Stimulasi ala Montessori dan Perkembangan Bayi 2 Bulan

Hi all, seru banget ya pastinya habis liburan lebaran kemarin bersama keluarga! bulan Juni kemarin Baby C2 udah 2 bulanan dan jalan ke 3 bulan…masih tetap kurang tidur…karena tiba-tiba jadi bangun lebih sering lagi hehee…mungkin sedang mengalami fase-fase perkembangan yaaa…jadi lebih aware.

 

Di bulan kedua ini banyak sekali perkembangan yang dialami oleh bayi salah satunya adalah kemampuan mereka untuk mengenal pola di sekitarnya dan di dalam dirinya sendiri. C2 menjadi lebih aware terhadap sekelilingnya, suka melihat ke arah jendela dan suka banget kalau diajak jalan-jalan.Nah perubahan inilah yang terkadang membuat C2 mungkin bingung kali ya , kok kayanya banyak hal-hal baru yang ia temui, eksplorasi dan juga belum familier. Tiba-tiba saja di usianya yang kedua bulan ini C2 dapat melihat, mendengar, mencium, merasakan dunia sekitarnya dengan cara dan sensasi yang berbeda. Karena itu jugalah C2 jadi seakan-akan lebih fuzzy…hehehe kalau tadinya saya tinggal mandi sendiri dia ok ok aja, sekarang pastinya lebih nyariin deh…di masa-masa perkembangan seperti ini seakan-akan little baby C2 mencari sumber comfort dia ya, yaitu mommynya. Kalau diperhatikan biasanya jadi lebih fuzzy dan sensitif kalau lagi mau belajar hal baru ya…terus tiba-tiba aja nanti udah tengkurap sendiri, duduk, dll.

Salah satu cara yang ampuh untuk saya di masa-masa ini biasanya saya ajak C2 massage, dia suka banget deh kalau massage hehehe…mungkin menurun dari mommynya ya!

 

Antara minggu ke 7 sampai dengan minggu ke 9 biasanya bayi menjadi lebih sering menangis, ga nafsu minum, bobo terbangun terus, maunya dekat dengan mommy / daddy terus…kebayang ya hehe challenge pribadi saya di bulan kedua ini ternyata masih heboh!

Rasanya saya perlu lebih semangat dan tertib membagi waktu dan ga slacking gitu loh…ketika C2 tertidur, langsung gantian saya menemani C1…haha kalau dulu ketika C1 tertidur saya suka ikut-ikut tidur, eh taunya sekarang ga bisa ya!!!

Milestone perkembangan bayi 2 bulan :

  • Dapat mengangkat kepalanya ketika sedang bangun
  • Dapat menggerakan kepalanya ke arah benda yang menarik perhatiannya
  • Dapat menggerakan kakinya dengan lebih aktif
  • Terlihat seperti ingin duduk
  • Memiliki lebih banyak ekspresi
  • Berusaha mengambil benda/mainan yang ada di dekatnya tapi biasanya belum berhasil
  • Berusaha menyentuh benda di dekatnya tapi belum menggengamnya
  • Memperhatikan dan mengenal tangan, kaki, lututnya sendiri
  • Suka memperhatikan orang-orang yang bergerak dan berjalan di sekitarnya
  • Suka kalau ada anak-anak main didekatnya
  • Suka melihat ke arah benda dengan warna kontras dan berpola
  • Suka mendengarkan suara, nyanyian
  • Mulai mengeluarkan lebih banyak lagi suara
  • Seakan-akan “ngobrol
  • Membalas senyuman

Challenge saya sebagai working from home mom itu haha ya heboh setiap harinya antara “curi waktu” saat anak-anak nap untuk mengerjakan sesuatu dan juga menyiapkan kegiatan C1. Rasanya penting banget efisien dan praktis di segala hal….I only have few minutes here and there to do things. Akhir-akhir ini saya menemukan trik baru hehehehe…dengan semakin berkembangnya indra C2 tentunya ia semakin ingin eksplorasi ya, nah minggu-minggu ini saya bisa kerjain berbagai hal dengan C2 saat ia bermain-main di play gym nya….saya hitung maksimal dia bisa main-main di situ (dengan saya di dekatnya) sekitar 15-20 menit… C2 ngajakin ngobrol mainan-mainan gantungnya, latihan menendang-nendang dan mengeluarkan suara-suara yang semakin adorable hehe.. jeda 15-20 menit ini lah yang biasa saya isi dengan menyiapkan quick activities lainnya untuk C1 dan juga secepat kilat membalas e-mail. Multitasking is a must sih menurut saya …konsentrasi kadang terpecah memang haha tapi dengan growth mindset yang saya percayai, it will only get easier and better. Di bulan kedua ini C2 juga sudah mulai menggunakan popok Merries size S! Senang banget deh rasanya naik kelas ke size berikutnya karena artinya meskipun challengeing awalnya tapi berarti nutrisinya cukup yayyy!! dengan popok Merries yang sangat lembut dan anti bocor C2 lebih betah main-main di gym area nya karena permukaannya yang halus dan kering mempermudah C2 latihan menggerakan bagian-bagian tubuhnya ūüôā Keep it up C2 ! Salah satu happiness C2 itu kalau mendengar kata “massage” haha ia selalu tersenyum lebar kalau dengar dirinya mau di-massage ughhh kalau kata suami saya, kok persis sama Mommynya ya? hahahaa setiap pagi sebelum memandikan C2 biasanya saya massage dulu menggunakan minyak kelapa alami dari my mom. Disitulah saya menyadari (again) kalau kulit bayi itu lembutttt dan halus banget ya, duh I wish my skin is still like that! hahahaa ternyata memang betul kalau kulit bayi itu 50% lebih tipis dari kulit kita orang dewasa loh Moms, maka dari itu kalau lembab akan mudah menyebabkan iritasi huhuhu..dengan permukaan yang lembut bergelombang serta daya serap yang tinggi nya popok Merries, thankfully C2 belum pernah iritasi sampai saat ini.

3 Permainan ala Montessori yang C2 sukai bulan ini :

  1. Touch n” Explore

Pada fase ini C2 semakin aware terhadap sekitarnya dan mainan terbaik saat ini adalah benda-benda “real”di sekitarnya. Banyak benda-benda yang sudah ada di rumah kita sebetulnya yang bisa dijadikan permainan dan alat stimulasi untuk bayi loh!

kegiatan stimulasi bayi montessori Tujuan untuk bayi berusia 2-6 bulan yaitu untuk mengenalkan tekstur, meningkatkan kemampuan bayi untuk eksplorasi dan belajar sendiri, meningkatkan rasa ingin tahu serta meningkatan konsentrasi.

2. Storytime

Yang satu ini never gets old ya, semakin aware C2 dengan bunyi-bunyian dan ekspresi wajah, semakin pula ia ingin berusaha berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. C2 akan senang sekali ketika saya membacakan cerita, bernyanyi (meski ga bisa nyanyi) , ya pokoknya omong-omong sama dia….dari sinipun bayi sudah belajar mengenal berbagai hal dan saya percaya fase-fase awal ini merupakan fase attachment yang penting untuk self-esteem bayi di kemudian hari. Semakin kita attentive dan caring terhadap keperluan si kecil, semakin secure dan percaya dirilah si kecil di kemudian hari. Semakin kita perhatian dan berusaha nurturing, semakin smooth juga “separation anxiety” di kemudian hari.

 

3. Hands and Feet Play

Di saat-saat ini, C2 sudah tidak menggunakan mitten dan juga kaos kaki digunakan hanya pada saat diperlukan. Kebanyakan waktu di rumah (dengan suhu temperature ruangan) saya biarkan tangan dan kaki C2 bebas , di saat ini sesuatu banget bagi bayi seusia C2 untuk memerhatikan dan berkenalan dengan tangan dan kakinya sendiri. Moms bisa memberikan pita ataupun benda lainnya seperti bel di kaki atau di tangan si kecil (dengan supervisi penuh!). Pasti ia akan semakin excited menggerak-gerakan tangan dan kakinya…karena cause and effect nya jadi semakin terasa ya! ketika ia menggerakan tangannya eh ada pita-pita yang bergerak, ataupun ketika si kecil menendang lalu ada bunyi bel!

 

Kenyamanan dan juga perasaan disayangi tanpa syarat itu sangat penting di usia-usia dini, personally saya ga percaya dengan yang namanya bau tangan. Mungkin setiap orang tua dan generasi memiliki pengalaman yang berbeda-beda, namun saya percaya secure attachment yang kuat di masa awal akan meningkatkan kepercayaan diri anak dan bekal untuk hidup kedepannya. Happy trying! #IMCMerriesMontessoriBaby 

 

 

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *