DIY Geometric Canvas Art

Hi IMC Parents and Kids, udah back-to-school lagi aja ya! Tahun ini C1 juga akan memasuki Grade 3 dan C2 kategori pre-schooler. Banyak banget hal yang terjadi di dunia ini khususnya setahun belakangan ini yang membuat banyak hal berubah. Salah satu perubahan yang sangat besar yakni di bidang pendidikan. Yang tadinya anak-anak kita bisa pergi either ke sekolah ataupun ke les ataupun kegiatan tanpa halangan secara tatap muka, selama pandemik ini anak-anak mau tidak mau belajar lewat online. Memang belajar lewat online bisa dikatakan berbeda dengan belajar lewat tatap muka langsung. Meskipun kurang dari ideal namun tetap bersyukur karena apabila kita bisa belajar lewat online artinya kita memiliki koneksi internet dan laptop. Banyak banget keluarga lain di belahan dunia ini yang mungkin ga even memiliki akses tersebut. So yeah, meskipun di mata kita ga ideal semoga hal ini ga menjadikan kita down dan terlarut-larut lama dalam keadaan ya . Iya, kita menyadari bahwa ini ga mudah, kita juga memberikan ruang untuk diri kita sendiri untuk mengakui bahwa ini memang ga mudah namun hopefully kita tetap bisa menysukuri (meskipun sulit) mencoba melihat hal baik yang masih kita miliki.

Kalau untuk saya sendiri yang paling berat dalam tahun ini karena kita sebetulnya lagi in between pindahan. Di tambah dengan situasi pandemik sehingga sangat reluctant hiring misalkan bala bantuan yang bisa bantu packing dll. Jadilah sedikit demi sedikit saya dan C1 bantu packing hahhaa tapi ternyata yaaa rumah kami yang memang juga adalah sekolah kami karena kami memang sudah homeschool dari sebelum masa pandemik isinya banyak sekali barang-barang hahaha….sulit diilustrasikan hahaha tapi kalau boleh dibayangakan 2 box kecil baju vs 50 box berisi buku, alat peraga, alat tulis plus mainan anak. Kira-kira perbandingan barang kita kayak gitu!

Kalau yang tadinya kita bisa dengan mudah melakukan kegiatan art and crafts di sekolah ataupun di tempat les, mau ga mau sekarang kita perlu berusaha menyediakannya sendiri di rumah. Ahemm, sebagian dari kita mungkin udah langsung triggered kalau dengar art n’ craft karena mungkin ngebayangin berantakan setelah kegiatan ya. Perasaan kayak gitu wajar banget especially kalau kita lagi sibuk plus banyak kerjaan deadline, dikejar-kejar juga cucian segunung dan mikirin menu makanan keluarga setiap hari. Tapi mengingat pentingnya kegiatan #ArtWithIMC untuk anak-anak tumbuh berkembang secara seimbang yuk, coba kita bebikinan yang sederhana di rumah. #IMCNipponDIYChallenge #IMCNipponBlobbyDIY5

DIY Geometric Canvas Art

Bahan:

Kanvas, selotip, stiker, cat Hydro-Fast, kuas, hiasan (manik-manik, glitter)

Cara:

1.Ajak si kecil untuk selotip bagian-bagian tertentu dari kanvas dan memberi stiker sesuai kreasi bebas si kecil.

2.Menggunakan Cat Hydro-Fast , ajak si kecil untuk mencat seluruh bagian kanvas

3.Biarkan kanvas sampai cat kering dan setelah kering lepas perlahan selotip dan stiker

4.Ta daa..terlihat patternnya kan? Silahkan ditambah manik-manik, glitter ataupun hal lainnya

5.Siap dijadikan pajangan di dinding rumah

 

 

Ajak si kecil untuk selotip bagian-bagian tertentu dari kanvas dan memberi stiker sesuai kreasi bebas si kecil

Menggunakan Cat Hydro-Fast , ajak si kecil untuk mencat seluruh bagian kanvas
Jemur sampai cat kering dan setelah kering lepaslah selotip secara hati-hati
Ta daaaa setelah kering kanvas hiasan C1 C2 bisa dijadikan pajangan dinding.

Nah, mungkin IMC moms baru pernah mendengar ya tentang cat Nippon Paint Hydro-Fast? untuk singkatnya cat yang satu ini adalah cat akrilik enamel serba guna yang memang pas untuk dipakai untuk bahan kayu dan besi. Jadi, pas banget untuk si kecil dan parents yang hobi DIY seperti C1 di rumah bisa coba menggunakan cat yang satu ini ya! Hydro-Fast dari Nippon Paint ini water-based sehingga ramah lingkungan, rendah bau dan aman untuk anak, daya tutup tinggi jadi tidak perlu diaplikasi berkali-kali dan sudah glossy, cocok untuk material seperti kayu, besi dan tentunya tembok.

Yuk, dicoba ya di rumah! Nah , untuk kedepannya IMC @indonesiamontessori dan @nipponpaintindo akan mengadakan #IMCNipponDIYChallenge nih yang akan dipilih winners nya setiap 6 bulan. Akan ada total 7 kegiatan DIY bareng IMC dan Nippon Paint (7 Challenges) setahun ke depan yang bisa Mom ikuti. Oh ya, kegiatannya tidak perlu menggunakan cat Hydro-Fast ya, namun apabila mau mencoba tentu sangat baik karena versatile banget dan ga berbau. 

Penasaran kan ya kita sudah siapkan surprise apa aja supaya ga bosen selama pandemik? Banyakkk hehehee jadi, setiap ada #IMCNipponDIYChallenge yang IMC buat, moms dapat ikutan membuat kreasi serupa (tidak harus sama persis tentunya, karena saya percaya kreasi setiap orang berbeda jadi hanya gunakan kreasi kami sebagai guideline dan inspirasi saja. Boleh menggunakan cat apa saja ya Mom.)

Jadi, setiap mom selesai dengan hasill karya bersama si kecil , silahkan di post di IG Moms serta repost banner #IMCNipponDIYChallenge dengan hashtag #IMCNipponDIYChallenge #IMCNipponBlobbyDIY5 #DindingSehatKeluargaSehat #Dimana2PakaiNipponPaint #NipponPaint lalu isi google form ini ya! Jangan lupa mention dan tag @indonesiamontessori dan @nipponpaintindo ya! Oh ya, aku dibuat publik supaya tim juri dapat mudah melihat ya!

Cek kegiatan DIY Challenge lainnya :

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *