Mengenalkan Berbagai Emosi Pada Balita – Free #IMCPrintable

Hi Moms, pasti Moms of toddler semua sama kayak saya ya pernah merasakan frustasi banget saat anak sedang tantrum dan diajakin bicara apa saja tetap begitu. Ada kalanya ya, ketika C upset lalu diberi pengertian dia kooperatif. Ada momen juga di mana ia kesal plus ia lapar dan ngantuk, nah itu mau diberi pengertian gimanapun juga C tetap mungkin sulit mencerna….ya sama saja sih seperti kita orang dewasa…kalau lagi lelah, ngantuk, lapar pasti lebih sensitif. Ibu hamil gitu juga loh ternyata…Uhukkkkkk #PregnancyWithIMC tapi serunya kita bisa salah-salahin hormon ahh…hahahahaa

Ada beberapa usaha yang saya lakukan yang menurut saya works, meski ga 100% kadang works, ya ada kalanya ga juga hixxx….tapi perbandingannya 1:10 jadi boleh dicoba! hahahaa

1.Salah satu hal yang bisa meminimalisir menurut saya selain briefing di muka tentang mau ke mana , besok akan ketemu siapa  dll. Jadi anak aware lebih dahulu , oh besok saya mau ketemu dokter gigi, gigi nya mau dicek, mulutnya perlu di buka, nanti gigi saya dihitung, saya siap-siap buka mulut lebar-lebar ya!

 

2.Selain itu yang menurut saya penting juga membantu anak-anak yang kosa katanya masih terbatas dan mungkin masih sulit menghubungkan antara apa yang ia rasakan dengan nama dari perasaan emosi tersebut dengan mengenalkannya pada emosi tersebut. Ini bisa dilakukan dengan banyak berkomunikasi dari hati ke hati dengan anak. “Gimana harimu hari ini C?” pancing anak untuk cerita, sambil mendengarkan mencoba memancing supaya anak cerita lebih banyak. BUT, biasanya cerita terbanyak itu diceritakan saat anak bahagia, rileks dan mood cerita. Jadi mungkin ada hari-hari begitu pulang di jemput dari sekolah C langsung excited cerita…ada kalanya pas ditemani mau tidur siang baru cerita.

“Mommy, I did long bead chain today!!!! I like it!” contohnya demikian…hahaha

3.Mengajak anak membaca buku tentang kisah-kisah yang berhubungan dengan berbagai emosi , misalkan kisah tentang si A lagi gembira, B lagi sedih, C kecewa dll.

4. Menggunakan Free #IMCPrintable kartu lucu bergambar yayy!!!! bisa diunduh di sini:

IMCPrintable_Emosional_Flashcard

Jadi kartu-kartu emosi ini bisa digunakan untuk mengenalkan berbagai emosi pada anak, tentunya kalau bisa kita sekaligus beri contoh ekspresi kita ya, kartu ini bersifat representatif aja….dengan mengenalkan dan memberi nama pada berbagai emosi, diharapkan anak saat mengalamai suatu hal bisa memberitahu kita “Mommy, I am upset…” misalkan gitu! hehehee so, have fun dan di coba ya!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *