Row Row Row Your Boat , Kegiatan STEAM Liburan

#IMCNipponDIYChallenge4

Please stay safe and stay healthy dan turuti protokol kesehatan ya. Saya sedih kalau scroll through news feed these days , di Indonesia sepertinya keadaanya memburuk. Ga tau mau komentar apa selain banyak-banyak berdoa aja untuk semua teman dan saudara di Indonesia….

Di Singapura sedang memasuki liburan panjang namun karena minggu lalu sempat meningkat ada beberapa klaster covid-19 baru di beberapa tempat sehingga diperketat lagi. Nah, bertepatan juga dengan musim liburan yuk, ikutan #IMCNipponDIYChallenge yang kita adakan sepanjang tahun. Challenge kali ini adalah STEAM Challenge ya Moms! setelah si kecil mengecat stik es , ajak mereka untuk mendesign perahu sesuka hati mereka. Beberapa kegiatan seru bisa dilakukan seperti racing the boats. Lumayan, meskipun maish dalam fase #dirumahaja kita seru-seruan mendesign dan mencoba-coba berbagai design perahu hahaha tentunya ada yang gagal total huhuhu dan ada yang work really well hahaha….serunya kan di situ Mom! kegiatan STEAM bukan semata pada hasil perfek namun sebetulnya di saat-saat mereka trial and error, they learned a lot hahahaa..masih kebayang ketawa C1 dan C2 saat design mereka langsung tumbang pertama kali dilayarkan!

#IMCNipponDIYChallenge #IMCNipponBlobbyDIY4

Bahan :

Stik kayu , Cat Nippon Paint Hydro-Fast , Kuas, Tali, Lem tembak, Pernak-pernik hiasan

Cara:

Ajak si kecil mencat stik kayu lalu keringkan. Setelah kering, ajak si kecil untuk mendesign perahu yang ada di imajinasi mereka. Tampung air di bak mandi, bak kecil dll #dirumahaja dan ajak si kecil menebak apakah perahu karya mereka akan tenggelam atau mengapung? Ajak si kecil mengamati sesuai tahapan usia, kira-kira apa yang ia amati dari perahu mereka? apa yang bisa diperbaiki apabila akan design perahu lagi?

Serunya di kegiatan STEAM namun open-ended seperti ini anak-anak jadi banyak kesempatan menuangkan ide dan imajinasi mereka dan mencoba langsung. Saya selalu percaya apapun yang dilakukan secara hands-on akan lebih diingat oleh si kecil ya Moms!

Sebelum kita coba layarkan, C2 juga berimajinasi dengan boneka kayunya ceritanya mau pergi sekeluarga hehehe!

 

Sebelumnya C1 juga lagi seru baca buku yang satu ini sehingga timbul banyak ide dan inspirasi lainnya!

 

Ketika C1 mendesign perahunya , ia membuat 2 perahu sekaligus. Salah satu perahu nya langsung tumbang ketika dilayarkan ahahhaa..kita semua ketawa.

BUT BUT BUT!!! ternyata perahu yang tumbang karena menurut C1 ga seimbang itu bisa dilayarkan dengan posisi berbeda dan sebetulnya cukup sturdy dan kuat loh! di situ sambil seru-seruan #dirumahaja anak-anak mengenal banyak konsep baru seperti untuk C2 mengerti dan mengamati apa itu mengapung dan tenggelam. Apa itu horisontal dan vertikal. apa itu balancing? lalu untuk C1 dengan usianya yang lebih besar tentu dapat bereksperimen dan membuat observasi yang lebih lagi.

Ia mengamati bagaimana arah angin mempengaruhi kemana arah perahunya, lalu ia juga mengamati gimana sih design yang lebih kokoh sehingga ga mudah tumbang, dll. Ia juga observasi mulai dari besar kapal, layer stik es kayu, sudutnya, dll. Diakhiri dengan lomba perahu hahahaha sampai akhirnya perahu kita lepas semua hauhauahua but kita buat lagi sore harinya!

 

Kebayang ga sih Moms, kegiatan sesederhana ini sangat amat berharga. Children are natural learner yaaaa..dimana ada kesempatan mereka sebetulnya belajar setiap saat.

Nah, mungkin IMC moms baru pernah mendengar ya tentang cat Nippon Paint Hydro-Fast? untuk singkatnya cat yang satu ini adalah cat akrilik enamel serba guna yang memang pas untuk dipakai untuk bahan kayu dan besi. Jadi, pas banget untuk si kecil dan parents yang hobi DIY seperti C1 di rumah bisa coba menggunakan cat yang satu ini ya! Hydro-Fast dari Nippon Paint ini water-based sehingga ramah lingkungan, rendah bau dan aman untuk anak, daya tutup tinggi jadi tidak perlu diaplikasi berkali-kali dan sudah glossy, cocok untuk material seperti kayu, besi dan tentunya tembok.

 

Yuk, dicoba ya di rumah! Nah , untuk kedepannya IMC @indonesiamontessori dan @nipponpaintindo akan mengadakan #IMCNipponDIYChallenge nih yang akan dipilih winners nya setiap 6 bulan. Akan ada total 7 kegiatan DIY bareng IMC dan Nippon Paint (7 Challenges) setahun ke depan yang bisa Mom ikuti. Oh ya, kegiatannya tidak perlu menggunakan cat Hydro-Fast ya, namun apabila mau mencoba tentu sangat baik karena versatile banget dan ga berbau. 

 

 

Penasaran kan ya kita sudah siapkan surprise apa aja supaya ga bosen selama pandemik? Banyakkk hehehee jadi, setiap ada #IMCNipponDIYChallenge yang IMC buat, moms dapat ikutan membuat kreasi serupa (tidak harus sama persis tentunya, karena saya percaya kreasi setiap orang berbeda jadi hanya gunakan kreasi kami sebagai guideline dan inspirasi saja. Boleh menggunakan cat apa saja ya Mom.)

Jadi, setiap mom selesai dengan hasill karya bersama si kecil , silahkan di post di IG Moms serta repost banner #IMCNipponDIYChallenge dengan hashtag #IMCNipponDIYChallenge #IMCNipponBlobbyDIY4 #DindingSehatKeluargaSehat #Dimana2PakaiNipponPaint #NipponPaint lalu isi google form ini ya! Jangan lupa mention dan tag @indonesiamontessori dan @nipponpaintindo ya! Oh ya, aku dibuat publik supaya tim juri dapat mudah melihat ya!

Cek kegiatan DIY Challenge lainnya :

#IMCNipponBlobbyDIY1

#IMCNipponBlobbyDIY2

#IMCNipponBlobbyDIY3

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *