Milestone dan Stimulasi Bayi 0-1 Bulan

stimulasi bayi montessori di rumah

Mungkin salah satu kata yang paling sering saya katakan terutama setelah memiliki anak …. hmmm… hahahaha TIME FLIES! Yes, magic word yang satu ini rasanya saya gunakan hampir setiap hari…uhukkk yang sering ikutin feed @indonesiamontessori pasti realize deh kalau saya sering banget tulis “Time Flies”.

Tapi betul loh, memang seperti itu yang saya rasakan….rasanya 5-6 tahun terakhir ini paling cepat dan tidak terasa sama sekali…Oh No!!!!

Udah cukup curhatnya ya Vin! kembali ke baby C2…nah mengingat masa-masa dengan C1 yang ternyata uhukkkk begitu aja ga terasa, kali ini saya dan suami mau betul-betul merasakan dan menikmati setiap saat di fase ini. It is NOT EASY! who said sleeping less than 2-3 hours is easy? hehehehe I am so lucky that my husband is very supporting and help me a lot taking care of newborn! Nah,nah ga terasanya lagiiii…kayanya baru kemarin saya tahu saya positif hamil #PregnancyWithIMC dan saya saat itu sudah ada jadwal acara Montessori di Rumah Untuk Bayi dengan Merries di Jakarta….ya sudah berbekalkan faith dan pemikiran positif saya tetap terbang sendirian ke Indonesia hehehe thankful semua ok ok aja…dan eh ga terasa udah lahiran dan bahkan Charis sudah sebulanan loh….

elvina lim kusumo
Baby Charis was inside my tummy….
Montessori di Rumah Untuk Bayi bersama Merries

Ketika Charis masih di dalam perut, salah satu indra yang sudah lebih berkembang adalah auditori dimana khususnya masa trimester ketiga kita bisa lebih sering mengajak berbicara, menyanyikan lagu ataupun membacakan buku .Kalau yang ini sudah menjadi rutin bagi kami sekeluarga khususnya sebelum tidur suami saya dan juga C1 mengajak Charis berbicara ataupun menyanyikan lagu. Well, believe it or not hehehee ketika C1 lahir ia langsung membuka matanya dan aware terhadap suara suami saya bahkan melirik segala dan mengikuti arah kemana suara itu datang. They said bayi itu belum bisa lihat, belum bisa dengar …tapi saya percaya ga ada yang ga mungkin , we witnessed it ourselvesliterally di kamar lahiran ! so, bonding bisa di mulai tentunya semenjak di perut ya Moms!

Kali ini saya mau share dari pengalaman kami langsung yaaa sebulanan ini kami ngapain aja sih dengan Charis dengan menerapkan berbagai hal yang sejalan dengan pendekatan Montessori.

*We co-sleep , means Charis sleep together with all of us…dia di tengah hahaha…sebetulnya sih untuk memudahkan aja, kan repot ya kalau malam-malam musti bolak balik ke kamar bayi. Dia ada kamar bayi tapi yaaa untuk main-main gitu dan taruh barang-barangnya aja. Kebayang kan rame nya kamar kita hahaha….

tips stimulasi bayi 1 bulan
Share ya ranjangnya, rame-rame biar seru! LOL

*TUMMY TIME , it is important! nah yang satu ini bisa dilakukan sejak bayi lahir. Awalnya 1-2 menit dulu lalu semakin hari semakin bertambah. Uhmm, ternyata bayi beda-beda ya….C1 suka sekali tummy time, usia beberapa minggu saja udah angkat kepala beberapa detik dan setiap tummy time ia senang sekali. Ternyata C2 suka ketiduran kalau tummy time…hahahaha it is okay yaaaa! mengapa penting? kebanyakan waktu bayi adalah tidur terlentang kan ya? nah tummy time ini berguna untuk menguatkan otot leher , punggung si bayi dan nantinya akan membantu saat ia mulai mencoba duduk, merangkak dan berdiri. Selain itu tummy time juga dapat membantu mencegah flathead syndrome dimana bagian kepala bayi bagian belakang jadi agak flat gitu (gimana ya jelasinnya?) alias positional plagiocephaly. Tentunya dengan tummy time, bayi dapat melihat dunia sekitarnya dengan persepsi yang berbeda…bahkan sebelum ia merangkak nanti yaaa…dan ini membantu sekali untuk perkembangan kognitif bayi loh! pasa usia ini bayi biasanya mulai dapat mengangkat sedikit kepalanya saat tengkurap.

tips tummy time untuk bayi 1 bulan
Tummy time with my big brother C1… I can lift my feet!

*Massage, siapa sih yang ga suka massage? saya aja can’t live without hahaha…selama kehamilan prenatal dan postnatal salah satu hiburan saya ya massage…relaxing kan? selain itu massage menjadi moment bonding antara ibu dan anak…saya suka massage C1 dan C2 sebelum atau sesudah mandi. Saya suka menggunakan calendula oil, tapi minyak lainnya yang alami dan aman juga boleh ya! saya bisa melihat mereka seperti senang sekali di massage perlahan seluruh bagian tubuhnya. Selain itu di masa awal-awal ini salah satu sensori bayi yang mulai berkembang adalah sentuhan (touch) dan ini dapat di stimulasi melalui massage (pijatan bayi).

tips massage bayi

*Storytime with Baby #ReadWithIMC , I love this ! bagaimana tidak, rasanya nostalgia aja membacakan cerita-cerita pendek sederhana untuk C2. Kebanyakan cerita yang saya bacakan adalah kesukaan C1 waktu kecil juga…so ketika saya bacakan, C1 biasanya ikutan senyum-senyum mendekat…kami kadang bergantian membacakan berbagai story untuk C2. Lucunya, newborn C2 dengan ekspresi seolah mengerti ia memandangi bukunya. Semakin semangat deh…hehehee saya juga percaya language immersion dimulai dari sekarang, berbicaralah sejelas mungkin dan sekaya mungkin dengan bayi sejak dini….percaya deh, mereka menyerap segala sesuatunya.

 

tips memilih buku untuk bayi

*Bonding lewat komunikasi dan respek terhadap bayi. Uhmmm ga seserius judulnya kok ya Moms , saya sengaja sok serius gitu loh biar Moms bacanya serius hahaha ga deh! intinya begini, sesuai dengan pendekatan Montessori yakni memperlakukan anak dengan respek, nah begitupula untuk bayi…kita bisa menerapkannya semenjak bayi. Misalkan kita akan mengangkat bayi dari posisi tidur, kita ungkapkan “Good morning baby C2, mommy is going to pick you up…” ataupun kita akan mengganti diaper nya kita meminta ijin dahulu dan memberi awareness “Charis, I see your diaper may need to be changed. Let mommy change your diaper , okay?” ini pengalaman saya dengan kedua babies, ketika kita briefing dan coba dengan sepenuh hati komunikasikan, ajaibnya si bayi mengerti dan bisa lebih tenang , malah enjoy proses mengganti diaper. Saat itu pula saya bisa bonding, komunikasi dan bahkan menstimulasi indra sentuhannya. Ketika mengganti diaper, saya dapat memijat halus setelah selesai sambil mengajak bicara “Now I am done changing your diaper, do you feel better now? I can see you are so happy and smiling at me!” “You have a beautiful smile baby, smile 🙂

Bulan ini, saya juga akan membagian Free #IMCPrintable stimulasi visual kontras untuk bayi ya di akhir artikel.

stimulasi bayi montessori di rumah

Sebulan ini saya mempercayakan diaper Charis hanya pada Merries. Ga pernah deh yang namanya ruam popok. Karena Charis juga menyusu dan minum ASI otomatis ia lebih sering buang air besar (BAB), wah sehari bisa lebih dari 6 kali…kebayang ga sih kalau diaper nya ga lembut? kasihan ya, kulit bayi kan masih sensitif! selain itu dengan daya serap maksimal merries, permukaan kulit Charis tetap kering. Permukaan diaper Merries yang bergelombang ini membantu mengurangi area yang bergesekan dengan kulit bayi dan dibuat dari bahan pulp berkualitas dan sudah teruji secara klinis.

Bagi saya hal-hal ini penting sekali, karena as you know, kalau bayi merasa ga comfortable pasti ujung-ujungnya fuzzy yah….bersyukur banget sebulan yang indah dan penuh perjuangan ini sudah dilewati dengan baik berkat koordinasi dengan suami dan keluarga. Super thankful di jaman yang sudah maju ini alias jaman NOW semakin banyak pilihan untuk si bayi dan semakin mudah untuk memilih yang terbaik untuk our beloved daughter, Charis #IMCMerriesMontessoriBaby #MerriesSmile #MontessoriWithIMC

Unduh DIY Stimulasi Visual Bayi Montessori di link di bawah :

DIY_Stimulasi Visual_Montessori_Untuk_Bayi

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *