Learn Through Senses with The Spielgaben

Dear IMC-ers, kalau IMC-ers mengikuti postingan instagram @IndonesiaMontessori minggu lalu pasti udah pernah lihat momC posting beberapa kegiatan C menggunakan Spielgaben Versi 4 keluaran terbaru dan terkomplit dari Spielgaben.com ya. Nah, dalam kesempatan kali ini IndonesiaMontessori.com senang sekali mendapat kesempatan untuk review produk terbaru dari Spielgaben dan berkolaborasi dengan Spielgaben.com untuk mengenalkan produk terbaru versi 4 kepada IMC-ers di Indonesia. Artikel ini merupakan artikel review produk Spielgaben Versi 4 dan Spielgaben.com adalah sponsor dari IndonesiaMontessori.com . Meskipun demikian, semua opini, masukan, dan tulisan yang IMC tulis di sini sepenuhnya adalah pendapat murni kami.

The Spielgaben adalah serangkaian permainan dan kurikulum yang disusun berdasarkan inspirasi dari bapak penemu taman kanak-kanak , seorang pendidik asal Jerman bernama Friedrich Frobel. Froebel menyusun kegiatan untuk anak usia dini di tahun 1800 an yang sampai sekarang di kenal sebagai dasar dari berdirinya sistim taman kanak-kanak sampai saat ini. Froebel menciptakan mainan-mainan yang ia sebut sebagai “gifts” yang terdiri dari mainan-mainan berkualitas yang dapat digunakan anak untuk belajar dan mengerti konsep dengan eksplorasi secara bebas dengan “gifts” yang Froebel ciptakan ini. Beruntung sekali di abad terkini ini, The Spielgaben di ciptakan dan dibuat kembali sehingga di jaman serba modern dan era digital ini, anak-anak masih dapat mengecap dan bermain dengan “gifts” dari pendidikan taman kanak-kanak dan permainan yang sudah turun temurun di temukan oleh Froebel.

spielgaben indonesia dijual indonesiamontessori

The Spielgaben Versi 4 sesuai dengan konsep pendidikan yang Froebel temukan , dibuat ulang dengan kualitas tinggi , menggunakan kayu kualitas terbaik , non-toxic dan juga environmentally friendly. Di rancang khusus di Jerman dengan format laci kayu yang kokoh dan memudahkan penyimpanan segala macam materi yang berharga ini. Suka sekali dengan konsep laci kayu ini , selain kayunya natural, sangat kokoh , non-toxic dan indah di pandang . Laci-lacinya sendiri memiliki sekat-sekat yang memungkinkan kita menyimpan ribuan materi “gifts” ini dengan rapih sehingga mudah saat di cari kembali dan tidak tercampur-campur satu materi dengan materi lainnya.

SP_300x250_v4

Dengan konsep laci ini , proses  “clean up” setelah bermain pun menjadi suatu kegiatan menarik dan salah satu kegiatan bermanfaat. C biasa menggunakan kesempatan ini untuk sekalian mengelompokkan bentuk-bentuk untuk di taruh ke tempat yang sesuai. How thoughtful! selain itu konsep “tidy up” ke tempat masing-masing adalah salah satu konsep pendekatan Montessori, di mana segala sesuatu perlu diletakan kembali ke tempat yang sudah disediakan. Jadi meskipun awalnya sempat khawatir bahwa bermain dengan banyakya loose parts untuk anak usia dini bisa berantakan, tetapi nyatanya seminggu terakhir ini kami mainkan setiap hari pagi, siang, malam….selalu dapat dirapikan kembali ke lacinya dengan baik. Suka sekali dengan design lacinya yang di design langsung di Jerman ini, sleek dan juga cocok untuk di letakan di ruang belajar, perpustakaan ataupun corner di ruang tamu.

Complete-V4-Playboards

Berbagai ide untuk bermain dan belajar secara hands on sudah bermunculan di benak MomC dari pertama membuka laci-laci The Spielgaben. Memang usia rekomendasi untuk menggunakan The Spielgaben adalah untuk usia 3-12 tahun, tetapi C di usia 2.5 tahun ternyata sudah bisa menikmati berjam-jam bermain bebas dan eksplorasi serta manipulasi menggunakan materi “gifts” yang berharga ini. Menurut pendapat MomC, mungkin Spielgaben mencantumkan usia 3 tahun ke atas karena ada sebagian materi yang cukup kecil, dan hal ini perlu pengawasan khusus orang tua saat bermain. Tetapi selebih nya, saya rasa mulai usia bayipun, The Spielgaben Versi 4 ini bisa mulai digunakan. Seperti bola-bola wool warna-warni, sudah kebayang nanti kalau C punya adik, momC akan gunakan itu sebagai mainan gantung untuk stimulasi bayi Montessori , mengenalkan tekstur dan warna dll.

photo-69

“The wider the range of possibilities we offer children, the more intense will be their motivations and the richer their experiences. We must widen the range of topics and goals, the types of situations we offer and their degree of structure, the kinds and combinations of resources and materials, and the possible interactions with things, peers, and adults.”

Loris Malaguzzi (1920-1994), Italian early education specialist.

Quoted in The Hundred Languages of Children, ch. 3, by Carolyn Edwards (1993).

 

photo 2-216

Dari hari pertama kami menerima paket dari The Spielgaben, C langsung antusias mau coba semuanya. Begitu kami buka satu per satu laci-lacinya, saya terkesima dengan banyaknya materi yang termasuk dalam versi 4 ini.  The Spielgaben versi 4 terdiri dari 14 Spielgaben set berseri , 8 laci kayu dan 2 buah alas bermain. Selain itu diberikan juga ide bermain per kurikulum dan resource itupun membuat saya terkagum-kagum dengan kayanya informasi dan ide kegiatan yang ada. Langsung terpikir di benak momC bahwa ini akan menjadi bagian penting dalam kegiatan #IndonesiaMontessoriHomeschool . MomC senang dan bersyukur sekali atas kerja sama dengan Spielgaben.com yang akan menjadi salah satu sponsor kegiatan “Learn Through Senses with Spielgaben” dalam kegiatan Homeschool oleh IndonesiaMontessori.com kedepannya.

photo 3-166

Salah satu lagi yang membuat MomC suka dengan The Spielgaben, karena kegiatan permainan ini sejalan dengan pendekatan Montessori di rumah yang kami terapkan. Dalam pendekatan Montessori, menerangkan suatu konsep baru pada anak usia dini dilakukan secara hands on dengan mengalami langsung dan bukan secara abstrak.

photo 4-136

Selain itu dapat juga digunakan bersamaan dengan alat-alat peraga Montessori untuk menjelaskan konsep secaral lebih riil untuk anak usia dini. Belajar menjadi lebih menyenangkan karena si kecil dapat memegang langsung dan mengerti konsep secara langsung, bukan secara abstrak.

photo 1-200

Dalam keenam buku manual yang diberikan oleh Spielgaben, banyak sekali kegiatan dalam berbagai aspek yang dapat anda lakukan di rumah bersama si kecil, mulai dari ide inspirasi bebas, geografi, sejarah, musik, berhitung, sains yang dikemas secara menarik dan menjadikan kegiatan bersama si kecil menjadi lebih terarah. MomC sendiri sebagai educator yang sering menyiapkan permainan buatan momC sendiri dan berkreasi menggunakan mainan yang sudah ada di sekitar momC merasa terbantu dengan ribuan ide kegiatan yang terarah ini. Ada kalanya dimana MomC tidak sempat menyiapkan kegiatan untuk C, C dapat memilih ide kegiatan dari materi Spielgaben. Seperti kemarin C habis dikenalkan dengan Negara “China” , lalu C melihat kartu inspirasi dari the Spielgaben mengenai “the Great Wall of China” langsung saja C minta buat , lega rasanya bahwa ditengah kesibukan MomC, C bisa bermain yang open ended tetapi juga lebih terarah.

photo 2-215

Selain itu banyak sekali ribuan materi “gifts” dari The Spielgaben yang bisa kami terapkan dalam kegiatan Montessori di rumah.  Kegiatan mengelompokkan benda untuk mengasah kemampuan motorik halus serta koordinasi mata dan tangan berdasarkan warna dan bentuk adalah salah satu kegiatan dasar berhitung di kemudian hari yang dapat dilakukan bersama si kecil di rumah. Untuk menambah tantangan bagi C, bola-bola ini perlu C kelompokkan dengan menggunakan capitan , C dengan tekun menggunakan capitan dan mengelompokkan bola-bola ini dan kegiatan ini diulang 3 kali oleh C.

photo 1-197

Selain itu C suka sekali menyusun berbagai pattern dari kartu inspirasi yang diberikan oleh Spielgaben, senang dan takjub melihat kemauannya untuk menyusun bentuk-bentuk warna-warni yang menarik mengikuti kartu inspirasi yang ada.

photo 2-213

MomC sendiri heran karena C terlihat sangat tertarik dengan materi-materi “gifts” yang ada di dalam laci Spielgaben, dia eksplorasi isi dari satu laci ke laci lainnya dan semua laci ia eksplorasi. Melihat fenomena demikian, MomC jadi teringat salah satu wisdom dari doktor Maria Montessori mengenai “The Prepared Environment” di mana ia mengatakan bahwa keadaan suasana yang mendukung dapat menjadikan si kecil lebih mudah mengelola informasi selain itu Montessori juga mengatakan keindahan materi dan suasana di sekitarnya juga akan berdampak pada proses si kecil. Dalam metode pendekatan Montessori, disarankan untuk memberikan kualitas terbaik sebisa mungkin di mana anak dapat mengeksplorasi berbagai materi yang indah dengan berbagai pancaindra. Selain itu seperti seperti IMC-ers ketahui 6 tahun pertama adalah masa krusial untuk anak di mana oleh Doktor Montessori dikatakan sebagai periode “The Absorbent Mind” dimana anak menyerap segala sesuatu yang ia terima melalui berbagai panca indra.

photo 3-167

Selain itu, C juga otomatis mengabungkan berbagai materi dari laci yang berbeda-beda dan mulai membuat mobil, wagon, kereta api dll. Senang sekali melihat C mengembankan kreatifitas dan daya imajinasinya menggunakan loose parts yang sangat kaya dari segi warna, bentuk dan kualitas betul-betul membuat rasanya ingin berkreasi terus. Sama hal nya seperti momC waktu kecil kurang lebih berusia 6 tahun, GrandmaC tahu benar kalau MomC suka menggambar. GrandmaC lantas membelikan krayon buatan Switzerland kualitas terbaik saat itu bahkan sampai sekarang yang harganya cukup mahal bagi kami saat itu. Guess what? dengan menggunakan krayon favorit MomC itu, MomC semakin termotivasi untuk menggambar , berkreasi tanpa henti dan menjadi percaya diri terhadap lukisan MomC. Doktor Montessori pun pernah mengatakan bahwa dalam kegiatan seni dan lainnya baiknya kita sediakan materi terbaik yang bisa digunakan anak dimana hal tersebut mendukung eksplorasi anak lebih lanjut.

photo 2-214

“The first aim of the prepared environment is, as far as it is possible, to render the growing child independent of the adult.”

― Maria Montessori, The Secret of Childhood, 1966.

photo 4-137

Selain itu menggunakan The Spielgaben , kami dapat melakukan berbagai kegiatan untuk hampir semua kurikulum homeschool kami. Mulai dari mengajarkan konsep kuantitas, pengelompokkan, menyusun pattern, pembagian, perkalian, tambah-tambahan, pengurangan, geometri , dll.MomC sudah mulai kombinasikan juga kegiatan menggunakan The Spielgaben dengan kegiatan homeschool Montessori kami. Pengenalan konsep besar dan kecil, konsep jumlah, konsep dan kegiatan Montessori di rumah lainnya.

photo 2 (24)

Banyak sekali kegiatan open ended berkreasi bebas yang dapat dilakukan dengan materi yang berkualitas dan sangat kaya ini, hampir bentuk apa saja ada dan dalam jumlah yang memadai sehingga kami tidak pernah kekurangan materi saat mewujudkan imajinasi dalam membuat sesuatu.

photo 5-103

 

Materi yang indah dengan ukuran yang presisi serta cat yang aman bagi si kecil menurut momC adalah investasi jangka panjang untuk si kecil di kemudian hari. Selain itu, dengan adanya guideline bermain yang diberikan oleh Spielgaben, DadC atau pun Grandparents juga dapat mengajak si kecil bermain hanya dengan memilih salah satu kegiatan dari ribuan ide kegiatan yang sudah disiapkan oleh The Spielgaben. Guideline ini sendiripun yang menyebabkan The Spielgaben Series tidak dapat dibandingkan dengan mainan bentuk sejenis, karena betul-betul The Spielgaben set ini merupakan satu kesatuan rangkaian yang terkoneksi satu sama lain yang dapat digunakan untuk belajar berbagai aspek di rumah.

 photo 1-198

Selain itu saat kami bermain dengan bola-bola dan stik ini, mengingatkan momC dengan molekul-molekul punya DadC, wah berarti nantinya bisa juga digunakan untuk menjelaskan konsep ini. Senang rasanya memiliki mainan yang kokoh, awet dari generasi ke generasi dan juga sangat edukatif dan bermanfaat.

photo 5-104

photo 5-102

Kalau selama ini The Spielgaben baru dapat didapatkan di UK , USA dan Australia, sekarang The Spielgaben sudah bisa didapatkan di Asia, termasuk ke Indonesia. Selain itu khusus untuk pembaca setia IndonesiaMontessori.com , Spielgaben juga memberikan harga perkenalan special. Spielgaben akan memberikan potongan harga sebesar 11% khusus pembaca dan pelanggan IndonesiaMontessori.com .Selain itu bisa didapatkan di Spielgaben – Singapore dan dapat dikirmkan ke alamat anda di Indonesia (kurang lebih tiba dalam kurun waktu 4 minggu ke Jakarta).

Spielgaben-Banner

Cara mendapatkan harga khusus perkenalan dan potongan harga khusus pembaca IndonesiaMontessori.com , cukup e-mail langsung ke : info@spielgaben.com dan cantumkan di e-mail pesanan anda bahwa anda adalah pembaca dari IndonesiaMontessori.com , nanti kupon khususnya akan di email langsung ke e-mail anda.

Contoh Format Email (boleh anda copy untuk meminta kupon):

Dear Spielgaben.com,

I am one of IndonesiaMontessori.com reader, I am interested in buying ___ sets of Spielgaben Version 4.

Would you please inform me the special 11% coupon code for IndonesiaMontessori.com readers?

Berikut Detil Promosi Spielgaben.com Khusus IMC Readers yang sedang berlaku saat ini dengan jumlah sangat terbatas ,
Persediaan Terbatas Saat Ini: Hanya satu Unit per pelanggan (Pengguna langsung).

Pastikan nama dan data anda terdaftar oleh pihak Spielgaben.com sebagai pemilik unit Spielgaben dikarenakan hal ini diperlukan apabila suatu hari anda memerlukan bagian pengganti atau ingin upgrade versi terbaru dll.

Kebijakan SPIELGABEN saat ini hanya menjual ke pengguna Spilegaben langsung , dibatasi 1 Unit per 1 Pelanggan / Pembeli.

Harga Spesial IMC Readers total termasuk seluruh buku panduan dalam bentuk panduan versi cetak , termasuk ongkos kirim dan bea cukai ke Jakarta Pusat (kode pos 10120) adalah sekitar 535USD$.

Untuk pertanyaan dan juga biaya pengiriman lokal ke daerah lain selain ke Jakarta Pusat (perwakilan Spielgaben Indonesia), mohon email langsung ke INFO@SPIELGABEN.com

Baca Info Lengkap , daftar harga ke daerah-daerah di Indonesia serta kolom pemesanan langsung di web SPIELGABEN – INDONESIA (Khusus Dalam Bahasa Indonesia untuk IMC Readers)

——

Catatan:
*Artikel ini adalah artikel review sponsor , Spielgaben.com adalah sponsor dari IndonesiaMontessori.com . Semua opini, masukan, pendapat yang kami tuliskan sepenuhnya milik IndonesiaMontessori.com dan tidak dipengaruhi oleh hal apapun.
*IndonesiaMontessori.com Tidak menjual produk The Spielgaben, segala perihal mengenai pemesanan, pengiriman dll mohon hubungi langsung ke Spielgaben.com / Info@Spielgaben.com

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *