Pengenalan Pedoman Gizi Seimbang Untuk Anak [Free #IMCPrintable]

pengenalan pedoman gizi seimbang anak

Sebagai food scientist yang sekarang bekerja di rumah dan tidak di industri hahaha….otomatis saya selalu terbiasa langsung membaca kandungan bahan suatu makanan (ingredient and nutrition list). Ini kayak udah natural aja ya kalau beli apa-apa dari kosmetik, makanan, minuman kayanya gatel aja tuh kalau ga balik kemasan dan baca bahan bakunya…He eh…segitu ribetnya ya saya ini! hahahaa sebetulnya ya tidak juga , menurut saya suatu hal yang wajar dong yah kalau kita sebagai konsumen ingin tahu persis apa sih yang ada di dalam produk tersebut dan mau make sure aja especially kalau untuk anak-anak kita ….

Saya percaya betul bahwa nutrisi itu merupakan salah satu hal penting banget dalam perkembangan anak….apalagi untuk anak-anak usia dini yang sedang banyak bertumbuh dan berpikir…. OK udah saya ga akan bahas tentang in saat ini karena saya hanya punya 10 menit sebelum C2 bangun ahahaha…katanya kalau anak kita hobi berpikir dan mengerjakan hal-hal yang susah-susah otomatis perlu tambahan protein loh!

Nah, kendala saya uhmmmmmm…..mungkin juga dialami oleh Moms lainnya….kalau kadang anak-anak menolak untuk mencoba makanan tertentu yang sebetulnya baik untuk perkembangan dirinya sendiri. Untuk Moms yang lagi ada di fase ini, bertahanlahh!!!!! C1 dulu sempat begitu juga , ga sampai gimana banget sih cuma ada lah preference….tapi ya ampun ketika ia berusia 5 tahun ke sini…apa juga dimakan Moms…so there is hope!!! hehehehee

Saya pribadi meskipun hafal kandungan makanan dan bisa dibilang food label geek gitu tapi ga terlalu concern kok kalau saat C1 dulu pernah ada fase memilih-milih makanan…yaaaa ga mau dipusingin lah intinya, saya kan tahu kurang lebih zat apa saja yang diperlukan jadi saya add-on sendiri baik dalam rupa vitamin tambahan, ataupun saya buat dan masukan ke smoothie, brownie, dll…yeahh semua di campur aja dan di buat smoothie, ice cream, brownies, muffins dll…damai jadinya…hahahaa ehhh ternyata betul saja di usia sekarang ini C1 udah basically pemakan segala hihihihi thankful.…malah kadang agak melongo ngelihatin makan kok salmon 400 gram sendiri …uhmm…mau dicomot tapi ga tega ya nak!

OK, cukup udah ngobrol ngalor ngidul pagi-pagi…salah satu tips saya adalah mengenalkan awareness untuk C1 ..kan C1 suka membaca buku..jadi saya provide aja buku-buku yang berhubungan dengan tubuhnya, zat-zat makanan, dan juga saya buatkan #IMCPrintable  tentang pedoman gizi seimbang ini..yang bisa IMC Kids pakai juga yaa!!! di sini anda bisa mengenalkan anak usia dini dengan pedoman gizi seimbang dengan permainan dan juga lembar kegiatan yang menarik…

Selain itu sering-sering saya mengajak anak ke grocery dan juga ke dapur supaya lebih familier dan hands on dalam menyiapkan makanan (sekalian kenalan dan montessori di rumah dong ya!)

Tapi psssttt..masih ada 1 challenge saya…..C1 suka lupa minum!!! apalagi kalau sudah keasikan buat sesuatu…..ahahahaah one step at a time yaaa whoosssahhhhhhhhh

tips pedoman gizi seimbang anak

IMCPrintable_Pedoman_Gizi_Seimbang_1 —> klik di sini untuk Free #IMCPrintable Pedoman Gizi Seimbang khusus untuk IMC Kids , have fun dan tag #IMCprintable @indonesiamontessori kalau sudah dicoba yaaa! hope this will be useful and fun!

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *