My Heart for Indonesia

permainan sensori anak tk kegiatan anak tk

My Heart for Indonesia Sensory Play

Dear IMC-ers, dalam rangka merayakan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 70, MomC menyiapkan berbagai kegitan di rumah yang cocok untuk anak usia dini (usia prasekolah) lakukan di rumah salah satunya adalah permainan sensori kali ini yang bertemakan “My Heart for Indonesia”.

Mengapa MomC berikan tema demikian? karena memang itu yang MomC rasakan dari dalam hati sehingga MomC ingin mengekspresikannya dengan kegiatan permainan sensori kali ini. Semoga negara Indonesia semakin berkembang dan menjadi negara yang dapat mengakomodasikan semua kepentingan rakyatnya tanpa pandang bulu…maju terus Indonesiaku!

ide kegiatan anak 17 agustusan prasekolah tk

Nah mungkin tadinya ada yang menebak ini pudding? flubby jelly? atau pudding almond…hahaha memang  wujudnya seperti itu ya…tapi sebenarnya ini es batu berwarna dan juga soda kue yang sudah momC cetak.

kegiatan prakarya 17 agustus kemerdekaan republik indonesia anak tk

Sengaja MomC buat berlapis-lapis merah dan putih untuk melambangkan bendera merah putih, yakni bendera negara kita, Indonesia. Sedangkan momC cetak juga es batu berwarna merah putih untuk seru-seru an dan untuk efek meleleh yang nantinya akan C mainkan bebas, yay!

permainan sensori anak tk kegiatan anak tk

Nah yang sedikit berbeda dari biasanya, kali ini MomC siapkan cuka nya di dalam botol semprotan kecil yang pas di tangan C…biasanya kan kebanyakan MomC gunakan eyedropper. MomC perhatikan C sudah mahir menggunakan eyedropper, jadi MomC berikan invitation to play menggunakan spray bottle kali ini. Pada saat menggunakan botol semprot ini, C betul-betul harus berusaha menekan supaya cuka nya dapat keluar…dan awalnya C masih agak canggung tapi setelah melihat buih-buih busa akibat reaksi CH3COOH dan Soda Kue, C semakin bersemangat dan lama kelamaan kok jadi mahir yaaa setelah 45 menitan main dengan ini…dan satu keuntungan lagi bagi orang tua, ternyata pakai botol semprot cukup hemat karena bisa di setel keluarnya sebanyak apa…haha dan kali ini cuka yang C gunakan untuk kurun waktu main 45 menit cukup hemat….GOOD IDEA! 

ide bermain sensori anak tk

Seru sekali C main ini sambil cerita-cerita sendiri….dan tentunya melihat si hati yang terbuat dari soda kue itu mulai melelh karena ia semprot dengan cuka langsung C bilang ” Heart for Mama…” (awwwww..)

ide main dengan cuka dan soda kue sains anak paud

Sesi bermain sensori bertemakan 17 Agustusan ini bisa dimainkan kapan saja ya IMC-ers, ngga harus di perayaan hari kemerdekaan aja, temanya juga boleh disesuaikan…ga selalu harus merah dan putih…misalnya tema pelangi, tema hutan dll..boleh-boleh dan pasti seru-seru aja selalu. Jenis permainan sensori yang satu ini memang ngga pernah gagal membuat C senang. Sampai malam hari sebelum tidur C masih bilang “C senang hari ini…fizz fizzz fizzzzzziinnngggg!!!!!”. Oh well dalam hati momC, banyak juga ya soda kue yang terpakai…tapi ya sudah lah gapapa…45 menit me time untuk Mom and Dad C duduk santai itu berharga banget loh…..kalau di sini aja misalnya mau pakai tenaga nanny per jam kan 30 USD$ nah itu kurang lebih 420.000 IDR kan…berarti C habisin cuka dkk 1 $ gapapa deh…haha…well talking about nanny, sebenarnya di sini banyak sih tenaga pengurus anak MomC juga udah sering maju mundur mau panggil…kebetulan dapat referensi juga dari teman-teman..tetapi sampai sekarang Mom dan DadC belum tega nitipin C.. sekali-kalipun gak pernah…momC lebih percaya kalau dititip sesekali (beberapa jam) ke Oma/Opa atau Ama/Akong aja…tapi sayangnya mereka jauhhhh sekali ya…hahaha..itu sekilas aja..back to topic, ok jadi permainan sensori yang ini wajib di coba khususnya untuk anak yang lebih besar…kalau bayi saya belum sarankan ya..karena mereka masih suka mouthing…karena ini menggunakan cuka…permainan ini sekaligus mengenalkan si kecil ke reaksi dasar kimia secara tidak langsung, melatih kemampuan kognitif, lingustik, serta motorik halus dan koordinasi mata dan tangan si kecil. Yuk dicoba!! MERDEKA!!!!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *