Tips Berlibur ke Pantai Dengan Anak – Caribbean Getaway

Tips Berlibur ke Pantai Dengan Anak

Our Own Version of Pirates of Caribbean Getaway

 

Beberapa bulan yang lalu kami sempat berpergian ke pantai , dan kali ini ke pantai-pantai di kepulauan Karibia. Pesawatnya sendiri dari LAX (Los Angeles Airport) total kurang lebih 9.5 jam dengan 1 kali berhenti di Florida. MomC seperti biasa udah siapkan segala macam aktifitas dan permainan serta  buku dan snacks untuk selama di perjalanan, mulai dari buku-buku kecil, puzzle kecil, crayons, mobil-mobilan dll. Untungnya ternyata 9.5 jam total perjalanan lumayan OK untuk C jadi bisa dibilang smooth sailing dia duduk sendiri , main-main dan juga mewarnai dll. Kali ini MomC mau mengulas tentang tips berlibur / liburan bersama si kecil terutama dengan destinasi pantai , yay!

Destinasi kami kali ini adalah Pantai Condado di San Juan , Puerto Rico dan kami akan berlibur di resort di sana selama kurang lebih 1 minggu penuh.

Barang-Barang esensial apa saja yang saya bawa untuk C pada liburan kali ini?

* Sunscreen SPF 30 ke atas UVA / UVB Broad Spectrum

* Baju renang dan Celana renang

* Vitamin Powder

* Echinacea drops

* DHA drops

* Cadangan Acetaminophen & temannya si termometer

* Diapers , Wipes, Sabun dan Shampoo C

* Cadangan susu bubuk organik

* Snacks untuk C

* Berbagai crayon , busy bags C dan buku-buku C yang tipis

* Wet Shoes / Sendal untuk ke pantai

* Topi Pantai

* Baju dan celana ganti santai untuk C

* Jaket tipis untuk C

* Beberapa mainan pantai untuk C

* Ban renang , Pelampung lengan

* Poncho / Jas Hujan

* Payung Lipat

* Minyak Kayu Putih

Sedangkan untuk Mom dan Dad C itu super simpel aja beberapa kaos-kaos dan juga baju tidur , that’s all…berlibur ke pantai yang pasti kamera, kaca mata hitam, baju renang, sunscreen , lipbalm, dan sendal.

Semua keperluan C yang penting kami bawa di handcarry , kenapa? karena just in case delayed kami mau semua keperluan C handy ada di handcarry kami. So meski berat-berat juga dibelain. Sedangkan Stroller kami bawa travel stroller yang super kecil dan ringan aja atau istilahnya Umbrella Stroller..C udah jarang pakai stroller cuma just in case aja…jaga-jaga.

IMG_6512

Sesampainnya di tempat kami menginap, ternyata oh ternyata kebanyakan barang yang momC bawa udah disediakan, oh well ya gapapa lah ya daripada ga ada lebih baik kelebihan hehehee…. sesampainya di pantai yang ada di resort terserbut ternyata semua ban renang , pelampung, segala macam mainan untuk main di pantai udah di sediakan…ok even better then! kami langsung mulai bermain-main, C keseruan banget…suka banget sama pantai di situ karena airnya hangat dan pasirnya halus dan bersih sekali..juga airnya amat sangat jernih…

Dulu pertama kali sekali C ke pantai waktu C berusia 6 bulan, saat itu kami ke pantai di Atlantic City, New Jersey..tapi sayangnya C waktu itu nangis karena airnya dingin, C masih belum terbiasa main-main di pantai…again NO PANIC Mommies, Daddies ga perlu langsung “Anakku ga suka main di pantai hik hik…” Tunggu beberapa saat lalu ajak lagii, ajak lagi, ajak lagi dan lagiii sampai akhirnya ketagihan sendiri sampai barusan pun C minta-minta diajak ke pantai lagi…untuk lebih meyakinkan si kecil, salah satu tips saya adalah ikut seru-seruan dan bermain sama si kecil bahkan terkesan lebih heboh mainnya juga gpp, meskipun dalam hati berat dan malas bersih-bersihin pasir di kaki dll tapi duduk aja di pasir sambil memain-mainkan pasir di depan si kecil “woww seruu bangett…pegang deh soft ya pasirnya…woww airnya dinginn segar dan seru sekalii yaaaa!” Lama-lama MomC jamin si kecil ingin ikutan juga pastinya 😀

tips liburan ke pantai bersama anak dan keluargatips berlibur dengan anak balita

Siang hari setelah kami puas bermain-main di pantai , kami lalu kembali ke kamar hotel dan mulai keluar berbagai perkakas MommyC dan BusyBag alias Tas Sibuk C , dan inilah hasil karya C menempel-nempel saat di Puerto Rico …ihihi biar berkesan MomC laminasi juga sesampainya di rumah, Love it!

IMG_6524

Keesokan paginya, MomC bertekad bulat untuk ikut Yoga At The Beach di Resort tempat kami menginap…berhasil membujuk C untuk nungguin 45 menit aja sambil dibolehkan main-main pasir di sebalah momC…awal-awal berjalan tenang, MomC mulai menghirup udara segara dan ber Yoga ria di depan Pantai Condado ini….sunyiii senyaappp..inhale…exhale…inhalleee…exhaleee…..MomC bersemedi, stretching, downward facing dog, upward facing dog, plank, cobra,chaturanga….inhalee…exhale…tak bersuara…tiba-tiba C melaju cepat ke depan…membawa baskom berisi pasir…entah apa yang ada dipikiran C dia persis melaju ke Yoga Mat gurunya….dan baru saja MomC mau lari kejar C ke depan, C udah numpahin seisi baskom pasir itu di Yoga Mat gurunya!!!!!! >_< tabahkan dirimu MomC, segera MomC ke depan meminta maaf dan bersih-bersihin Yoga Mat gurunya dan ngaburrr…….oh la la C, dari segitu banyak Yogis kok bisa milih Yoga Mat gurunya sih? apa maksud C supaya berenti ya ngajarnya? jadi MomC juga stop? hahahaa what a day!

IMG_6368

Selain main-main di pantai, kami juga ikut beberapa excursion seperti mengunjungi El Yunque Rainforest , ke kota tua San Juan (Old San Juan) dan mengunjungi beberapa tempat bersejarahnya seperti Castillo San Felipe del Morro , Castillo de San Cristobal, Cathedral of San Juan Batista, dll. Selain itu juga ga lupa icip-icip makanan setempat seperti Mofongo dll.

travel keluarga dengan anak

Old San Juan

el-yunque-rainforest

El Yunque Tropical Rainforest (Di sini C jalan kaki kurang lebih 2  jam di jalanan di hutan yang berbatu-batu dan berlumut..serta menaiki tangga ratusan anak tangga sampai ke atas menara untuk melihat panorama hutan tropis tersebut.) . Sesudah excursion tersebut C langsung tertidur pulas sampe sore..haha pegel kali yah! Tapi momC senang karena ternyata C udah bisa diajak jalan kaki hati-hati bersama rombongan tour lainnya!

castillo-san-fillipo-old-san-juan

Castillo San Felipe del Morro , San Juan

(picture from skyscrapercity)

Demikian liburan singkat kami beberapa bulan lalu, semoga tips-tips berlibur ke pantai bersama si kecil berguna ya!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *