Yuk Baca di Rumah!

Dear IMC parents, it is been a while most of us work from home ya….how are you? I mean…how are you? are you OK? because it is fine to be not OKAY. To be honest, I am overwhelmed too…at this stage…saya merasa secara pribadi ”pressure” untuk perform best terutama dalam pelajaran sekolah seolah menambah to-do-list esp. untuk parents yang bekerja dari rumah. I had been doing this for the past few years and nope it is not getting easier. Especially during this time….I truly understand if some of us are filled with many confusing thoughts. But, I would love to let you know that children are wonderful! they will catch up fast…the will not be left behind.

Menurut saya saat-saat ini yang penting adalah self-care terhadap diri kita sendiri, karena hanya dengan taking care of ourselves well, jaga kesehatan, kaga kesehatan mental…then kita bisa menjaga anak- anak kita. My children aware of the situation but I do not hope to let them see ”my worries”. I mean, I showed concern to them but I also lower my expectations and believe they will be fine! saat ini yang terpenting adalah yang dasar saja. Apakah anak-anak sudah makan? apakah mereka merasa aman? apakah mereka merasa terlindungi? apakah mereka menjaga kebersihan dasar? untuk akademis saya mengerti mungkin ada rasa khawatir, gimana nanti kalau ulangan , dll. Saya merasa to be honest, it is too much 🙁 let it be..let go…ya I mean our expectations. Salah satu hal yang saya lakukan especially on those hard days during #HomeschoolwithIMC adalah READ-ALOUD. Yes, membacakan cerita ke anak-anak di rumah regardless anak sudah bisa baca sendiri atau belum. Saya percaya hanya dengan spending dan bonding membacakan cerita kepada anak setiap harinya…they learn A LOT! yes. Di tambah lagi ketika kita bercerita, kita bisa saling cek situasi kesehatan jiwa kita…apa sih yang anak rasakan? apa ya yang kamu khawatirkan? dan tentunya dengan demikian timbul komunikasi yang hangat dan juga anak lebih terbuka. SO when everything is HARD , I will just get a book and read aloud….

Nah, saya mau ngajakin IMC parents untuk ikutan #IMCNIPPONBACADIRUMAH biar semangat, seru dan motivasi kita barengan ya! saya mengerti , tidak mudah terkadang untuk memulai suatu rutinitas baru…BUT, kalau kita sama-sama…saya yakin akan lebih semangat. Lagipula, saya perlu bersikap positif….dan mengingatkan diri saya bahwa anak-anak membutuhkan saya..jadi saya harus menjaga kesehatan jiwa raga saya….yuk, bareng-bareng ikutan!

Yuk, kegiatan positif dan banyak hadiahnya dari @nipponpaintindo

Oh ya, untuk ikutan seru-seruan caranya begini :

*Registrasi : 25 Maret – 31 Maret 2020

*Ke @indonesiamontessori dan repost banner kegiatan , tag dan mention @indonesiamontessori & @nipponpaintindo serta ajak 5 teman untuk ikutan ya! sertakan #IMCNipponBacaDiRumah #IMCNipponSpotlessPlus #NipponPaint #DindingSehatKeluargaSehat #IMCNipponMyMotherhoodJourney

*Isi https://bit.ly/IMCNipponBacaDiRumah untuk 100 peserta pertama akan mendapat buku keren gratis dari kami ”Awas Ada Bakteri” yang akan dikirimkan secara gratis ke rumah anda , asik banget kan? bagi peserta yang tidak kebagian bisa unduh buku nya di link : https://drive.google.com/open?id=1mtplL2mb-0HtDcdq7Ow9BfHhgL0pBwNY nah buku ini nantinya untuk dijadikan salah satu buku yang dibacakan saat challenge ya. Nah, bagi yang ikutan, wajib mengikuti kegiatan sampai habis ya!

*Periode Challenge : 1 April – 17 Mei 2020

*Akun pribadi dan tidak dikunci

*Tidak dipungut biaya apapun

*Unduh dan klik link ini untuk print #IMCPrintable kegiatan #IMCNipponBacaDiRumah Challenge :

(NOTE : apabila muncul pop-up untuk memasukan e-mail, masukan e-mail anda lalu klik tanda silang – close. Setelah itu klik lagi link #IMCPrintable di atas untuk kedua kalinya dan file #IMCPrintable akan muncul. Printable tidak dikirim ke e-mail anda ya, melainkan perlu di klik di link di atas dan akan muncul pdf nya nanti.)

Nah, untuk challengenya akan berbeda temanya setiap minggunya ya! dan Moms akan menggunakan #IMCPrintable sebagai guidelinenya. So, cetak dan unduh dulu ya #IMCprintable dan Buku gratis keren untuk dibacakan.

Part 1 : 1 April – 8 April : baca tips di printable untuk menyiapkan korner baca ala Montessori yang mengundang minat baca anak. Di minggu ini, untuk 100 peserta pertama yang telah mendaftar akan menerima buku gratis, ditunggu ya! untuk lainnya, silahkan di unduh file buku gratis di atas ya! jadi minggu ini fokus menyiapkan korner baca dan sortir koleksi buku-buku di rumah yang akan dibacakan. Apabila memiliki buku-buku IMC, yuk dibacakan lagi!

Part 2 : 9 April – 8 Mei: Yuk, sama-sama menerapkan kebiasaan baik #IMCNipponBacaDiRumah , goal awalnya sediakan waktu 20 menit per hari untuk membacakan 3-5 buku/hari. Kalau lebih, silahkan…mom Bisa isi printable CHART untuk menuliskan judul buku yang telah dibacakan ya! selain itu moms bisa isi LOG di kalender bersama si kecil, mungkin bisa diberi cap, stiker, dll apabila selesai membaca. Tujuannya mengingatkan dan memupuk kebiasaan baik bersama si kecil.

Nah, salah satu dari buku yang dibacakan , bacakanlah buku gratis dari kami dan juga IMC Little Scientist (apabila memiliki koleksinya, apabila belum bisa WA ke Ridho : +6285766221262 )

Foto dan video keseruan membacakan untuk si kecil ya Moms! nanti saat minggu terakhir, mom dapat membuat diary (dari printable) menggunakan foto tersebut.

Part 3: 9 Mei – 17 Mei

Minggu terakhir ini, yuk kita review dan bisa mom share di diary judul dan kesan dari buku-buku favorite si kecil. Untuk printable log, chart, diary bisa mom cetak lebih dari 1x ya!

Oh ya, di #IMCPrintable kali ini saya juga memberikan free tracing a sampai z nah ini bonus, untuk anak yang sudah tertarik dan sudah bisa boleh membuat bagian ini namun tujuan dari challenge ini lebih untuk memupuk kebiasaan baik #IMCNipponBacaDiRumah ya moms!

Yuk, sementara ini kita seseruan online dulu…baru nanti kalau sudah lebih memungkinkan kita #IMCPlayDate lagi yaaaa, huhuhuhu…stay safe ya , let’s pray for our world, for Indonesia….

Serunya waktu itu…. stay safe and stay strong all! positive vibes!
Tags from the story
Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *