STEAM Inspired Activities with Morphun UK

MORPHUN Indonesia Review

Dear IMC readers, bagi yang setia ngikutin perjalanan kegiatan kami dengan C pasti notice kalau beberapa bulan terakhir ini C lagi suka dengan permainan konstruksi (Construction Toys) ya! mulai dari yang paling simpel yang C sudah mainkan dari usia 2 tahun sampai ia mulai memainkan yang untuk anak lebih besar dengan bagian-bagian bricks yang lebih kecil. Idealnya dimata kami sebetulnya something in between karena yang C mainkan sejak usia 2 tahun tampak sudah kurang “challenging” sedangkan dengan ukuran bricks lebih kecil tampaknya juga belum usianya.

So suami dan saya mencari-cari kesana kemari untuk mendapatkan solusi yang pas untuk C karena tentunya sebagai orang tua yang sangat peduli dan mendukung perkembangan C menggunakan berbagai kegiatan dan juga permainan dan aparatus edukatif kami penasaran. Apa iya sih ngga ada something in between? yang challenging tetapi pas untuk C yang baru berulang tahun ke 3 tahun ini. Namanya jodoh mungkin ga kemana ya, saat Morphun Indonesia memperkenalkan produk Morphun Bricks UK ini kami memilih untuk mencoba Morphun Junior Starter set dulu dengan bukunya. Kami dengan senang hati mencoba Morphun Bricks ini yang adalah inovasi terbaru dari para British Inventors yang memungkinkan patented Morphun Bricks dapat disusun ke atas, ke bawah, 2 dimensi, 3 dimensi sehingga memungkinkan membuat lebih banyak karya dengan jumlah bricks yang lebih sedikit.

morphun indonesia morphun UKSelang  beberapa saat setelah C mencoba, ternyata C dan kami berdua (MomC dan DadC) jadi ketagihan main ini terus bertiga karena itulah kami memutuskan kayanya perlu tambah variasi dan bricks….haha bahkan saat ini C dan DadC lagi main Morphun Bricks ini loh dari pagi sudah berjam-jam, kata DadC ia jadi kepikiran nambah lagi supaya bisa buat dinosaurus besar seperti di bukunya!

morphun indonesia seraphina educational centerAwal mulanya saya sendiri belum yakin C akan suka atau tidak dan ketika C mulai membuat-buat dengan ide-ide yang ia lihat dari buku-buku guidelinenya…..sayapun langsung senang sekali! bagaimana tidak karena memang pada usia 3 tahun ini kami ingin mengenalkan C lebih banyak lagi ke berbagai mainan konstruksi.

Ditonton ya! kali ini C memilih untuk membuat Van …

Tuhhh, rasanya gembira banget saya lihat C main Morphun ini, ia membuat berbagai macam design dari scratch dan bisa main berjam-jam loh (amazed!) Saya suka sekali dengan guide booknya karena meskipun nantinya diharapkan C bisa berkreasi lebih lagi sendiri, namun sebagai inspirasi bukunya ini betul-betul bagus dan memudahkan anak untuk mengerti langkah-langkah. Selain itu bisa dilihat di seri Junior bentuk bricks nya khusus ya, di sini jugalah C dapat mengasah kemampuan dexterity , membedakan kanan dan kiri, kemampuan menganalisa posisi, kemampuan spasial dan menyelesaikan masalah secara strategis (problem solving). Coba ya IMC readers bayangkan bagi kita mungkin terlihat mudah kreasi di atas, namun untuk seorang anak berusia 3 tahun banyak sekali step dan analisa yang harus ia lakukan. Pertama ia melihat gambar di contoh, what to do next? ia perlu memilih bricks dengan warna dan bentuk sesuai, mengorientasikannya secara tepat dan meletakannya di tempat yang sesuai dengan jumlah yang tepat.

imageSelain itu anak juga perlu menggunakan otot-otot jarinya untuk memasang Morphun bricks dengan presisi di gerigi yang tepat , motorik halus terasah begitupula kemampuan si kecil untuk mengkoordinasikan mata dan tangan terasah sekali dengan bermain Morphun bricks ini. Yang di atas ini saya berikan kegiatan di tray C untuk membuat karbon kopi design yang sudah saya buat..sekaligus mengasah kemampuan positioning dan orientasi C.

imageSuka nya lagi dengan Morphun Bricks karena lebih bebas berkreasi bahkan kami bisa membuat berbagai angka dan huruf , love love love these features so much! Thanks British Inventors , especially John Mott for inventing and patenting  this brilliant discovery! 

morphun bricks UK indonesiaSemakin yakin lagi karena ternyata yang suka bukan hanya kami melainkan Morphun Bricks juga diakui oleh berbagai ahli dan lembaga bahkan telah meraih puluhan medali dari berbagai lembaga internasional yang kredibel salah satunya Dr.Toy Best Building Toys, Pre-School Awards, Play Matters Award, Teacher Choice Award, Brain Child Award Winner dan masih banyak lainnya yang bisa IMC-ers cek disini. Lalu apa artinya sih “Award Winning Toys” well, mainan-mainan yang mendapat gelar dan award itu memang super spesial karena pada saat menyusun suatu ide baru, berbagai pihak dari berbagai area berkumpul melakukan riset dan terus menerus melakukan percobaan sampai ditemukanlah format yang paling sesuai untuk anak dan sesuai untuk usianya (Age appropriate) , mainan yang tidak sesuai usia dan juga kualitas yang membuat anak sulit memasang khususnya untuk permainan konstruksi bisa membuat anak ragu mencoba dan frustasi bahkan tidak mau mencoba lagi. Oleh karena itulah para ahli, profesor, guru, psikolog dan designer yang khusus diperlukan.

image

Selain itu tentunya mainan-mainan yang sudah memenangkan penghargaan internasional ini sudah memenuhi standar keamanan internasional lulus uji tes EN71, ASTM dan juga CPSIA. Terlebih lagi seperti yang mungkin bukan menjadi rahasia lagi bahwa standar keamanan negara Eropa saat ini masih menjadi salah satu yang terketat dan tertinggi di dunia. Morphun Bricks ini pun diproduksi di Eropa dan Thanks to SEC sekarang Morphun UK bisa didapatkan di Indonesia ! Seperti janji saya apabila C dan kami suka dengan produk yang satu ini , kami akan dengan senang hati mengenalkan super good news ini kepada semua IMC readers di seluruh Indonesia yay!! and here we are lucky IMC readers, SEC memberikan penawaran spesial voucher khusus IMC readers sebesar 100.000 IDR selama masa perkenalan dan promosi khusus untuk pembaca setia IMC.

imageDengan jumlah bricks yang relatif tidak terlalu banyak kami dapat membuat dan berkreasi membuat orang-orangan, hewan, mobil-mobilan, kapal dll . Betul-betul satisfying , We wish we can get 5000 pieces! haha husband is considering to get more now.

imageBetul-betul kegiatan STEAM (Science – Technology – Engineering – Art- Math) yang menarik dan mengasah berbagai segi ya, mulai dari sains seperti gravitasi, keseimbangan, stabilitas dll, mengasah kemampuan motorik halus dan juga mengenalkan anak pada konsep sebab akibat, membangun struktur, dasar matematika dan tentunya mengasah kreatifitas dan seni karena anak dapat bebas berkarya juga sesuai imajinasi mereka.

imageNah ini hasil karya open-ended nya C, ia membuat timbangan lalu ia membuat jembatan…ahh senang sekali mendengar C berkarya dan menjelaskan ide dan hasil karyanya dengan mata berbinar-binar dan bangga.

We are proud of you dear and we are so happy for you!

image

Art? yes you can, ceritanya ini kebun bunga terinspirasi dari Talented French Artist, Monet…hihihii kebun bunga ala Monet…berjudul “Water Lilies” by Claude Oscar Monet

imageYang ini 100% karya C , ia excited mencoba buku panduan yang Morphun Advanced dengan pernak pernik yang lebih banyak dan memungkinkan lebih banyak membuat struktur. Ia bangga sekali dengan yang satu ini, langsung dikasih liat fotonya ke grandparents C hehe.

imageOh hello giraffe! amazing sekali ya dari beberapa jenis bentuk saja tetapi bisa dibuat berbagai design seperti ini, oh oh oh kita bertiga betul-betul lagi kesengsem dan kecintaan banget dengan yang satu ini. Semoga semakin banyak lagi teman-teman di Indonesia yang mengenal produk keren yang satu ini ya. Thanks SEC sudah membawa dan menjadi representasi Morphun UK di Indonesia, it is a wonderful learning tool indeed.

imageNah kalau saya diminta rekomendasi untuk memilih produk yang mana dulu? saran saya untuk anak usia 2.5-3.5 tahun bisa dimulai di coba Junior Set yang sedang ada promosi di SEC. Setelah dicoba ternyata suka banget seperti kami? boleh ditambah yang Advanced Set. Advanced set memiliki bagian-bagian lebih mendetil dan disarankan untuk anak 4-5 tahun ke atas. Selain itu untuk anak berusia 2.5-3 tahun tidak perlu khawatir karena bentuknya yang besar dan bisa digabung dengan produk-produk bricks lainnya loh! Khusus untuk IMC Readers selama masa promosi perkenalan dari Authorized Morphun Indonesia, SEC ,dapat mendapatkan voucher sebesar 100.000 IDR dengan memasukan kode voucher : IMCMORPHUN saat checkout di SEC ya! Don’t miss it!

Bagi IMC Readers yang mau tukeran ide atau mau intip ide main IMC dengan Morphun sekarang dan dibulan-bulan mendatang bisa intip hashtag #MorphunWithIMC di instagram @indonesiamontessori ya. Nanti kalau udah buat-buat sertakan #MorphunWithIMC yang biar kita-kita bisa saling memberi ide dan inspirasi bermain nantinya. Have Fun playing with MORPHUN ,ciao mau main lagi sama C dan DadC dulu ya!!

image image

(source : morphun.com)

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *