Hands On Space Exploration and Constellation For Preschoolers

Hallo IMC Mommies, selain things that go, C akhir-akhir ini juga sedang suka sekali yang berhubungan dengan SPACE. Mulai dari cerita-cerita mengenai Planet, bintang-bintang dll. Salah satu buku yang C suka adalah seri dari The Cat in The Hat Learning About Planet, memang menarik dan seru plus kalimatnya cukup sederhana namun berisi pas untuk early reader seperti C yang sedang suka membaca sendiri.

Processed with Snapseed.

Selain itu saya juga menyediakan buku stiker bertemakan planet dan kawan-kawannya khusus untuk travel kita kali ini. Karena travel kemarin ini cukup lama jadi persediaan kegiatan on the go wajib banget ya! Nah selain planet-planet saya mengenalkan C pada rasi bintang atau konstelasi. Apasih rasi bintang itu? rasi bintang adalah sekelompok bintang yang berdekatan dan berhubungan sehingga membentuk konfigurasi khusus. Yuk kita eksplorasi langsung menggunakan Spielgaben V4 kami kali ini.

image

SUN is a STAR…. C suka sekali mengingatkan saya bahwa matahari itu juga bintang loh Mommy!

image

Undangan eksplorasi dan berkreasi bebas kali ini menggunakan serba-serbi loose parts Spielgaben V4 kami. Never ending exploration , senang sekali menyadari bahwa sebetulnya dengan menggunakan bentuk-bentuk sederhana dan imajinasi kita VOILA! berbagai hal dapat dibuat ya…

image

Nah kali ini C berkreasi menggunakan imajinasinya untuk membuat galaksi Bima Sakti atau dalam bahasa inggris Milky Way Galaxy, atau bahasa Latinnya Via lactea yang memiliki arti susu…hmm jadi haus..hehehe…di dalam galaksi ini terdapat sistim tata surya yang di dalamnya terdapat planet bumi dimana kita tinggal. Bisa ditebak semenjak C kenalan dengan istilah dan konsep baru ini setiap malam hari apabila kita berada di luar rumah kami yang di California C langsung bilang “Mommy where is the Milky way Galaxy?” lalu ia tiba-tiba menunjuk ke langit “I found the stars and I found the galaxy Mommy!!!”

image

Yuk C kita kenalan dengan konstelasi bintang yang ada ya C..yang ini contoh dari “Ursa Minor” atau yang biasa di sebut “The Little Bear”. Yuk buat menggunakan loose parts SpielgabenV4 dan imajinasimu C !

image

C senang sekali ketika membuat berbagai konstelasi ini dan akhirnya membuat kreasi konstelasi ala C sendiri. Enjoy C!

image

“I am as constant as the North Star” ~ Shakespeare

Yang satu ini Polaris atau dikenal dengan North Star , cantik ya!

Sekarang apa sih kegunaan encourage anak untuk menggunakan imajinasi salah satunya dengan membiarkan anak berkreasi menggunakan loose parts? kalau bagi saya permainan menggunakan loose parts yakni semakin open ended nantinya menjadi lebih cost effective karena dengan menggunakan parts yang sama anak dapat membuat dan berkreasi bermacam-macam. Kalau C suka lihat suatu benda yang ia sukai tapi jarang minta beli , biasanya C akan katakan “Nanti buat yuk, bisa buat di rumah…” (maksud C sebetulnya menggunakan loose parts yang ia miliki di rumah.) Saya juga ingin meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah, berpikir strategis dan kritis , mengenal berbagai konsep melalui eksplorasi langsung, dexterity, koordinasi motorik halus anak dll. Dengan secara langsung diberi kesempatan re-create (berkreasi) dan membuat suatu konsep abstrak ( in this case gambar di buku) dan mewujudkannya melalui loose parts Spielgaben V4 ke bentuk nyata tentunya secara tidak langsung membuka wawasan si kecil bahwa ia dapat membuat sesuatu, gunakan imajinasi dan bermain secara kreatif. We love this set A LOT! and we had been incorporating this set to our play and learning at home at almost any subjects;  you can check it here.

review spielgaben indonesia montessori

Spesial untuk IMC readers, ada promosi akhir tahun khusus dari Spielgaben Indonesia yakni setiap pembelian SpielgabenV4 dari 1 November 2016 sampai dengan 30 November 2016 akan mendapat potongan harga sebesar 30USD$ dan GRATIS Magnet Set, untuk info lengkapnya bisa e-mail ke info@spielgaben.com ya!

 

“Imagination is more important than knowledge. For knowledge is limited to all we now know and understand, while imagination embraces the entire world, and all there ever will be to know and understand.” ~ Albert Einstein

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *