Kegiatan Edukatif Anak Usia Dini : Let’s Read the Food Label!

Dear IMC Mommies, selamat beraktivitas kembali ya! setelah berjet-lag ria selama beberapa minggu terakhir akhirnya time kami balik seperti biasa. Kegiatan pun sudah di mulai lagi seperti biasa hehe , oh ya hari ini kami melakukan kegiatan sederhana tapi seru dan edukatif loh! dari tadi pagi saya sedang merapihkan dapur dan ada beberapa box cereal yang biasa kami beli dan C suka. Akhir-akhir ini C juga suka sekali menanyakan “Mommy ini terbuatnya dari apa?” terus lanjut bilang “Kita bikin ini yoook Mommy…” hahaha OK deh C, sepertinya dia berasumsi kalau Mommy nya itu bisa buat segala macam hal sendiri ya bahkan cereal >_<” ya sudah saya iya kan saja….karena C tanya terus menerus “Ini terbuatnya dari apa? gimana buatnya? ayo kita buat Mommy..” akhirnya saya minta C menunggu sebentar dan Voila saya siapkan sedikit kegiatan sederhana tapi C suka banget…

Salah satu kebiasaan saya sebagai lulusan Food Scientist dan Food Manufacturing Operation adalah membaca semua label yang ada di kemasan makanan dan segala produk..haha can be good…or bad …karena pas makan jadi bisa kebayang-bayang, but kalau enak sih tetap saya makan aja..everything in moderation is fine to me hehe!

Voila….kebetulan ada karton bekas packaging juga , yuk kita bedah kemasan sereal kesukaan C . Mulai dari bahan baku nya, daftar nutrisi, logo perusahaan, kode produksi, standardisasi, informasi tentang founder dan visi misinya, berat netto, servis pembeli, design kemasan dll. C senang sekali loh dan ia membantu menempel , kebetulan akhir-akhir ini juga hampir setiap hari sedang suka menggunting dan menempel so sekalian ya C!

image

Kebetulan yang menjadi Icon untuk produk sereal organik ini adalah lemur dari Afrika, C langsung bertanya “Mommy ini tinggalnya dari mana?” (Segera mommy Cek untuk memastikan ..ternyata dari Afrika hehe..) kebetulan juga perusahaan ini memiliki visi misi untuk mendonasikan sebagian hasil dari penjualan ke Lemur Foundation, jadilah di situ cerita tentang adanya hewan-hewan yang endangered dll.

image

C menurut C, tekstur serealnya bagaimana? kata C “CRUNCHY” terus ia bertanya bagaimana cara menulis “Crunchy”…dan mencoba menuliskannya sendiri…eh ga muat…ya udah ulang lagi dan beberapa kali tulis CRUNCHY CRUNCHY CRUNCHY hoho..

image

Setelah selesai bercerita dan berusaha menjawab semua pertanyaan C tentang bagian-bagian dari kemasan makanan tersebut C minta box cereal satunya juga dibuatkan seperti itu….Oh Ho Ho….jadi lah bedah kemasan sereal tahap 2, C kembali menempel dan bertanya satu per satu apa-apa saja maksudnya lambang dan terbuat dari apa Pumpkin O Cereal ini. C juga bertanya tentang “Expiration Date” dan apa itu maksudnya “Store in a Cool, Dry place.”

imageDan untuk menjawab pertanyaan C yang satu itu, kita melakukan percobaan dan observasi …mengapa sih disaranka untuk di taruh dan disimpan di tempat yang kering? setelah beberapa saat sereal C terendam air waahhh kata C jadi lembek, “It is SOGGY…” C bilang it is Wet, Soft, Sticky…..Mushy….terus dipencet-pencet haha

Seru kan? yuk bikin ya dan sertakan #ScienceWithIMC #IndonesiaMontessoriCom

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *