya banyak sekali pumpkin dan squash yang di jual di farmer’s market , farm dll. Beberapa waktu yang lalu saat saya berbelanja bersama C , C memilih beberapa jenis pumpkin dan squash untuk kita buat kegiatan di rumah. Kalau tahun lalu persis saat ini C berusia 2 tahunan kami memilih pumpkin yang kecil-kecil kali ini C memilih yang sebesar-besarnya haha.

image

Selain pumpkin kami juga membeli berbagai macam squash seperti delicata squash, spaghetti squash, acorn squash hmm yummy! awalnya sempat reluctant juga mau diapain ya begini banyak?kalau tahun lalu kita menggunakan 2-3 pumpkin kecil untuk di hias, lalu ada juga pumpkin sedang yang sengaja kami buka dan biarkan C eksplorasi bagian-bagian dari pumpkin itu sendiri. Setelah selesai eksplorasi biji-biji nya dipanggang, dagingnya di panggang juga (dengan minyak olive, garam, lada) lalu di buat pumpkin soup…hmmm yummy!!

photo 1-253

Nah ini beberapa buku yang bertemakan musim gugur untuk menemani kegiatan musim gugur biar makin seru gitu hehe…

photo 3-205

Fall theme sensory bag , biji-biji pumpkin dimasukan ke dalam plastik ziploc cocok untuk C yang tahun lalu berusia 2 tahun , menggunakan sensory bag ini bisa juga dimasukkan mainan-mainan kecil dan jadi deh “I SPY” activity!

photo 4-160

Nah ini kedua pumpkin kecil hasil karya kami tahun lalu ! duh betul-betul tidak terasa ya ternyata waktu berlalu – I can’t believe it is this season again! kalau sudah bulan-bulan seperti ini udah festive banget ya karena seru banget pergantian musimnya terasa sekali dan serasa liburan terus. Oh ya talking about holiday hehe, I have to be honest with you hihi that actually I enjoy my motherhood better since I feel everyday is like holiday to me. Kalau jaman sekolah dulu kan rasanya ada aja tugas, PR dll. Kalau sekarang sih to-do listnya juga banyak tapi mungkin ngga terasa seperti exam atau tugas-tugas jaman sekolah ya jadi lebih santai hehe.

image

Tahun ini C mengundang teman-teman kecil C yang kebetulan homeschool juga untuk eksplorasi pumpkin dan squash – seru loh!!! di mulai dari teman saya yang membantu membelah pumpkin besar itu (yeah, karena saya ternyata ga bisa potong…ga kuat…berat dan besar banget hahaa untunglah mommy yang satu ini kuat jadi langsung belah segala macam pumpkin dan squash!)

Gimana reaksi C dan teman-temannya ketika squash dan pumpkin satu per satu di buka? ada yang excited ada yang belum familiar dengan baunya dll, tapi lama-kelamaan semua ikutan main loh!

Jadi satu per satu di buka dan seeds nya boleh dikeluarkan oleh C dan teman-temannya, sebelum itu sekilas kita juga cerita tentang siklus hidup pumpkin mulai dari biji dll dll…untuk anak-anak usia dini mengenalkan berbagai hal itu baik, maksudnya bukan berarti mereka HARUS WAJIB KUDU hafalin ya, namun hanya membuka wawasan, mengenalkan dan bersifat santai. Anak-anak usia dini sangat senang apabila di berikan informasi baru loh, mereka juga ingin dan eager sekali untuk mengetahui hal-hal yang ada dan terjadi di sekitarnya! ramai-ramai C dan teman-temannya menyebutkan bagian-bagian pumpkin “STEMMMMM!!!” seru ya!

image

Selain itu kami juga membuat art & craft alias prakarya menghias pumpkin berbahan foam dan menggunakan stiker.

image

Menghias pumpkin, ini matanya ya C? topinya? yuk kreasi bebas ya!

image

Pumpkin Seeds & Corn Starch? messy messy FUN!!!! an hour of FUN , goopy goopy gloop gloop kalau istilah C. Kalau teman-teman C setiap ketemu saya bilang ” Auntie Vina, Can we have Gooey Gooey? can we do activity? can we play gooey gooey?” ya ampun kata mamanya setiap melihat Auntie Vina itu udah muncul dibayangan mereka “ACTIVITIES” hahahaha…so sweet!

image

Sebagian dari pumpkin seeds juga ada yang saya bekukan dengan air berwarna. Yuk let’s rescue the seeds! di sini kesabaran dilatih ya….baru saja keluar Sensory Bin yang satu ini C langsung “Mana air panas nya? we need heat…” hahaha padahal maksud saya slow aja C pelan-pelan biar mainnya lamaan…akhirnya pertama-tama C dan teman-temannya menggunakan garam dan melihat reaksi garam ketika ditaburi ke frozen icy seedy rainbow…what will happen? mereka tampak excited sekali…memperhatikan apa yang terjadi right in front of their eyes, mereka juga meraba permukaan es nya yang berubah dari halus menjadi berluban-lubang. Kegiatan ini udah sering sekali dilakukan dari C berusia 2 tahunan tapi selalu saja excited dan tetap dengan mata berbinar-binar menunggu esnya meleleh. Setelah 30 menitan belum meleleh semua juga C akhirnya minta lagi “We need heat. Mommy warm water please!! pleasee?” haha ya sudah akhirnya keluarlah warm water dan pipet. Little friends, kali ini pipetnya hanya 1 ya jadi bergantian OK?

image

Bagaikan Every Mothers’ Dreams Pumpkin Exploration kali ini berjalan lancar selancar-lancarnya, ngga ada grabbing, ngga ada tangisan, rebutan dll (RARE!!!??? indeed!!!) Mommies senang sekali karena (akhirnya…) perlahan-lahan C dan teman-temannya semakin dapat kooperatif. Ada kalanya di saat playdate terdengar tangisan, jeritan, dan teriakan meltdown ataupun rebutan benda – yes mommies we are new kids on the block, we are kind and nice and lovely , it’s JUST sometimes we are tired, hungry, sleepy and we forgot the manners Mommies. Not easy juga sebagai orang tua terutama kalau sedang lelah pasti rasanya gimana gitu ya lihatin anak rebutan, tapi still saya merasa anak-anak itu pada dasarnya tidak memiliki niat “bandel” “jahat” “disaster” “monster” dll. Saya suka heran kalau ada istilah “TERRIBLE TWOs” “TERRIBLE THREEs” dll dll… bagi saya memang tidak mudah “handle” anak-anak usia toddler & preschooler but hello, they are NOT Terrible. They are beautiful, still learning (just like us still learning and DO make mistakes all the time) little human being who are trying to understand the world around them.

image

Nah selama anak-anak eksplorasi bermain, Mommies segera memotong-motong dan bake pumpkin dan squashnya yummy!!! ini delicata squash super yummy and healthy!

image

Yum yum yum….sekarang tinggal tunggu Pumpkin Cake buatan teman saya hehehe…yummy! happy Autumn All!

Cek kumpulan printable gratis kegiatan seputar musim gugur di bawah ya!

Printable Kartu Montessori Bagian-Bagian Pumpkin

Printable Pergantian 4 Musim , Musim Semi – Gugur – Panas – Dingin

Printable Matching Games Musim Gugur Anak Prasekolah

Printable Nomenklatur Montessori Bagian-Bagian Labu

Printable Gratis Mewarnai Anak Prasekolah

Printable Mengikuti Garis Tema Musim Gugur Kegiatan Anak TK

Printable Word Search (Cari Kata) Tema Musim Gugur

Printable Word Search (Mencari Kata) Untuk Pemula Bertemakan Musim Gugur

Printable Word Search (Mencari Kata) Tingkat Lanjutan

Printable Mencari Jalan (Maze) Bertemakan Musim Gugur

Free Fun Preschool FALL Activitiy from Happy Housewives

Tags from the story
Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *