Pursue your passions..

Ga pernah nyangka si abang mampu berada di tahap ini.. Yang kenal sama abang pasti tau maksud manda 😊
Sempat mogok sekolah ga mau naik level TK 0 Besar sehingga manda nekat memutuskan abang home schooling mandiri dirumah walo gada pengalaman bahkan ga tau mesti ngapain, kondisi masih bekerja juga.. Pulang kantor malam langsung aktivitas lanjut siapin aktivitas besoknya..dst.. Modal browsing sana sini dan sempat ketemu bbrp metoda yg menarik perhatian manda.. Salah satu yang menjadi sumber inspirasi selama periode itu sampe sekarang adalah @indonesiamontessori
Selama 1 tahun home schooling mandiri ini, manda dan keluarga besar terus briefing ttg sekolah, mencari tau apa apa yg membuat abang tidak nyaman, sesekali main ke sekolahnya skr biar menyesuaikan diri dan meringankan langkahnya.. Back up juga, manda udah cari sekolah home schooling in case cara kami tidak berhasil mengkondisikan abang dg suasana dan tempat baru abang nantinya.. Butuh keberanian yg luar biasa tidak hanya si abang tp juga kami selaku orang tua.. Untungnya kami berada di keluarga besar yg menghormati keputusan kami dan mengsupport kami.. Finally sekarang, si abang menyelesaikan tahun pertamanya di Sekolah Dasar.. Yeay.. Tahun pertama ini tahun harap harap cemas kami sbg orangtua.. Bisakah abang mengikuti ritme sekolah, bisakah abang ini.. Bisakah abang itu.. Konsultasi dengan wali kelas, dan juga nino nya juga yang monitor setiap aktivitas selama sekolah.. Setiap akan ada aktivitas, diusahakan briefing dl sehingga si anak ada gambaran akan suatu event atau kegiatan.. Tidak pernah ada target juara, as long as he enjoy it sdh cukup bagi kami.. Bahkan klo nino kerumah rajin kasih wejangan ke abang klo Rangking bukan prioritas yang penting abang bisa enjoy dg proses belajarnya.. Bahkan ujian kenaikan kelas lalu tiap ditanya ke nino jdwl ujiannya apa biar tau nanti belajar apa, eh jawabnya ga usah belajar biar Rafa isi apa yg dia tau dan faham saja selama proses belajar mengajar selama ini.. Dalam hati manda langsung bilang, duuuuhhh enak banget si abang gada tuntutan harus rangking dan belajar utk ujian.. Tapi pas manda inget2, iya rasanya dulu manda juga ga pernah dituntut juga deh.. Cuma krn anak sulung dan pengen nyenengin ortu ya taunya cuma dg rangking deh bagi anak anak jaman manda kecil dulu..

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).