Land , Water and Pole Sensory Play

paket geografi montessori di rumah indonesia montessori

Land, Water and Pole Sensory Play (Daratan , Lautan dan Kutub)

Di masa-masa balik ke rutinitas biasa sehabis liburan memang saat-saat yang paling berat yah! Terus terang MomC belum menyiapkan kegiatan khusus untuk C dan juga belum sempat organisasi ulang rak Montessori C di rumah. Beberapa hari lalu saat C bangun dari tidur siang, MomC cerita ke C kalau cousin D lagi main Volcanoes saat ini di Jakarta…langsung aja C kepingin juga dan minta-minta ke MomC untuk buat dan siapkan kegiatan The Erupting Krakatau – Volcanoes yang sama seperti yang C dan D mainkan minggu lalu.

paket geografi montessori di rumah indonesia montessori

¬†Berhubung MomC masih dalam tahap memulihkan dan mengumpulkan kembali semangat-semangat jadi MomC negosiasi sedikit sama C hehehe… “C kita buat seperti Volcanoes OK? tapi kali ini kita buat tentang darat, laut dan kutub, OK?” C : “Pakai vinegar, baking soda , volcanoes!!!” MomC : “iya pakai cuka dan baking soda…tapi temanya bukan volcanoes…ganti tema, OK?” C: “Ok…” singkat kata dari negosiasi sama C, kegiatan apa aja yang messy play plus berhubungan dengan cuka dan soda kue C pasti ujungnya mau hehe.

pengenalan daratan lautan dan kutub metode montessori

Berhubung MomC juga belum terlalu siap apa-apa , tetapi ingat bahwa di kulkas banyak makanan kadaluwarsa yang sengaja MomC belum buang , segera eksekusi segala sesuatu yang ada di kulkas dan di masukan ke wadah sensori dan jadinya seperti foto di atas…berbagai macam makanan dari roti kadaluwarsa, yogurt yang udah kadaluwarsa juga dan teman-temannya…10 menit kemudian C udah seru sendiri sama cuka dan soda kue berwarnanya…fizz..fizz…fizzing…

kurikulum belajar montessori di rumah

C yang kecoklatan ini adalah daratan ya, yang biru lautan (ocean) dan es batu nya melambangkan kutub…Kegiatan ini merupakan permainan sensori lanjutan dari konsep yang sebelumnya C sudah kenal mengenai bumi yang terdiri dari daratan dan lautan…dan juga sudah sering C raba /tracing di peta dunia. Rencana MomC dalam beberapa minggu ke depan akan MomC perkenalkan berbagai jenis daratan dan lautan juga dengan metode Montessori. So stay tuned , langganan di kotak oranye untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru berikutnya! Have Fun!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *