Pengenalan Bahasa Pada Anak Usia Dini – Montessori Inspired

belajar membaca menulis anak tk

Hello IMC Mommies, seperti yang Mommies ketahui bahwa akhir-akhir ini saya sedang sibuk menyiapkan acara 4 Juni yang akan datang untuk buku pertama saya….nanti ketemuan ya. Meskipun sibuk yang namanya kegiatan homeschool kudu jalan terus ya! ngga mungkin sekali soalnya yang namanya di rumah terus ngga ada kegiatan apa-apa hihi C udah minta-minta kegiatan ini itu terus semenjak kami pulang travel yang lalu. Akhir-akhir ini saya perhatikan C sedang dalam periode sensitif terhadap bahasa loh, bagaimana tidak beberapa saat lalu saat kami pergi ke toko buku C menemukan kartu menyusun kata-kata, langsung minta dibelikan…dibuka dan dikerjakan di toko dan langsung habis 1 box kartu itu!

cara mengajarkan anak membaca

Melanjutkan ketertarikan C atau periode sensitif C terhadap bahasa , kami melakukan berbagai kegiatan yang mendukung interest C saat ini. Mulai dari mendengarkan lagu-lagu yang berbasis phonics, tracing sandpaper letter, membuat sendiri huruf besar sandpaper inspired dll.

image

Nah salah satu kegiatan kami pagi ini sesuai dengan pilihan C yang sedang into language banget kami bersama-sama menyiapkan materi, melaminasi bersama beberapa lembar tracing letter yang template sejenis bisa IMC mommies unduh di link paling bawah nanti. Selain itu terinspirasi dari kegiatan Montessori saya dan C juga menyusun berbagai huruf dan membentuk kata-kata menggunakan stik kayu dari laci Spielgaben kami.

image

A is for APPLE ….pada awalnya sekitar C menjelang usia 2 tahun saya kenalkan C dengan bunyi (letter sounds) dan mengajak C tracing sandpaper letters…nah ini buatan C loh! kali ini menggunakan huruf kecil. Selain itu kami juga membuat DIY Montessori inspired Sandpaper Letters yang huruf kapital menggunakan kain felt dan karton.

Nah ini video C menyusun “A P P L E” yang huruf besar ya! dengan menyusun satu per satu secara hands on, konsep ini jadi terasa nyata. Huruf “A” di kertas terasa sangat abstrak khususnya bagi anak usia dini, namun apabila ia diberi kesempatan memanipulasi dan menyusun sendiri tentunya akan lebih mudah bagi anak usia dini untuk menangkap konsep tersebut.

image

Selanjutnya C juga ingin menyusun kata B for B E A N…

image

Yayyy berhasil juga C susun sendiri “B E A N” it is Bean mommy!!!!

image

Dan selanjutnya C memilih “I” for I G L O O. Nah kegiatan ini pas sekali untuk anak berusia 3.5-6 tahun ya! yuk bisa dicoba di rumah kegiatan seru ini.

Untuk berbagai kegiatan edukatif lainnya di rumah bersama Spielgaben bisa di cek di sini ya! #SpielgabenWithIMC

Unduh di bawah berbagai printable gratis yang berhubungan dengan kegiatan pengenalan dan pengembangan bahasa pada anak usia dini ya.

Tracing lowercase letters (Belajar Menulis Huruf Kecil)

Pre writing Fun – Mengikuti Garis 1

Pre writing Fun – Menarik Garis Zig Zag

Pre Writing Fun – Menarik Garis Miring

Tracing lowercase letters FUN

Tracing uppercase letters (Belajar Menulis Huruf Besar)

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *