Tips Bijak Bersosial Media Tentang Si Kecil

Yuk, Bijak Bersosial Media Tentang Si Kecil!

Sebagai Moms, anda tentu sering kan memposting foto ataupun video aktivitas si kecil di sosial media pribadi seperti Instagram, Facebook, Path, Twitter, dan lain sebagainya. Mulai dari si kecil yang sedang makan, bermain bersama teman, atau tengah mengunjungi obyek wisata tertentu. Sebetulnya boleh tidak sih kita mengunggah foto-foto pribadi anak untuk dikonsumsi publik? Jawabannya tentu boleh dong ya moms tapi tentu ada aturan mainnya. Seperti apa ya kira-kira cara bijak dan amannya? Yuk sama-sama ikuti langkah berikut ini.

1.Sebelum mengunggah foto atau video ke akun sosmed, ada baiknya anda mengeditnya terlebih dahulu dengan memberikan watermark atau digital print. Tujuannya tentu saja untuk mencegah postingan tersebut disalahgunakan atau diunggah ulang oleh pihak-pihak yang tak bertanggungjawab.

2.Selalu gunakan privacy settings sebelum memposting foto atau video tentang anak di seluruh akun sosmed anda ya moms. Ini agar hanya orang-orang yang mengenal anda dan keluarga yang bisa melihat foto atau video tersebut.

 

3.Jangan menerima ajakan pertemanan di semua akun sosmed anda dengan setiap orang yang anda tak kenal dengan sungguh-sungguh ya!

Nah setelah mengetahui aturan dasarnya, kita juga harus tahu ya bahwa ada beberapa foto anak yang tidak boleh anda bagikan di sosial media manapun milik anda. Foto apa saja sih yang DILARANG kita share?

 

  • Saat anak mandi

 

Setiap foto yang menunjukkan sebagian atau seluruh bagian tubuh anak yang telanjang seperti saat ia sedang mandi tidak untuk dipertontonkan ke orang lain ya moms. Pasalnya di luar sana banyak sekali predator seksual yang memburu foto seperti ini. Hiiiii serammm…Moms sendiri ga mau lah ya di post gitu? hahahaa…jadi sama ya intinya…

 

  • Saat anak sakit

 

Dalam kondisi sakit, wajah dan ‘bentuk’ tubuh anak tentu tidak dalam kondisi yang cerah dan ceria. Ia tampak kelelahan dan kurang bergairah bukan? Nah foto seperti ini juga sebaiknya tak perlu anda share di sosmed lho.

 

  • Saat anak toilet training

 

Foto saat si kecil melakukan hal privacy seperti saat buang air besar maupun buang air kecil juga bukan sesuatu yang layak untuk diumbar ke publik ya. Share kabar gembira wajar kalau anak kita sudah mandiri dll, tapi menurut saya agak gone overboard ya alias TMI *Too Much information* kalau sampai di visualisasikan, pertanyaanya kembali ke diri sendiri. Moms mau di foto dan di share dalam keadaan tersebut? Respek intinya ya…

 

  • Saat bersama teman-teman

 

Selama ini kita mungkin sering ya memposting foto saat anak tengah bersama kawan-kawan sekolah atau saudaranya tanpa meminta izin pada orang tua lain yang anaknya ada di foto tersebut. Sebetulnya ini tak boleh lho moms. Nah mulai sekarang selalu tanya orang tua teman-teman si kecil dulu sebelum anda menggunggahnya ya. Saya selalu menanyakan even pada teman dekat saya , boleh ya saya post? kalau tidakpun yang saya post biasanya hanya tampak atas, tampak belakang dan tidak FULL FRONTAL gitu yaaa….

 

  • Hal pribadi yang detail

 

Foto yang menyangkut nama sekolah, nama lengkap, alamat rumah, alamat sekolah, atau nomor telepon jangan dibagikan ke sosmed ya moms. Demikian juga pemberitahuan yang bilang bahwa anak sedang sendirian di rumah merupakan hal yang PANTANG disharing ke sosmed.

 

  • Aktivitas yang tak pantas

 

Mungkin suatu hari lalu anda pernah iseng membiarkan si kecil memegang botol bir lalu melakukan wefie bersamanya. Seriously!!! Kalau untuk konsumsi pribadi dan lucu-lucuan untuk ditunjukkan ke suami sih gak papa ya. Tapi untuk diposting ke sosmed? It is a big no no!

Let me be frank to you Moms, we are smarter than that and it is NOT FUNNY! So from now, let’s be wise and treat our little one as we want to be treated. Mau ga yah foto-foto AIB lama kita disebar ? hahahaha aduh Vin , hamil-hamil masih berimajinasi aja deh! Seriously , semoga share ini membantu ya!!! Saya concern banget soalnya….huhuu…

parenting quotes

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *