It’s All About INDONESIA

Hidup di jaman now ini memang beruntung hehehe…at least menurut pandangan saya! kenapa? karena dengan banyak hal yang dipermudah, saya bisa bolak balik ke Indonesia (mulih ndeso) lebih sering. Ketika lulus SMU (iya bukan SMA…) dulu saya langsung cabut ke Amerika untuk kuliah. Memang sih itu keinginan saya sendiri, dari SMP saya sudah search sendiri kira-kira mau kuliah kemana gitu…hahahaha entah saya memang begitu orangnya, suka aja gitu browsing-browsing terus bilang ke orang tua kalau mau kuliah di situ. So, saya excited banget dulu begitu lulus langsung cabut ke ladang jagung!

Tempat di mana saya kuliah (yang katanya di Amerika itu) uhmmmm ternyata jauh lebih sepi dari Djakarta ahhauhauahuaa….pertama kali mendarat , pemandangan sekitar adalah ladang jagung. Untuk mencapai kota kecil tersebut, kita naik pesawat capung ahuhauhauaha yang duduknya formasinya 1 kursi , sebelahnya 2 kursi. Kalau berdiri kejeduk….(yeap saya sendiri sudah cukup petite, tapi di dalam pesawat capung itu saya berasa tinggi selangit!). I will never forget reaksi mami saya ”Vin, ini sepi banget ya?” hahahahaahahhahaaa…………………sepi, sunyi, lebih sepi dari Bandung …dan setelah sampai di yang katanya bandara terdekat kota kecil itu, kita masih perlu naik mobil lagi sekitar 1 jam untuk akhirnya sampai di Purdue University tercinta. Hahaha just don’t judge book by its cover, ternyata meski kotanya kecil tapi cukup komplit….dan perlahan saya jatuh cinta…pada kesepian nya hahahaa…ok I ended up spent total of 10 years of my life in the US….(pindah-pindah sih temenin hubby gitu kan setelah menikah). But you know what, semakin lama saya di sana…semakin kangen terhadap Indonesia. I have to be honest with you that I do not miss the traffic AT ALL in Jakarta. I live in the very central part of Jakarta yang begitu keluar rumah basically langsung macet total, maju mundur serba salah! mendingan jalan kaki…daripada ga sampai !

Hehehee, slowly setelah semakin lama saya tinggal di luar negri, saya kangen…terutama …..sama keramahan orang-orang Indonesia, selain itu…ahemmmm I can’t deny!!! the FOOD…hahahahaha entah kenapa meskipun di Amerika banyak makanan Asia lainnya, tapi the taste, the richness of Indonesian food itu beda. Memang di sana juga ada sih resto-resto Indonesia, tapi somehow masih beda…tapi lumayanlah….berpuncak pada kegokilan saya ketika baru menikah….(maklum moment itu brain saya baru agak selesai berkembang) hahahahaa saya diam-diam memasukkan berbagai bumbu masakan dan snack Indonesia ke koper…..sehari sebelum saya dan suami (cie newlyeweds gitu….) berangkat ke US….suami saya bantu-bantu cek koper…kenapa ya berat banget koper istrinya ini….(yang pakai baju Winnie the Pooh bak anak baru keluar sekolah begitu…aduh cupu banget sih!) Tralalalalalalaa begitu dibuka…..ia sangat shockkkkkkkk dan agak speechless…isi koper saya yang berat itu makanan INDONESIA semua. Singkat cerita, koper udah overweight sehingga sama suami saya dikurang-kurangin…hahahahaa flash back ke momen itu lucu juga sih, karena kesannya saya ketakukan ga ada makanan Indonesia enak atau gimana aja sampai heboh begitu!

Nah, setelah lama berpetualang di Amerika bersama suami lalu lahir C1 semakin galau tuh saya…saya berpikir…aduh kalau di Amerika terus nanti anak-anak saya ga atau jarang ke Indonesia dan semakin jauh aja ikatannya dan relasinya dengan keluarga Indonesia dan budaya Indonesia dan Ahemm of course MAKANAN INDONESIA….hahahaa meskipun C1 fasih berbahasa Indonesia sejak kecil, tapi ya namanya tinggal di Amerika kan jarang pulang kampung….if you are lucky once a year aja udah bagus banget deh mengingat jauhnya begituuuu yaaaa…oh well, luckily few years ago kita bisa migrasi lagi ke Singapura yang menurut saya udah kayak Jakarta-Bandung aja gitu…dimana kita bisa mulih ndeso kapan aja diperlukan…ya at least setiap 1-3 bulan sekali kita pulang Indonesia. Di situ C1 semakin dapat kenalan dengan berbagai hal yang INDO banget….bermula dari membaca sign di jalanan ia rancu ketika membaca ”pukul” …maksudnya itu kan Pukul 05.00 gitu loch…C1 bingung apa itu pukul? pukul sign? hitting? hahaahah melalui sehari-hari dan immersion gitu diharapkan dia makin lancar aja berbahasa Indonesia.

Karena Indonesia ini banyak sekali ya pulau-pulaunya, budayanya juga kaya raya banget…dan sejujurnya susah banget dihafalkan (oh no!!!!) saya jadi berpikir untuk memudahkan C1C2 dan IMC kids untuk kenalan dengan cara yang FUN dan dipermudah. Sebetulnya Free #IMCPrintable kartu nomenklatur Montessori tentang Indonesia ini sudah lama banget saya persiapkan namun baru selesai bersama dengan Peta Kain IMC Indonesia dan Peta Kain IMC Dunia…hari gini!!!!! ya ampun….memang slo-mo banget deh ya saya ini…ya udah gpp, ga terlalu telat…C1 juga baru 6 tahun hahahahahaa….Oh well, so surprisee!!!!!!!!! akhirnya saya sempat uploadddd….di bawah ini ada ratusan halaman lengkap yaaa serba-serbi Indonesia yang bisa IMC Kids padu padankan dengan Peta Kain IMC Indonesia.

 

 

Awalnya kenalan dengan dunia dulu  lewat peta kain IMC Dunia yang Montessori Inspired baru dilanjutkan dengan Peta Kain IMC Indonesia beserta kartu nomenklatur Montessori gratis dari IMC!

PulauBesarIndonesia

PetaProvinsiSumatera

PetaProvinsiSulawesi

PetaProvinsiNusaTenggara

PetaProvinsiMalukuPapua

PetaProvinsiKalimantan

PetaProvinsiJawa

Karena masih banyaknya request Peta Kain IMC Indonesia dan Dunia, setelah liburan kemarin sekarang kita siapkan lagi ya untuk yang mau pesan bisa langsung saja WhatsApp ke +6281703829888 ya!!!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *