Parenting Tips : Tips Jalan-Jalan , Travel Dengan Toddler!

Dear Mommies & Daddies, beberapa saat lalu ada beberapa Mommies yang minta TIPS untuk jalan-jalan sama anak batita ya hehehe…baru sempat ditulis nih! Nah mumpung udah menjelang waktu berlibur bulan Juni ini, saya ngejar tulis deh!!
Hal pertama yang diperlukan, di catat ya semua….
COURAGE! maksudnya adalah keberanian, dan kepercayaan diri bahwa kita ini BISA dan dapat melalui segala sesuatu dalam Travel bersama si kecil…(Tanpa Nanny maksudnya). Karena kalau dari awal kita udah ga percaya sama diri sendiri, yah selanjutnya hanya tinggal khayalan lah ya! hehehe
Travel kami yang terakhir yaitu sekitar 2 bulan lalu, C udah usia 2 tahun lebih sedikit, jadi kali ini persiapannya agak sedikit berbeda (JAUH berbeda tepatnya) dibanding dengan travel pada saat sebelum C berusia 1 tahun, atau sebelum 2 tahun…nanti akan saya bahas juga..ditunggu dengan penuh kesabaran ya mommies hehe..
Kebetulan bulan Maret lalu kami sekeluarga pergi ke Caribbean , ini ga terlalu jauh…total perjalanan dari California (transit 1 kali) adalah 9 jam..hehe easy ya ini kalau di banding terbang pulang kampung ke Indonesia..so waktu itu fokus saya adalah menyiapkan “Busy Bag” dan kegiatan C selama di pesawat aja, dan juga karena saat itu C makannya lagi up and down, jadi siap2 in banyak snack sendiri..just in case hehe…Nah travel ke dua ,kami ke Singapore kali ini cukup jauh dan cukup lama …jadi barang bawaannya lebih banyak..tapi tetap saja..fokus pertama mommyC adalah “Busy Bag” supaya C awet kalau pas lagi nunggu boarding, di pesawat dll…karena kita ga bawa iPAD gitu ya ..jadi ya alhasil bawa banyak buku kecil, crayon, dll
Nah , ini isi “Busy Bag” C selama di pesawat…plus ditambah lagi 2-3 buku kesayangan C saat itu Chicka Chicka 123, Goodnight Goodnight Construction Site dan The Little Engine That Could.
Puzzle kecil, Crayon, Stiker, tattoo , Cap stempel2,buku I SPY, buku mewarnai, dll
Selain itu diluar “Busy Bag” C , mommyC juga bawaain buku Hot Dots Jr, lumayan C bisa anteng kerjain buku interaktif ini..
Tips lainnya adalah, cadangan membawah susu bubuk, karena kadang pada saat travel panjang dan jet lag dll, makan nya jadi ga teratur, di saat-saat seperti itu kadang belum tentu ada yang jual/ sediakan fresh milk, jadi di handcarry mommyC bawa 1 kaleng juga susu untuk C, plus mommyC juga bawa 1 botol Echinacea, 1 botol Sambucus, beberapa sachet Vitamin Powder untuk selama perjalanan (again, namanya travel kadang makan ga bisa se ideal di rumah kan ya..hehehe so mommyC the Food Scientist langsung mulai itung-itung Daily Value setiap vitamin dan mineral…hahaha…)
Di Kotak P3K selalu bawa Acetaminophen cadangan (Penurun panas..), Neosporin (untuk kalau jatuh terluka), Tissue Basah, Hand Sanitizer (the one without alcohol), Termometer , Multivitamin untuk diri sendiri (penting ini ga bole sakit!!) hehe kayak mau pindahan aja ya? well tapi lebih baik come prepared …terutama yang esensial kan! hehehe
Cold Pressed Juice setiap ada kesempatan….
Nah kisah perjalanan bulan April kami, ternyata waktu kami masuk ke pesawat nya……C udah dapat banyak mainan …alhasil “Busy Bag” ga terlalu kepakai hehehe…selain itu, melihat DaddyC main game di pesawat, C juga mau ikut main Game..so again Busy Bag ga kepakai.but  gpp kan jaga2 aja hehehe…di pesawat sendiri smooth sailing, C suka banget dan duduk, main, makan, gembira ria..dan habis itu tidur…perjalanan kali ini JAUUUUUUHHHH mudahhh sekali dibandingkan saat C belum usia 1 tahun…(lain kesempatan mommyC akan tuliskan..) Mungkin karena C udah ngerti main ya, lalu dia juga paling antusias kalau pasang dan lepas seat belt sendiri, setiap lampu seat belt nyala langsung cek mommy dan daddy apakah udah pakai juga?
Masalah makanan, saat itu C juga lagi ups and downs, jadi makanan yang di kasih selama perjalanan kadang di makan , kadang ngga, tapi C mau makan sedikit telurnya aja pun MommyC udah senang…dan karena mommyC udah “masukin” vitamin powder ke setiap susu C selama perjalanan, jadi ga concern kurang vitamin dll he he he..yang penting jangan dehidrasi aja!
Tips lainnya adalah, menjaga diri kita sendiri dengan makan-makanan yang bergizi, vitamin, dll dan setiap ngantuk ya tidur aja , kalau mommyC sih jagonya tidur di pesawat hehehee…ga nonton, ga maen2 di pesawat tidur aja…soalnya malah capek dan pusing liatin layar kelamaan hehehe…dan juga huhu as much as mommyC loves HEELS , please leave the heels during long flight…selanjutnya kalau udah sampai bisa dipakai lagi kok nanti wedges nya! ga jelas banget nanti mau tampak eksis malah jatohh sambil bawa-bawa koper, busy bag dll…
Selain itu, tips pribadi dari MommyC yang bolak balik terus sendirian dari umur 18 ! hahaha ini tips pribadi : BUANG semua sampah dan kotoran di rumah, ga mau ya pulang pulang menemukan bau-bauan dalam keadaan membusuk yikesss!!!!, Matikan semua lampu, listrik, dll,  Hubungi Kantor Pos untuk tahan surat kita…ga mau kan pulang-pulang ke rumah ada segunung surat dan kiriman dari berbagai penjuru!!!! Tips sebelum keberangkatan alias tips kecantikan ahhaa…KERAMAS dan mandi yang bersih….karena selama long trip kan susah untuk mandi jadi bakal ga mandi 1 hari penuh setidaknya…rambut kudu dicuci yang bersih kalau bisa 2 kali pakai tea tree oil dll dsb…hahaha…keringkan…Selalu bawa sabun muka kecil (di masukin ke ziplock) , lipbalm, sunscreen, moisturizer, ya mascara kecil boleh deh! (Semenjak travel dengan anak kapasitas bawa alat dandan udah berkurang, jadi mommyC pilih yang esensial dulu aja…) Sebelum ke airport, kunci semua rumah, garasi, dll, SMS tetangga kasih kabar…hehehe…sampai saat ini boleh lah masih ber make up , tapi ingat…begitu masuk pesawat dan sebelum tidur toh harus dicuci bersih mukanya..so kadang mommyC skip make up (maksudnya setelah bawa bayiwww.imageshack.comnak) hehhehe…sepatu udah flat…baju yang praktis karena nanti di scan di Amerika TSA nya ketat, jaket di buka dll
Esensial lain yang jangan lupa di bawa: Jaket tipis untuk setiap anggota keluarga, 1 kaos ganti untuk mommyC, daddyC, dan beberapa kaos dan celan ganti untuk C, diapers!, wipes, kaos kaki (just in case kedinginan dan ga di kasih socks..biasa sih dikasi..tapi who knows?), charger HP, info kontak semua kartu kredit, bank, dll (just in case hilang, ketinggalan dll) you know whom you should contact right away!
Dan tips terakhir, bawa lah Umbrella Stroller (alias stroller lipet kecil ringan) , just DON’T , again DO NOT bring full size stroller terutama kalau pergi sendiri ga ada Nanny dll…just think about practicality..yang praktis aja, ga perlu yang warnanya matching, atau modelnya trendy dlll…trust me you will thank me later!!!! what I bring is 50$ Umbrella Stroller with NO-NAME (at least I don’t remember the brand since it is generic!) …kuat, gampang ditutup, dilempar ga kenapa-napa, ilang pun mommyC ga nangis…ahhh pokoknya ga suka deh yang bermacam-macam malah merepotkan jiwa raga…hehehehe
Selamat Packing dan Berliburan bersama Keluarga 🙂

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *