5 Kegiatan Musim Semi Melatih Motorik Halus Anak

kegiatan montessori di rumah musim semi

Dear IMC-ers , tanggal 20 Maret disini menanadakan hari pertama musim semi (spring season) di mana ditandai dengan berseminya bunga-bunga , tanaman yang tadinya istirahat selama musim dingin. Nah pada musim semi di sini juga ditandai dengan lebih banyaknya hujan , mekarnya bunga-bunga dll. Hal ini menandakan kehidupan baru yang banyak di relasikan dengan telur ayam yang baru menetas, kelinci yang mulai kembali bermain-main lagi dll. Di sini juga banyak spring festival yang serba serbinya berhubungan dengan bunga-bunga yang bersemi, kelinci, telur, dll. Selain itu cuaca spring itu perfect banget ga terlalu panas dan tidak terlalu dingin.Untuk merayakan musim semi tahun ini saya menyiapkan berbagai kegiatan di rumah untuk C yang terinspirasi dari musim semi sendiri, yuk disimak!

image

Kegiatan yang satu ini untuk mereview konsep 0-10 dimana C memasukan ladybug alias kepik kecil menggunakan capitan ke dalam telur. Membuka dan menutup telur sendiri juga melatih motorik halus anak,anak perlu memutar dan membuka telurnya lalu menggunakan capitan satu per satu memasukan kepik ke dalam telur. C loves it! video menyusul ya!

kegiatan montessori inspired di rumah
kegiatan montessori inspired di rumah

Menusuk telur-telur ke styrofoam , mengenalkan dan mereview konsep 0-10 sambil mengasah kemampuan motorik halus menusuk tusuk gigi ke telur, perlu hati-hati ya!

image

Menempel pom-pom pada kelinci 0-10 ! nah kegiatan menempel seperti ini pun baik untuk mengasah otot-otot jari si kecil loh!

image

And yes we painted the egg! C loves painting 🙂

kegiatan melukis telur

image

Yang satu ini patut dicoba ya , terinspirasi dari kegiatan Sound Boxes Montessori, disini C menebak dan mencocokan bunyi yang sesuai, seru loh! again pakai telur-teluran dong 🙂

kegiatan sensory play anak tkDan yang tidak pernah ditolak C, kegiatan sensorii…..selalu yes mau dan mau lagi..oh well semua kegiatan di atas sih C juga antusias sekali…semua ia lakukan dengan senang banget, pokoknya senang selalu kalau ada kegiatan …that is why ya travel sama C selalu bawa berbagai kegiatan dan mencoba mengupayakan segala sesuatu di hotel, di sekitar hotel yang bisa dijadikan kegiatan. Yuk di coba! Happy Spring 🙂

Update #TravelWithIMC :

berpegian dengan anak dan keluarga

What can be better than breakfast on bed? hehee masih bertemakan telur, kali ini kita menikmati Egg Benedict, plus sekalian submit IMC CHALLENGE bentuk lingkaran , pancake dan egg benedict kalau di lihat dari atas berbentuk apa C ? – C langsung : lingkaran, setengah lingkaran ! (setengah lingkaran maksudnya yang udah ia makan separuhnya…) hahaha….Happy Spring~!

 

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *