How to Spark Your Child’s Passions Gathering

Wohoooo….back to day to day routine now! setelah akhir pekan kemarin kami sekeluarga mulih ndeso ke Jakarta dan berhasil membawa kembali ke Singapura 3 koper penuh berisi makanan enak khas Jakarta, Malang, Bali dan Bandung hahaahaha bahagianya! Mungkin ini salah satu hal yang kami syukuri dari tinggal di Singapura (daripada sebelumnya di Amerika) …. kalau kangen masakan Indo, it is just an hour away….

Super happy dan masih terbayang-bayang keseruan dan kehangatan acara IMC Gathering 2019 kemarin di Chipmunk Playland & Cafe, Kota Kasablanka. Tema tahun ini sengaja saya pilihkan tentang bagaimana caranya menemukan passion anak. Bersamaan dengan saya juga tahun ini tim Nippon Paint Indonesia sharing tentang pentingnya kampanye Rumah Sehat yang juga didukung oleh IMC dan Ikatan Dokter Indonesia.

Saya senang sekali dapat berkenalan dan ngobrol langsung dengan banyak IMC Moms yang selama ini mungkin hanya saya lihat nick name nya di Instagram dan juga para pemenang-pemenang IMC Challenge dan juga ketemuan lagi dengan IMC Moms angkatan pertama hehehee yang sekarang anak pertamanya sudah besar-besar…dan ada Mom Bening yang sengaja datang dan cuti dari Malang, Jawa Timur terbang ke Jakarta!!!! Thanks a lot IMC Mommies untuk waktunya dan sudah datang serta oleh-olehnya, you don’t have to really!!!

 

“All of us have talent potential in certain areas of biological strength. Talent is most likely to blossom when we discover and toil in our true element.’’
– Sir Ken Robinson

Kali ini saya share tentang bagaimana sih caranya mengamati dan menemukan passion dalam diri anak yang tentunya berbeda pada setiap anak. Selain itu saya juga share tentang bagaimana caranya mengkaitkan passion anak dengan hal-hal lain yang perlu anak pelajari , navigasi dan hal apa saja yang perlu kita perhatikan dalam mendukung serta nurture passion anak.

By discovering what our child is good at –nurture child’s positive self-esteem
Feeling competent & skilled at something that they really enjoy doing.
Feel good about themselves

“He absorbs the life going on about him and becomes one with it, just as these insects become one with the vegetation on which they live. The child’s impressions are so profound that a biological or psycho-chemical change takes place, by which his mind ends by resembling the environment itself. Children become like the things they love.” (The Absorbent Mind)

Jadi , hal apa saja yang bisa kita lakukan sebagai orang tua untuk mendukung si kecil?

  • Creating opportunities to explore – memberikan serta menyediakan kesempatan bagi anak untuk bereksplorasi sejak dini baik itu di dalam rumah maupun di luar rumah. Banyak hal yang dapat dilakukan bersama anak di rumah seperti mengenalkan berbagai aspek seni, olah raga, musik, bidang bahasa, logika dan matematika, dll. Sedangkan kita juga bisa membawa si kecil ke berbagai museum, perpustakaan, taman, pertunjukan, dll untuk membuka wawasan dan mengamati minat si kecil.

Dengan menciptakan suasana yang aman, nyaman, bersih di rumah , tentunya anak akan dapat eksplorasi dengan lebih nyaman. Dengan cat Nippon Spotless – Plus, cat anti-noda dan anti-kuman, tentunya eksplorasi di rumah menjadi lebih aman karena cat Nippon Spotless – Plus dengan kandungan no VOC yang aman untuk anak dan melindungi secara efektif dari berbagai jenis kuman dengan teknologi Silver-Ion . Kalau dipikir-pikir, dinding itu permukaan terluas di rumah, tapi kapan ya terakhir kita memperhatikan kebersihan dinding?

  • Observe our child – pada saat anak-anak melakukan kegiatan, tugas kita sebagai orang tua untuk mengamati serta menilai dari bahas tubuhnya serta dari komentar anak sebetulnya kegiatan seperti apa sih dan di bidang apa yang ia sukai.
  • Determine their interests & strengths then we feed those interests & strength – setelah kita mengetahui ketertarikan serta kemampuan anak di bidang tertentu , tentunya akan lebih mudah untuk kita untuk memberi dukungan lainnya . Cara-cara memberikan dukungan tentunya sangat banyak, mulai dari menyediakan fasilitas di rumah, mencarikan bahan-bahan dan materi di bidang yang anak sukai sampai untuk anak usia yang lebih besar dapat dicarikan guru khusus di bidang tersebut, teman-teman dengan hobi yang sama dan komunitas untuk anak kita supaya ia bisa berkembang.
  • Matching training to what our kid’s desire = beautifulFollow the Child !

Mengapa penting menemukan passion anak? sebetulnya selain anak akan merasa lebih bahagia, dihargai apabila diakui dan diberikan kesempatan ”pursue” hal-hal yang mereka sukai, kita juga dapat menggunakan hal ini untuk menghubungkannya dengan area lain yang sebetulnya anak perlu pelajari.

Knowing your child’s passion – stir up enthusiasm
Learning is more interesting when it is relevant or tied to something that our kid is passionate about
List all subjects, list all their interests or passions lalu cocokkan dimana titik pertemuannya ya!

Contohnya demikian,
Child’s Passion : PIANO
History : about composers, history of the piano
Science : physics of the keys and pedals, vibration and sound
Math : scales, keys, composing, time signature, musical notation, rhythm
Language : reading books about musical literature

So, banyak kan manfaat mengenal PASSION anak? happy exploring with your kids IMC Moms!!

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *