Ide Bermain Untuk Bayi : Permainan Montessori Untuk Usia 18 Bulan ke Bawah

Dear Mommies, demikian ide bermain ala Montessori untuk anak usia 18 bulan ke bawah :
* Tak Umpet
Baik Mommy/Daddy yang ngumpet atau mainan yang diumpetin, anak seusia ini biasanya senang sekali bila dia ajak main tak umpet. Permainan ini mengajarkan konsep “Hilang” tapi lalu “Muncul lagi…”Anak akan mulai mengerti bahwa meskipun ia tidak dapat melihat benda/orangnya bukan artinya benda/orangnya tidak disitu.
Kalau di mainan Montessori ada juga yang se ide dengan permainan ini yakni disebut Imbucare Boxes , dari ide mainan di foto ini Mommy juga bias DIY sendiri dengan prinsip dan konsep sejenis:
* Main-Main dengan Kaca
Nah ini salah satu kegiatan kesukaan C waktu dia lebih kecil, waktu C berusia 6 bulanan kami sempat Join Gymboree , penekanannya di sosialisasi dan motorik kasar…karena pada usia itu C tinggal di daerah yang dinginn banget, jadi ga selalu bisa main di taman, sehingga main2 di Gym yang aman adalah salah satu sarana yang baik untuk C belajar merangkak dll.. Bermain di depan kaca ini banyak kegunaannya, dapat membantu untuk memperbanyak perbendaan kata dan kemampuan komunikasi , juga mulai mengenal diri sendiri dan pantulannya di kaca yang mana bermanfaat sekali bagi perkembangan anak.
Yang di perlukan adalah kaca dengan ukurang sedang (aman, tidak retak dll!) , scarf (bisa berbagai bahan, silk, tembus pandang seperti tulle, warna warni dsb), Beberapa mainan kesukaan. Taruhlah kaca di dinding , atau dapat juga kaca ditaruh di lantai dan biarkan anak melihat dan eksplorasi dari atas…mereka pasti senang dan kaget lihat bayangannya sendiri , kalau C dulu sampai ngeces2….
Mulailah dialog, Apakah ini C? ini adalah hidung C….Di mana hidung mu? Nahhh disitu hidungmu…dsb..
Scarf dapat digunakan untuk main “tak umpet” di depan kaca juga..anda juga dapat meminta si kecil untuk meniru kelakuan anda. Endless of Fun! dan kesempatan untuk bonding bersama di kecil 🙂
 
* Jalan di berbagai tekstur
Di permainan yang satu ini, dapat mengasah kepekaan sensori anak dan juga mengasah kemampuan menyeimbangkan tubuh.
Yang diperlukan : beberapa bantal dengan tekstur yang berbeda-beda (beda bahan, beda warna, beda permukaan dll) , Karpet , Kesetan kecil (pastikan tidak licin!), bubble wrap, dan lain2 yang dapat ditemukan di rumah (wadah berisi tepung, wadang berisi kacang2an, wadah berisi air?).
 Taruh lah berbagai permukaan ini di lantai dan berilah contoh untuk berjalan pelan2 dengan kedua tangan di kanan kiri untuk menyeimbangkan badan. Mintalah anak untuk mencoba, pertama-tama anak pastinya perlu bantuan , anda dapat memegang tangan si kecil…lalu pada saat anak mulai terbiasa, mereka bisa mulai mencoba beberapa langkah sendiri…kalau kelihatannya belum siap, anda dapat memegang tangannya lagi.
* Menyentuh Berbagai Tekstur
Untuk usia di bawah 3 tahun, indera yang paling dominan adalah indera perabaan, dengan menggunakan tangan mereka..mereka dapat eksplorasi berbagai jenis benda, dan bermacam-macam tekstur. Yang diperlukan adalah suatu wadah (basket/tray) berisi berbagai macam objek dengan berbagai macam tekstur (ada yang keras, ada yang lembut/halus). Duduklah bersama si kecil, lalu mulailah untuk mengambil objek satu per satu, lalu katakana dan tekan objek tersebut “Keras” . Lalu selanjutnya untuk benda yang halus .raba dan tekan objek tersebut dan katakana “Halus”. Lalu berikan kedua objek tersebut ke si kecil dan minta lah ia untuk meraba dan menekan dan merasakan sendiri tekstur kedua benda tersebut..katakana lagi “ini keras.” lalu untuk benda yang halus / empuk “ini halus.” Meskipun si kecil saat ini belum dapat mengulang apa yang kita katakana, tetapi dia merekam semua sensasi dan perkataan yang kita perkenalkan.
www.playhood.wordpress.com
 
* Menyusun Balok dari Besar ke Kecil
Berilah contoh kepada si kecil secara perlahan-lahan dan mulailah dari sedikit dahulu, lalu mintalah si kecil untuk mencoba sendiri.  Kalau C pakai yang ini :
Demikian beberapa ide permainan Montessori untuk anak dibawah usia 18 bulan ya Mommies 🙂 selamat bermain, seru loh bermain dengan anak adalah kesempatan bonding terbaik…kapan lagi Mommies, masa – masa ini tidak terulang 2 kali ! Yuk!!
Supaya ga ketinggalan dengan artikel terbaru kami, jangan lupa “Follow by Email” di kanan atas, dan verifikasi email anda ya.
Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).