Dear Mommies, saat ini C sudah jalan 2.5 tahun, tetapi ada beberapa Mommies yang menanykan mengenai kegiatan pendekatan Montessori untuk bayi , saya ulas lagi dibawah ini ya.
Berikut ini beberapa gambaran dan ide dekor untuk Nursery (kamar bayi dan kamar main bayi) :
Pada prinsipnya “the Prepared Environment” untuk anak bayi sama seperti kamar Toddler …aman, nyaman, simpel, kasur di bawah, mainannya tidak banyak dan tidak berantakan, mainan sedikit tetapi berkualitas dan mengundang, pajangan yang menstimulasi dan juga bahan-bahan yang di pakai merupakan bahan alami (seperti kayu, kain, dll)
Di kamar bayi , biasa di beri kaca dimana anak dapat melihat bayangannya sendiri. Pada tahap ini, anak senang kalau melihat bayangannya sendiri (bukan karena bakat narsis atau gimana ya) ,tetapi memang naluriah aja, selain itu anak juga senang melihat foto wajah, jadi pajanglah foto-foto orang terdekat di dekat kamar anak. Perhatikan deh, nanti si bayi bisa senyum-senyum merhatiin foto tersebut 🙂
Kalau Mommies perhatikan juga mainan gantung (Mobile) untuk bayi di pendekatan Montessori biasa menggunakan Mobile yang simple, buatan sendiri dan bahan natural juga lebih baik. Warna yang simpel, memudahkan bayi untuk memproses apa yang ia lihat, karena pada saat awal mata bayi belum dapat membedakan yang terlalu heboh. Pattern2 seperti bayangan hitam putih, pattern dot, dan lain2 yang kontras baik untuk anak bayi, karena mudah dicerna bagi tahapan pengelihatan saat itu.
Untuk penataan mainannya pun tidak digabung di dalam box, melainkan satu-satu di pajang dan berkesan mengundang eksplorasi…box terbuka mengundang anak untuk menyentuh dan menarik perhatian anak untuk mencoba kegiatan baru..begini kira-kira ide penataan korner mainan bayi ya Mommies…kalau mommies perhatikan, prinsip Montessori mengutamakan bahan-bahan alami, seperti kayu, dll. Tujuanya adalah memperkenalkan anak ke hal-hal natural dahulu. Selain itu mainan yang direkomendasikan adalah non-elektronik, simpel, dan open-ended. Demikian di bawah beberapa mainan yang direkomendasikan untuk bayi.
Contoh buku di atas adalah buku bertekstur, dimana Bayi dapat meraba setiap tekstur yang berbeda di setiap halaman. Selamat mendekor dan mempersiapkan kamar untuk si kecil ya Mommies 🙂 kalau mau share kamarnya post di Forum yah, siapa tahu berguna untuk Mommies lainnya.
Selamat Mencoba !
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *