Ide Main Anak Usia Dini : Pengenalan Warna

kegiatan edukatif anak usia dini

Yuk kenalkan si kecil pada berbagai warna, di artikel ini saya share caranya ya! karena banyaknya IMC Readers khususnya yang baru aja gabung menanyakan kegiatan apa yang bisa dikenalkan untuk anak berusia 1-2 tahun, saya ulas lagi contoh kegiatannya ya. Kali ini kegiatan yang saya pilih adalah kegiatan pengenalan warna secara konkret yang terinspirasi dari pendekatan Montessori.

(WARNING : bagi anak di bawah usia 3 tahun mohon tidak menggunakan benda-benda yang berbahaya, berukuran kecil tusuk gigi deperti di atas, dll dan mohon pengawasan penuh!!!).

cara mengenalkan warna anak TK

Boleh dibuat tema, jadi per hari 1 warna, atau per minggu 1 warna…nanti di rotasi di ulang lagi sah-sah aja, just follow your heart… jadi kita kumpulkan semua benda-benda sewarna di suatu wadah , ajak anak melihat dan three-period lesson dengan pendekatan Montessori saya lakukan “This is ORANGE” lalu saya berikan kesempatan anak untuk memegang secara langsung benda yang di maksud. Setelah itu saya bisa menanykan “Which one is orange?” (yang mana yang oranye?). Untuk anak yang lebih besar bisa dilakukan tahap ketiga “Can you bring Mommy an orange Triangle?” (dapatkah kamu bawakan dan berikan untuk mommy segitiga oranye?). Udah itu aja sekilas cuma beberap menit juga ga masalah. Besok-besok diulang lagi, pasti langsung nangkap deh!

ide main edukatif untuk bayi

Selanjutnya untuk anak berusia 3 tahun ke atas yang sudah memahami warna-warna bisa dikenalkan shades lainnya, hijau, hijau muda, hijau tua, hijau paling tua, hijau paling muda dll nah kegiatan ini terinspirasi dari Montessori Color Tablet , IMC Readers dapat membuat sendiri DIY IMC Color Tablet dengan cek artikel di sini serta printable gratis pengenalan warna serta nomenklatur warna montessori di sini. Semoga ide ini berguna ya untuk mulai menerapkan montessori di rumah untuk si kecil. Jangan sampai aparatus menjadi halangan, di mana ada kemauan di situ pasti ada jalan. Look around you dan gunakan imajinasi mommies untuk membuat ide-ide kegiatan yang terinspirasi dari kegiatan Montessori. Yuk di coba, sertakan hashtag #IMCCOLORTABLET ya untuk tukar ide dengan IMC readers lainnya , have fun , semoga artikel ini membantu dan membuat hari anda lebih berwarna-warni sepeperti color tablet montessori hihi.

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

1 Comment

  • momC sepertinya memang lebih baik satu warna untuk semua barang dalam satu waktu pengenalan yaa.. aku ngeliat anakku belum kenal warna, sudah kenal beberapa kata warna tapi belum pas kalau ditanya. mungkin karena aku suka memberi tahunya keroyokan warna..

    sama aku mau tanya first step untuk mengenal konsep kuantitas. anakku umur 2 tahun. tapi masih suka masukin barang2 ke mulut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *