Kegiatan Sains PAUD – Kapilaritas

efek kapilaritas percobaan anak paud

Sains Untuk Anak Usia Dini – Kapilaritas

 

 

Dear IMC-ers , minggu lalu saat MomC sibuk siap-siap untuk #IndonesiaMontessoriHomeschool ,  C sempat minta-minta kegiatan mixing colors, painting dll…nah karena hampir setiap hari kita udah melakukan kegiatan tersebut, kali ini MomC menawarkan C untuk kegiatan lainnnya. Seperti biasa kalau udah dengar kata “Kegiatan” C langsung mau-mau aja dan ambil Kitchen Helper nya dan dorong ke countertop dapur MomC…hahaha

percobaan sains anak tk

Begini kira-kira C nongkrong udah excited kepingin mulai dan penasaran…kali ini MomC ingin mengenalkan percobaan sains amat sederhana untuk anak prasekolah yakni efek kapilaritas yakni gaya gerak air baik itu ke bawah, ke atas, ke kanan ataupun ke kiri melalui pori-pori benda lain.

efek kapilaritas percobaan anak paud

Nah setelah air warna warni siap, MomC ambil tissue dan di gulung lalu mulai dicelupkan ujung-ujungnya ke air berwarna tersebut. Tujuannya memberikan pewarna makanan pada air adalah supaya si kecil dengan mudah dapat menganalisa dan observasi pergerakan air tersebut. Apabila kita gunakan air tanpa pewarna tentu juga bisa, tetapi untuk anak prasekolah tentu lebih menarik apabila kita berikan sedikit pewarna ya! Bagi IMC-ers yang kehabisan pewarna makanan, ataupun yahh belum beli atau lagi keselip, bisa ditetesi jus atau cairan jenis lain yang berwarna 🙂

ide percobaan sains anak tk

Awal-awalnya tissue di tengah-tengah masih berwarna putih, begitu tercelup ke dalam cairan berwarna langsung aja efek kapilaritas mulai berkerja, air berwarna mulai merambat ke atas melalui pori-pori tissue dan C yang selalu curious dan suka observasi ini langsung berkomentar “Tuh liat Mommy liat airnya naikkk goooing UP UP UP there!” sambil deket banget merhatiinnya ke gelas-gelas tersebut.

C curious alias penasaran banget tissuenya ia cek dan di angkat satu-satu…lalu MomC katakan pada C, ayo kita tunggu aja…nanti setelah beberapa saat pasti tissue nya berwarna semua loh! yep, baru kita tunggu 5 menit, C mulai lagi ngecek-ngecek satu-satu dan bilang “Masih ada putih-putihnya Mommy…”

Akhirnya MomC ajak C main puzzle dulu , dan setelah satu jam C tiba-tiba ingat lagi “Mommy, air berwarna dan tissuenya udah berwarna, let’s check!” Begitulah yang dinamakan sensitive period ya IMC-ers, mommy C aja udah lupa bahwa musti ngecek percobaan yang satu ini, C ingat aja dan bergegas-gegas ke dapur mau ngecek…dan betul aja pas kita ke dapur semuanya sudah berwarna dan bercampur menjadi gradasi yang super kereeeeeeennn!!!!

eksperimen sains anak

Nah begini kira-kira setelah semua air berwarna merambat melalui efek kapilaritas dan pada hal ini merambat melalui pori-pori tissue. MomC sekilas juga menjelaskan bahwa kapilaritas ini juga terjadi pada tanaman ya C, air akan merambat melalui akar dan ke segala penjuru tanaman. C bilang ” Iya, tanaman minum , haus, thirsssty!”

Well, ok deh C, cukup sederhana eksperimen kami kali ini tetapi pasti C akan ingat terus let’s try at home IMC-ers, cuma perlu tissue , air (berwarna) atau jus atau cairan lainnya dan siap dieksekusi. Yuk!!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *