Pink Tower (Menara Merah Muda)

Pink Tower (Menara Merah Muda)

Pink Tower  terdiri dari 10 kubus balok kayu yang dimensi ukurannya naik 1 cm pada setiap sisi nya. Kubus tersebut akan bertambah ukurannya dalam 3 dimensi baik panjang, lebar dan tinggi. Kubus balok kayu terkecil berukuran 1 cm pada setiap sisinya (1 cm x 1 cm x 1 cm) dan yang terbesar berukuran 10 cm setiap sisinya (10 cm x 10 cm x 10 cm). Semua kubus balok nya berwarna sama supaya lebih dapat menekankan konsep besar kecil ke anak.

Presentasi Pink Tower termasuk Grading (Menilai) dan mengenalkan konsep besar kecil suatu benda dengan variasi ukuran tiga dimensi. Anak diberi contoh presentasi lalu diminta untuk membandingkan dan membedakan perbedaaan kubus balok kayu tersebut dan menyusunya dari yang terbesar ke yang paling kecil.

guna dan tujuan pink tower indonesia montessori pendidikan anak usia dini indonesia

     "The most common error made by the children in playing with these blocks at first ,is that of placing the second cube as the base and placing the first cube upon it, thus confusing the two largest blocks." - Maria Montessori

Apa sih tujuan kegiatan menyusun Pink Tower ?

Gunanya adalah untuk mengasah diskriminasi visual anak pada tiga dimensi yang meliputi panjang , lebar dan tinggi.

Selain itu, juga dapat digunakan untuk nantinya mengenal konsep panjang , lebar dan tingi serta untuk mengasah motorik halus dan kasar.

Berapa Usia Yang Direkomendasikan?

2.5-3 tahun ke atas

Poin Kegiatan Yang Juga Penting :

Anak dapat merasakan dan membedakan betapa ringan atau betapa berat kubus-kubus balok kayu tersebut saat dipegang oleh anak.

Pengenalan Apa Yang Dapat Dilakukan?

Besar , Kecil

Kecil , Lebih Kecil, Paling Kecil

Besar, Lebih Besar, Paling Besar

Selain disusun secara vertikal, dapat juga disusun secara horizontal dan juga ekstensi dan variasi lainnya yang akan saya bahasa di artikel selanjutnya.

Dapat diunduh dah di cetak juga printable Pink Tower untuk mencocokkan kubus-kubus kayu dan kegiatan lainnya Pink Tower Cards dan Kartu Montessori Menara Merah Muda dari Montessori Moms. Semoga berguna dan dapat digunakan untuk kegiatan sensorial PinkTower ini.

cara main presentasi penjelasan pink tower montessori indonesia

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).