Top Rekomendasi Hadiah dan Mainan Untuk Anak 3-6 Tahun

Mid-November!!!! Kebayang ga sih semua….artinya cuma beberapa minggu lagi aja kita akan menutup tahun 2017 ini…..dan artinya sebentar lagi akan akhir tahun dan liburan ya! Siapa yang seperti saya, kalau sudah menjelang akhir tahun itu sibuk…hehehee sibuk mikirin kegiatan selama liburan bertema liburan biar lebih festive #HolidayWithIMC gitu loh! selain itu saya sudah mulai menulis data nih siapa-siapa aja yang perlu saya siapkan kartu Natal, tahun baru dan hadiah. Mulai dari orang tua, siblings, ponakan, sahabat, dll. How about you Moms? memang sibuk ya jadi Moms hahahahaa ya gpp deh ya, kalau masalah belanja dan hadiah-hadiah sih enjoy banget saya. Banyak ide sebetulnya , bisa mulai dari homemade toys, homemade cakes dan juga lukisan sendiri. Nah bagi yang ga sempat bebikinan sendiri bisa juga membeli langsung tentunya. Banyak dari Moms yang bertanya apa saja sih mainan edukatif rekomendasi saya dan C khususnya untuk anak berusia 3-6 tahun ? saya share di artikel ini dengan harapan memudahkan Moms dalam menyiapkan hadiah untuk si kecil ataupun untuk ponakan dan teman tercinta ya!

Beberapa tips untuk memberikan hadiah :

1. Tanyakan apakah ada wishlist / gift registry . Dengan demikian kita bisa menerka kira-kira apa sih yang dibutuhkan oleh saudara atau teman kita. Di Amerika sudah biasa banget kayak gini, terbuka supaya ga nantinya ga ada alasan ga terpakai.

2. Berusaha menebak dengan pertanyaan atau mengamati interests yang diberi hadiah. Agak kayak stalker ya? tapi Moms jaman NOW harusnya handal dalam hal ini. Memberi hadiah udah ga jamannya lagi kayak kucing dalam karung goni emas…hahahahahaa istilahnya pakai malu-malu menebak “duh si anu, suka ga ya hadiahku?” 

WHY NOT Do some research , stalk your siblings or bff’s social media to know and to try to gauge kira-kira apa sih interest temanku ini. Misalkan sudah jelas banget Mom A posting “Aku berusaha mengurangi screen time pada anakku yang masih bayi…” Jreeeeeeeeeennggg terus kita kirimkan dengan surat cinta “New Tablet…” ini cuma istilahnya aja…

3.Untuk menambah kesan dan meaning, Moms bisa kombinasikan dengan hasil karya sendiri DIY kartunya, atau kue-kue buatan sendiri kalau memang anda termasuk yang ahli di bidangnya….hahahaa tapi kalau ga? it is okay moms , hari gini bisa buat sendiri ya udah pesan ke BFF yang jago bikin kue…daripada kirim kue gosong ke mertua duh!!!!!

Ok, sekarang berbagai ide hadiah dan mainan untuk Moms dengan anak berusia 3-6 tahun ya!

  1. Berbagai Puzzle

Kenapa puzzle? I think you can’t go wrong with puzzle, hampir pasti yang suka bukan saja anaknya tapi juga orang tuanya. Satu hal pesan saya dalam memilih puzzle khususnya untuk anak usia dini yang baru aja kenalan. Pilih dengan kualitas terbaik sebisa kita. Di usia awal ini mereka baru ingin mengenal cara kerja dan cara menyusun puzzle tapi kalau gambarnya miring, atau potongannya tidak pas dll…bisa-bisa anak malah kecewa , frustasi dan kesulitan untuk move on ke step berikutnya. Mulailah bertahap dari 2 keping,3 keping, 4, 6 ,12,24 keping..Mulai perlahan dan bertahap yang pasti anak mengerti tahapannya dan ini bisa dimulai dari usia 18 bulan ya. Puzzle Orchard Toys ini bisa didapatkan di @seraphinaeducationalcorner ya!

2. Parenting Books

Memang yang satu ini untuk Moms nya, tapi sebetulnya apapun yang kita beri ke Ibunya especially yang memiliki pikiran terbuka dan ingin terus belajar untuk anaknya itu akan nantinya berdampak untuk anak-anak mereka… sooooo, Moms bisa pilihkan buku-buku parenting yang menarik sebagai hadiah juga loh!

3. Mainan Konstruksi.

Yang satu ini memang ga pernah ada habisnya ya. Kenapa? di mata saya membeli dan investasi mainan konstruksi berkualitas itu bisa disimpan sampai ke anak cucu ya….contohnya mainan saya jaman dulu, bisa turun temurun ke adik saya loh….bahkan sampai hari ini masih ada yang mami saya simpan. So bagi saya kualitas itu sangat penting, presisi dan juga buatannya. Memang harga dari mainan konstruksi terkadang di atas mainan lainnya katakan pistol air…WELL…WELLL…Should I even discuss this? sebagai Mommy jaman NOW sih dah aware banget ya …hahaha..

Untuk mainan konstruksi anak berusia 2-6 tahun bisa berupa balok-balok kayu, ini never gets old…open ended dan selalu sepanjang masa seru! ingat jaman dulu kita suka susun-susun balok kayu? I still remember that!

 

Untuk anak berusia mulai 3-4 tahun bisa mulai yang lebih sophisticated seperti Morphun collection dari Eropa yang bisa dirangkai vertikal dan horisontal ini loh!

Untuk anak berusia 4-5 tahun sudah bisa mulai dikenalkan dengan tingkat mainan konstruksi yang lebih detil dan membutuhkan presisi serta kemampuan motorik halus , koordinasi mata dan tangan yang lebih handal lagi…seperti LaQ yang populer di Jepang dan dibuat di Jepang.

 

4. Board Game

Yang satu ini menurut saya pas banget untuk bonding acara keluarga….salah satu upaya saya meminimalisir gadget pada anak dan orang tua (uhummm hahahahaa) adalah dengan bermain bersama dan khususnya bermain seru-seruan bersama. Mulai dari catur, monopoli, ular tangga, halma, main kartu, dll. Pokoknya apa aja ya yang bisa seru-seruan bareng. Pernah terpikir “Ga salah lo ? hari gini maenan primitif gini?” Ga sih, ga salah Moms!!!!! mainan-mainan sederhana ini sebetulnya memberikan banyak benefit untuk yang main…yes, bonding, kebersamaan keluarga, ketawa bareng, kolaborasi, mengasah otak jadi ibu bapak lebih sharp, hahahaha…banyak kan? selain itu di masa sekarang beruntung banget karena semakin banyak board game yang memiliki nilai edukatif yang diselipkan..ihihihi istilahnya sambil mendayung beberapa pulau terlampaui ya? berbagai board game yang C suka banget…

 

5. Permainan Outdoor / Perlengkapan Olah Raga

Bagi saya investasi beli perlengkapan olah raga itu penting banget, kualitas nomor satu dan juga keamanan ya! pada sekitar usia 2 tahun cocok dibelikan sepeda keseimbangan ataupun sepeda roda tiga. Di usia 3 tahun saya juga belikan scooter , selanjutnya di usia 4-6 tahun saya membelikan sepatu roda, raket tenis, skateboard, dll. Namun perlu diingat untuk selalu membelikan dan memakaikan lengkap helmet dan pelindung lutut dan lengan ya!!

 

6. Buku-buku anak 

Bagi yang sudah lama mengikuti perjalanan saya dan C selama 2 tahun terakhir ini pasti tahu ya kami koleksi buku!!! hahahahaa meski sekarang sudah ga terlalu sering borong (Oooppsssss…) heheheheee dan menurut saya , ini hadiah yang sangat bermanfaat deh! You will never go wrong with good, high quality children books!

So, gimana idenya? tinggal Moms sesuaikan dengan budget yaaa!!! Happy Holiday everyone!!!!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *