One Fish Two Fish Fun Activity – Dr.Seuss Inspired

Setelah seharian jalan-jalan dengan teman-teman kecil C dan tidur siang akhirnya ketika C bangun langsung minta kegiatan…hehe selalu senang banget kalau disediakan kegiatan seru entah apapun itu ya C! kali ini salah satu kegiatan praktis namun seru terinspirasi dari buku cerita berjudul One Fish Two Fish… nya Dr.Seuss yang mana adalah salah satu buku early reader yang mudah dikenal oleh anak prasekolah.

image

Meskipun hari ini cukup hectic dan masih pegal-pegal karena semalam ikut pilates class tapi berusaha menyediakan kegiatan singkat dan seru untuk C…oh ya untuk IMC Mommies yang bertanya bagaimana sih jadwal homeschool kami? terus terang bisa dibilang kami santai dan sesuai ketertarikan C saja, bisa dibilang dalam 1 minggu itu mungkin 2 hari yang bisa dikatakan homeschool kami dan di luar itu kami biasanya pergi ke park, library, dan tempat-tempat lainnya yang mengenalkan C dengan berbagai jenis hal secara konkret. Lalu ada Mommies yang bertanya apakah saya disipilin dalam mengenalkan C pada alphabet? terus terang saya ga ada jadwal khusus sih untuk hal itu memang rumah kami sudah dibuat sedemikian mungkin mendukung pre-reader/ early readers dimana di berbagai corner memang ada buku, entah itu buku saya ataupun buku C ataupun buku suami saya. Saya dan suami percaya belajar dari kehidupan sehari-hari dan secara natural dan tanpa paksaan atau rutinitas yang menjenuhkan akan lebih menarik dan mudah ditangkap untuk anak usia dini atau istilahnya effortless gitu deh ya!

image

Nah khusus untuk kegiatan ini sengaja saya berikan biskuit ikan warna warni dan kebayang ya pas C lihat langsung aja dimakan haha…not so fast C! C boleh makan semua biskuitnya setelah selesai ya…langsung aja C dengan senang buat-buat…dia selalu suka deh kalau ada kegiatan yang disiapkan sampai-sampai kalau mau tidur siang bilang : Mommy siapin kegiatan ya, C bobo dulu….

image

Nah ini beberapa buku rekomendasi untuk emergent readers / early readers seperti C yang mulai mengenal bunyi huruf dan mulai decode serta menyuarakan huruf yang ia lihat, menurut saya buku-buku ini cocok sekali karena kata-katanya sangat sederhana namun cukup menambah kosa kata untuk anak pra-sekolah. Banyak juga pendapat mengenai pengenalan bahasa inggris dengan pendekatan phonics atau sight words? bagi saya keduanya penting namun sampai tahap ini yang saya lakukan dengan C adalah mengenalkan bunyi per alphabet sambil mengenalkan tracing sandpaper letters montessori, mengenalkan awalan bunyi suatu kata dengan representasi benda langsung (sejenis miniatur) dan baru terakhir ini mengenalkan sebagian CVC words menggunakan pink series Montessori. Selanjutnya C akan dikenalkan dengan bunyi-bunyi dan blends lainya dan Untuk kedepannya saya berencana akan mengenalkan C pada Sight Words (High Frequency Words) ,namun apa boleh buat ketika kemarin ingin mengenalkan C pada the first 200 sight words untuk pertama kalinya , C menyambut antusias dan mengambil kartu-kartunya serta menyebutkannya satu per satu sampai habis. Saya observasi kata-kata ini ia dapat dari buku-buku yang sering kami baca bersama karena terlihat jelas baginya setiap kata ia hubungkan dengan buku tertentu seperti ketika melihat tulisan “little” ia langsung komentar “LITTLE just like the one at the Little red caboose book…” selanjutnya “Because….Oh that is the one on the Just Because a Small Bug Went Kachoo mommy!!!” saya perhatikan jadi seluruh sight words yang tadinya rencananya perlahan akan saya kenalkan ia picked up sendiri dari setiap buku-buku yang kami baca dan kehidupan sehari-hari which makes me happy karena artinya ia mengerti bahwa dibalik kata itu ada arti dan dapat di relate dengan kalimat tertentu… ia terus memberi contoh sambil menjejerkan kartu-kartu tersebut “COME…..just like COME DOWN !!!” etc. Dengan demikian saya menganggap pengenalan kata dan cerita secara konkret dan multi sensori yang dilakukan dalam pendekatan Montessori membekas di benak C.

image

So intinya, keep reading together with your little one Mommies! tanpa mengajarkan membaca anakpun saya rasa menangkap sendiri dari mengenal bunyi dan sering dibacakan, so let’s aim for minimal 20 minutes a day – daily for the next 3 years will make 1000 books before the kids are 5!

Untuk printable Dr.Seuss bertemakan Fish bisa di dapat di link dibawah, have fun and keep reading ! #ReadWithIMC

Word Search Printable Dr.Seuss One Fish Two Fish

Dr.Seuss One Fish Two Fish Mencari Jalan Maze Printable

Menghitung Ikan – One Fish Two Fish – Dr.Seuss

Menghitung Ikan – One Fish Two Fish – Dr.Seuss

Cerita One Fish Two Fish by Dr.Seuss 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *