Yuk Asah Motorik Halus Anak – Holiday Themed Montessori Inspired Activity

ide kegiatan mengasah motorik halus anak

Dear IMC-ers, sekarang sudah liburan nih kami disini yay!!!! senang sekali rasanya , waktunya bersantai bersama keluarga , C dan DadC …karena kebetulan keluarga besar kami semua di Jakarta, Indonesia huhu…sedih? ya tentunya ya! karena Natal-Natal yang lalu kami biasanya bersama keluarga, entah keluarga yang ke Amerika atau kami berlibur ke Indonesia. Tapi kalau diingat-ingat lagi pepatah “jauh di mata dekat di hati” betul sekali deh! Jaman sekarang jarak tidak memisahkan kita ya, dengan kemajuan teknologi kami semua dapat saling berkomunikasi satu dengan lainnya dengan sekejap mata saja. Yes, itu adalah salah satu kemajuan teknologi yang bermanfaat sekali untuk hidup kita semua! Nah karena temanya liburan, momC yang memang dasarnya “festive” selalu suka merayakan segala sesuatu dalam segala suasana yang semarak (lho!). Kali ini momC siapkan undangan bermain untuk C supaya tidak kebosanan selama liburan ya. Kegiatan kali ini terinspirasi dari kegiatan keterampilan kehidupan ala Montessori (Practical Life Activities).

ide kegiatan motorik halus natal di rumah

Ho Ho Ho….kali ini MomC siapkan Pom Pom bernuansa natal , hijau , merah dan putih dengan berbagai ukuran. Kalau biasanya membedakan dan mengelompokkan benda berdasarkan warna, kali ini undangannya adalah mengelompokkan pom pom berdasarkan ukuran besar , kecil, sedang. Ada 4 macam ukuran pom pom kali ini yang kami gunakan dan untuk menambah keseruan kami (challenge maksudnya), kami kali ini menggunakan sumpit (chopstick). Kalau tahun lalu persis C suka transfer dan¬†klasifikasi menggunakan tweezer / tong, kali ini C akan menggunakan sumpit. Kegiatan ini sangat baik untuk mengasah motorik halus C serta koordinasi mata dan tangan C.

kegiatan keterampilan hidup montessori

Begitu melihat ini C langsung seperti biasa mau mulai saja , mom C perhatikan saja karena memang C baru-baru ini saja eksplorasi dengan sumpit. Selain itu kegunaan kegiatan keterampilan hidup secara tidak langsung adalah mengasah kemampuan estimasi besar, kecil yang nantinya berguna untuk bidang matematika. Selain itu kemampuan visual C juga dapat diasah dengan memisahkan pom pom yang berbeda-beda bentuknya. Penggunaan sumpitpun bermanfaat untuk menguatkan otot-otot jari dan tripod grasp C yang nanti-nantinya akan berguna untuk kemampuan menulis dan memegang pinsil yang benar.

IMG_2060

Kalau IMC-ers merasa si kecil “bosan” diajari menulis, to be honest with you…I never teach C how to write! Sharing sedikit semenjak C berusia 20-22 bulanan MomC mulai memberikan C eksplorasi dengan tweezer / tong lalu eyedroppers dan melakukan berbagai kemampuan keterampilan hidup di sini. Bersamana dengan tracing sandpaper letters Montessori dengan jarinya, dan momC tidak khawatir C bisa menulis atau tidak nantinya….karena yang momC lebih perhatikan adalah perkembangan step by step C. Trust me, dengan melakukan berbagai keterampilan hidup tersebut, tripod grasp si kecil akan sangat terbantu!

ide kegiatan mengasah motorik halus anak

Keep sorting C! sampai akhirnya sudah selesai semua tinggal yang paling kecil yang tersisa, sama C langsung di tuang saja…ho ho ho (tertawa ala liburan)…ya sudah ngga apa deh C, sudah lumayan banget kok puluhan Pom Pom C kelompokan! ho ho ho…another plus, kemampuan berkonsentrasi pun meningkat, Yay !!! IMC-ers pasti punya kan sumpit? mangkok? atau mainan-mainan berbeda ukuran sejenis pom pom? atau kancing? langsung eksekusi, pasti ada di sekitar rumah anda bahan-bahannya semua. Yuk !

kegiatan natal anak tk prasekolah

Happy Holiday! Ho Ho Ho!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *