Sunday is Our Family Cleaning Day , How About You?

It is SUNDAY again!

Weekend adalah momen-momen favoritku hihiyyyyy, kenapa ? karena suami di rumah…yay jadi bisa ada teman ngobrol non-stop dan C senang banget karena bisa board game marathon, main sepeda, berenang,bermain segala macam hal deh sampai tak umpet! Pada saat acara The Launching RMRJ (Real Mom Real Journey) 2 minggu lalu di Jakarta ada salah satu pertanyaan yang saya masih ingat betul yakni :

“MomC , untuk melakukan semua yang mom lakukan pasti ada yang dikorbankan? apakah itu?”

Dan jawab saya : “Ekspektasi saya…” hahaha lalu saya lanjutkan dengan bagaimana saya mencoba berdamai dengan standar baru dalam seluk beluk rumah tangga seperti setiap hari Minggu sore kami bersama-sama melakukan domestic chores Hu UH!!!!!

Pertama-tama tentang FOOD , btw saya baru aja keracunan makanan huhuhu makanya beberapa hari ini saya terkesan pendiam (eh , ga juga deh ya!! masih ngejayus aja di @indonesiamontessori sambil main boomerang doh!) ok, back to Meal Preppin’ ! Minggu sore adalah waktunya untuk Meal Preppin’ , Non-stop Laundry , Ngepel ringan.

Daging-daging mengalami treatment masal sudah di marinade, saya bagi-bagi ke berbagai wadah untuk dipakai sekali masak, dibekukan, jadi besok-besok selain sudah lebih meresap sudah per porsi juga. Jadi istilahnya kalau sibuk melanda ga perlu motong-motong daging lagi di hari sibuk. Selain itu semua persedian makanan yang staple dan sudah jelas dibutuhkan seperti untuk sarapan sudah ada. Selain itu kaldu ayam di masak di bagi-bagi ke beberapa cube dan dibekukan, jadi kalau besok-besok mau masak sup, udah ada deh!

Untuk laundry, biasa saya dibantu C dan suami untuk mencuci 5-6 batches Laundry (he eh banyak banget hix). Saya minta C untuk coba mendesign Laundry Separator Machine hahaa…sambil nyalain candles dan musik aja ya jadi kayak ngafe sambil olah raga , berdoa semoga berotot…

Selanjutnya bagian yang menurut saya perlu sering dibersihkan namun jujur agak ribet, yakni kamar mandi. Setiap hari pasti digunakan beberapa kali sehari ya? terlebih lagi untuk saya yang hampir setiap hari keramas. Saya ga betah banget lembab dan panas kan di sini…so I ended up keramas setiap harii…supaya segar…hehehee nah tapi setelah keramas dan mengeringkan rambut menggunakan pengering rambut biasanya ada helaian-helaian rambut b berjuntai, berserakan di lantai kamar mandi, bayangkan kalau yang ini ga langsung dibersihkan…Ughhh bisa-bisa dalam 3 hari saja sudah jadi gundukan rambut HIyy!!!!! dulu sempat terpikir apa saya perlu menggunakan selotape besar ya? supaya langsung merekat dan dibuang setelahnya….namun ternyata ga praktis! sekarang bersyukur banget banget sudah masuk ke Asia tongkat ajaib bersih-bersih kesayanganku. Ringan dan langsung mengangkat rambut-rambut itu!

BTW, about hair….percaya ga ? saya ga pernah nyisir !!! hahahaahaha ajaib emang….I also don’t see the reason why I need a comb. Ya dengar-dengar sih melancarkan peredaran darah di kepala…tapi saya ga punya sisir dan sehari-hari ga pernah nyisir karena kayanya disisir dan ga disisir kok sama aja ya? jadi ya udah saya ga sisir aja…haha.. kecuali kalau ke salon, disisirin baru beda dikit. LOL! Jadi setiap hari saya keramas lalu saya keringkan pakai pengering tanpa sisir saya gerak-gerakan aja ke kanan ke kiri udah deh kering dan mengembang.

Ada beberapa tip survival bersih-bersih rumah di buku Real Mom Real Journey yang baru saja rilis , salah satunya yaitu melibatkan anak. Selain ini Montessori banget, alasan berikutnya karena kalau ga dilibatkan malah digangguin. Jadilah C juga memiliki perangkat bersih-bersihnya sendiri yang harus sama persis sama saya. Kalau beda, C tetap akan menginginkan yang saya gunakan.

Selain membersihkan kamar mandi setelah keramas dan mandi sehari-hari, kami juga suka melakukan kegiatan di kamar mandi terutama yang ada air-airnya. Alasannya si mudah saja ya, supaya mudah bisa langsung kami bersihkan kan? nah kalau sudah begitu saya biasanya bawa sensory bin C ke kamar mandi, atau C bisa mandi-mandi dengan slime dan baru setelahnya dibersihkan deh.

Kalau untuk debu-debu dan rambut yang ada di sudut-sudut saya biasanya menggunakan Dry Sheet Magiclean Wiper , mikrofibernya betul-betul menangkap semua debu dan rambut-rambut di lantai. Debu dan rambut jadi ga bertebangan kesana-kemari dan hanya berpindah dari satu tempat ke tempat lain tapi ditangkap.

Seperti ini nih bahannya, teknologi dan buatan Jepang dan tisu kering ajaib ini memiliki mikrofiber 3 dimensi yang langsung menangkap debu dan rambut. Super thankful bangettttt…membersihkan rambut , serpihan make up , bekas sensory play di kamar mandi jadi easy peasy dan ga berat….ga kebayang ya kalau saya harus memeras, mengepel sambil menjongkok saya bisa pegal-pegal.

Selain itu di Singapura kami tinggal di condominium jadi bukan landed house, jadi bersih-bersih pun bisa saling lihat pemandangan ke bawah gini ya!!! hehehehee selain lantai, saya juga menggunakan tisu keringnya untuk membersihkan jendela-jendela nan tinggi yang tidak terjangkau oleh saya yang petite ini…super senang juga karena selain ringan , bisa berputar 360 derajat, bisa di adjust ketinggiannya, kalau mau super tinggi dipakai saja semua stiknya, kalau mau sedang saja ya dipakai sebagian saja. Saya selalu into banget terhadap segala sesuatu yang membuat hidup saya lebih mudah dan praktis .

Bagaimana tidak? sebagai ibu sibuk tentunya kita harus pintar-pintar memilih ya, mau spend brapa jam untuk bersih-bersih? berapa jam untuk bermain dengan anak? ngobrol dengan suami? diri sendiri? memasak? bekerja? membaca buku dan mengejar mimpi kita sendiri? ya kan ? Bagi saya semuanya harus seimbang, saya lebih baik semuanya berjalan bersamaan dan seimbang dan membagi waktu equally , maka dari itu saya perhitungkan segala sesuatunya dan saya gunakan segala sesuatu hal yang bisa membuat waktu saya dengan keluarga kecil saya lebih banyak.

Maksudnya : kalau bersih-bersihnya lebih cepat, waktu bermain sama keluarga kan lebih banyak, setuju?

Yay, Big thanks to all my beloved readers! senang sekali hari ini dikirimkan foto ini, buku Real Mom Real Journey masuk ranking 2 dari top 10 Gramedia Wohooo…semoga buku ini bisa menjadi sahabtmu dikala bingung, baper dan galau ya! and know that you are NOT Alone! #IMCRealMomRealJourney

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

1 Comment

  • MomC, itu rambut nya cantik sekaliiii. Ga pakai sisir aja sdh rapi aku ngebayanginnya, tinggal dikibas2kan macam iklan shampo di tv2 gitu hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *