IMC Sound Pouches – Pengenalan Bunyi Pada Anak Prasekolah

Seru-seruan kami hari ini setelah berlibur cukup lama adalah menyiapkan IMC Sound Pouches yang tujuannya adalah untuk mengenalkan C dengan berbagai bunyi. Yuk kenalkan bunyi alphabet pada anak prasekolah, tentunya dengan cara yang fun ya! Salah satu tahapan untuk si kecil dapat membaca khususnya bahasa inggris adalah dengan mengenalkan bunyi dari abjad , dengan demikian anak akan mulai menyadari bahwa kata-kata terbentuk dari bunyi (phenomes). Dalam pendekatan Montessori hal pertama yang dikenalkan pada anak adalah Bunyi nya bukan Nama nya, maksudnya supaya di kemudian hari mempermudah si kecil untuk membaca.image Entah momC yang terlalu semangat karena sudah lama berlibur hari ini momC bangun cukup pagi dan siap-siap ke Gym untuk ikutan Mom’s Group olah raga di gym bersama-sama dengan ibu-ibu lainnya dan anaknya boleh ikutan….ternyata kelasnya di cancel boooo….! Jadilah kami jalan-jalan sebentar dan begitu pulang eksekusi buat IMC Sound Pouches untuk kegiatan Homeschool kami yay! seru loh, keluarlah semua koleksi kami yang sudah lama dikumpulkan dari hadiah, bingkisan , penghapus dan segala sesuatu yang sudah ada di rumah hehe… berhasil menyelesaikan 8 pouches pagi tadi dan C langsung tidak sabar eksekusi.

IMG_3800Kali ini momC mengenalkan C dengan berbagai benda yang memiliki letter sound “A” dan “S” dulu… satu per satu benda momC berikan namanya dan minta C untuk mengulang sambil berkaca untuk melihat pergerakan mulutnya. “A” aeeehh aeehh as in Aappplle… C excited sekali minta lanjutkan lainnya momC berikan “A” dan “S” dulu hari ini ya C setelah itu akhirnya C tidur siang deh. Nah pada awalnya memang lebih baik mengenalkan anak dengan huruf kecil dahulu ya IMC-ers, tapi pada kesempatan ini momC purposely secara intensional memberikan huruf besar .

pengenalan alphabet anak prasekolah

Karena C sudah kenal kedua-duanya jadi momC yakin ia tidak bingung, untuk yang baru kenalan disarankan huruf kecil dulu ya. Mengapa? karena dominan dari buku-buku dan literatur yang ada kebanyakan menggunakan huruf kecil. Bahkan akhir-akhir ini ia juga tertarik tracing sandpaper yang huruf sambung (cursive) bersama momC. Senang rasanya kalau sudah disiapkan lalu C antusias , ga sia-sia hehe…jadi semakin semangat menyelesaikan ke 26 pouches nih! wish us luck ya , happy trying! kalau udah coba berikan hashtag #IMCSoundPouches #indonesiamontessorihomeschool ya supaya bisa saling tukeran ide dan mencari inspirasi sesama IMC mommies yang selalu kreatif dan bersemangat ini! enjoy 🙂

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *