Pengetahuan Sains Anak : Yuk Kenalkan Habitat Hewan !

sains anak pengetahuan usia dini

Dalam kesempatan ini, MomC ingin mengenalkan C ke berbagai habitat makhluk hidup khususnya berbagai habitat hewan. Pada tahap ini momC ga bermaksud minta C bisa hafalin atau identifikasi semua habitat hewan-hewan ini. Tujuannya cukup mengenalkan konsep bahwa makluk hidup memiliki tempat tinggal (habitat) yang berbeda-beda. Ada yang tinggal di daratan, lautan dan juga di udara (bisa terbang).

sains anak pengetahuan usia dini

Sebelum kegiatan ini momC juga pernah kenalkan dengan menggunakan sensori bin di mana maklum hidup (hewan) yang tinggal di lautan momC lambangkan dengan air berwarna biru. Selain itu lebih mudah untuk anak usia dini mengerti apabila mereka sering di bawa lihat-lihat dan ditunjukkan secara langsung hewan-hewan tersebut pada kehidupan sehari-hari.

pengenalan klasifikasi hewan

Kalau ada yang tidak yakin, momC minta C untuk menyimak dan cek kategori habitatnya di buku ensiklopedi hewan kami. Selain itu pada usia ini sangat baik apabila ada kesempatan membawa si kecil ke kebun binatang meskipun sekedar hanya lihat-lihat dan ditunjukkan secara umum. Si Abosrbent Mind akan menangkap dan scan segala sesuatu yang terjadi di sekelilingnya, jadi saat di kemudian hari kita ceritakan, si kecil biasanya lebih cepat nyambung.

photo 5-105

Di sini C berusaha mengelompokkan figurin hewan-hewan yang sesuai dengan habitatnya. Yuk coba kenalkan!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).