Stimulasi Bayi Montessori Usia 6 Bulan Ke Atas

 

Taaaa….daaaaaa C2 sudah bisa berdiri dan merambat loh!! rasanya baru kemarin mau melahirkan C2 dan sekarang C2 sudah 7 bulan. Sudah perlahan mulai MPASI dan semakin aktif hehehee…sekarang C2 juga selalu mau ikutan kemana-mana. Kalau ditinggal sebentar saja ke kamar mandi, ya tentunya C2 merangkak datang ke Mommy hahaha…yang pasti semakin suka becanda dan jalan-jalan merambat sambil berpegangan di pinggir sofa ataupun ranjang.

 

I have to be honest, so far I am still struggling juggle between these two…memang jarak usia mereka 5 tahun namun keduanya ada di fase yang berbeda…kalau C1 sudah memasuki second plane of development , C2 baru saja memasuki first plane of development. Keduanya sama-sama penting, keduanya sangat butuh perhatian hahahaa….aduhhh rasanya kadang ga tau lagi musti bilang apa…karena setiap mau keluar rumah itu harus direncanakan dahulu dan mungkin disitu ya challengenya..karena saya merasa jadi seperti family planner uhuukkk!!!

Tips Stimulasi Bayi Usia 6-9 Bulan

 

Moms, di usia 6-9 bulan, perkembangan dan kemampuan si bayi tentu semakin bertambah ya.  Apa saja sih aktivitas yang bisa dilakukan sebagai sarana stimulasi untuk si bayi? 

Aktivitas Stimulasi Bayi Usia 6-9 Bulan

 

  • Bermain ‘hide and seek’

 

Sembunyikan mainan atau buku favorit si kecil di bawah selimut di tempat tidur anda. Lalu ajak si kecil untuk bersama-sama mencari mainan atau buku tersebut di sekitar kasur anda. Kegiatan ini akan melatih otot tangan dan kaki si bayi sekaligus mempertajam penglihatannya dalam menemukan sebuah benda tersebut.

 

  • Bernyanyi sambil bertepuk tangan

 

Bisa dibilang, hampir semua bayi sangat suka bertepuk tangan, apalagi jika dilakukan sambil anda menyanyikan lagu kesukaan si kecil. Aktivitas sederhana ini bermanfaat untuk melatih koordinasi tangan dan jari si bayi sekaligus melatih ia berbicara (bubbling) melalui lagu yang anda nyanyikan untuknya.  

 

  • Menyusun balok sederhana

 

Pilih mainan balok berwarna-warna yang ringan dan tentu aman untuk bayi. Biarkan si kecil meletakkan sendiri balok-balok tersebut dengan susunan yang tentunya belum rapi. Sambil ia mencoba meletakkan satu balok di atas balok lainnya, beri tahu si kecil tentang warna-warna dari balok tersebut. Lalu apa sih kegunaan dari permainan ini? Selain melatih gerakan motorik halus si bayi, kegiatan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan koordinasi antara mata dengan tangan dan jarinya.

 

 

  • Bermain bola pantai

 

Beach ball atau bola pantai umumnya terbuat dari plastik dengan ukuran yang cukup besar. Lantaran teksturnya yang cenderung lembut inilah, mainan tersebut sudah boleh diberikan pada anak dengan rentang usia 6-9 bulan lho moms. Oper bola itu dengan tangan anda lalu minta si kecil untuk mengambil bola itu kemudian mengopernya kembali ke anda. Manfaatnya adalah melatih kemampuan motorik serta koordinasi antara tangan dan matanya.

Perkembangan Motorik Bayi Usia 6-9 Bulan

Pada umumnya bayi mampu :
*Merespons serta membedakan suara anda saat senang, serius, atau marah.
*Senang memukul mainannya dan belajar menggunakan jari serta ibu jarinya untuk membuat gerakan menjepit.
*Mulai berputar penuh dari depan ke belakang atau sebaliknya serta mulai belajar merangkak.
*Gemar menjatuhkan barang dari genggamannya lalu berusaha untuk menarik tali yang menempel di mainannya….mereka mulai eksplorasi sebab akibat…here we go our little scientist!
*Secara otomatis ia akan membuka dan menutup mulutnya saat melihat anda makan.
*Berusaha untuk belajar berdiri dengan menggapai-gapai kursi atau berpegangan pada sesuatu.
*Mulai mengucapkan kata pertama meskipun belum bisa dilafalkan dengan jelas.
*Tertarik untuk menaiki anak tangga.
*Mulai dapat menyusun balok-balok sederhana.


Sebagian bayi mampu :
*Mencari barang-barang yang semula ada dalam genggamannya dengan merangkak ke segala arah.
*Makan dengan tangan sendiri tanpa bantuan.
*Minum sendiri menggunakan training/ sippy cup.
*Mulai mengenali lingkungan terdekatnya dan tak mau berinteraksi dengan orang yang belum ia kenal/ orang asing.

Selain semakin aktif eksplorasi kesana kemari, C2 juga semakin penasaran dengan segala sesuatu disekitarnya loh! ia bahkan mengerti dan terkadang mengatakan “puupuuu”artinya C2 udah perlu ganti diaper nih! kalau dulu C2 masih menggunakan Merries diaper dengan perekat, sekarang C2 sudah naik kelas menggunakan Merries pants @merriessmile yang mudah digunakan karena bisa sambil berdiri! selain itu daya serapnya yang super dan permukaannya yang sangat lembut membuat C2 bebas eksplorasi #IMCMerriesMontessoriBaby setiap hari. Oh ya, dalam rangka menjelang akhir tahun waktunya untuk stock up Merries diapers nih, banyak banget promo spesial yang bisa cek di sini.

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *